Tak sedikit yang penasaran bagaimana cara membuat video split screen di Instagram story seperti selebgram? Hal ini dikarenakan video Instagram story seperti ini cukup unik karena membagikan 2 video dalam 1 video. Namun, tak sedikit yang penasaran bagaimana cara membuat video split screen di Instastory . Simak terus artikelnya

Fitur Instagram story Banyak digunakan Instagramer untuk membagikan momen/peristiwa yang terjadi pada dirinya hari itu. Ini menarik karena bisa juga menjadi media baru untuk membagikan peristiwa baru.

Seiring berjalannya waktu, berbagai teknik membuat Instagram story lebih keren digunakan oleh berbagai selebgram. Tentu hal tersebut juga ingin ditiru oleh pengikutnya sehingga terkadang teknik itu menjadi tren seketika.

cara membuat video split screen di Instastory

Salah satu contohnya adalah tren Instagram story dengan video split screen yang tak sedikit selebgram menggunakannya. Sebenarnya kamu juga bisa lho membuatnya dengan mudah.

Tentunya, cara membuat video split screen di Instagram yang akan kami bagikan kali ini membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang bernama PhotoGrid.

Berikut TumesKecil bagikan cara menggunakan PhotoGrid untuk membuat video Instagram 2 layar

Cara Membuat Video Split Screen di Instagram Story

Berikut cara menggunakan PhotoGrid untuk membuat video split screen di Instagram story :

1. Download aplikasi Photo Grid di sini

2. Pilih Grid (Kotak-kotak) > Pilih dua atau lebih video, video yang dibuat  kalau bisa usahakan minimal 5 detik > jika sudah, klik Lanjut 

3. Selanjutnya proses editing, lakukan seperlunya saja

a. Tata letak, pilih tata letak sesuai yang kamu inginkan karena ada berbagai pilihan. Pilihlah yang sekiranya konten di video tersebut bisa terlihat semua

b. Rasio. Ini yang penting karena jika kamu salah memilih, maka video tidak bisa pas saat ditampilkan di story Instagram kamu. Untuk itu, kami sarankan pilih rasio 9:16

cara membuat video split screen di Instagram story

c. Watermark. Kamu juga bisa menghapus watermark dengan pilih watermark di bar yang d bawah > hapus dengan klik ikon (O)

Ketiga editing di atas sebenarnya sudah cukup untuk dijadikan video split screen di Instagram story. Namun, jika masih ingin menjajal editing lainnya, berikut penjelasannya :

Baca :   Buat Lampu Flash Menjadi Notifikasi Chat dan Panggilan Masuk dengan Trik Ini

d. Putar semua/ Bergantian . Mengatur apa 2 video berjalan bersamaan atau berurutan (bergantian)

e. Musik. Untuk menambahkan musik dari mencari musik atau menggunakan musik yang ada di hp kamu

f. Latar. Menambahkan berbagai motif di belakang layar/batas. Untuk ukuran batas/Border bisa diatur di poin ( i )

g. Teks. Untuk menambahkan teks. Teks bisa diedit baik font, margin, warna teks, sorot, latar, lapisan, dan opasitasnya

h. Stiker. Untuk menambah berbagai stiker lucu sesuai yang kamu inginkan.

i. Batas. Pada opsi ini, berhubungan dengan opsi F. Jadi kamu bisa mengatur ketebalan batas/border. Sehingga, keterlihatan latar/background diatur di opsi ini.

4. Setelah selesai, klik Lanjut (Next) di pojok kanan atas > lalu  pada jendela baru, centang Jangan ingatkan lagi > dan klik Simpan (Save)

5. Tinggal upload video yang telah dibuat ke Instagram story kamu

Disimpan dimana?

Secara default, video yang telah kamu buat tersimpan di storage/emulated/0/PhotoGrid alias sederhananya di Memori internal > PhotoGrid

Aplikasi Lainnya

Selain dengan PhotoGrid, kamu juga bisa memakai aplikasi di bawah ini untuk grid video kamu :

  1. PowerDirector (Rekomendasi) -> Cek tutorialnya
  2. Kinemaster
  3. Quik
  4. Inshot

Akhir Kata


Terimakasih telah membaca artikel Cara Membuat Split Screen Video Instastory . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat.