Koneksi Internet di HP lancar dan baik untuk browsingan, nonton video Youtube dan dengerin musik streaming sama sekali tidak ada hambatan. Namun, ketika HP di buat hotspot, koneksi internet itu jadi terasa sangat lambat bila dipakai di Laptop Windows 10.

Dan anehnya hal ini terjadi hanya di Laptop Windows 10, sementara untuk perangkat lain (dengan OS berbeda) tidak ada masalah sama sekali bila menggunakan koneksi WiFi dari hotspot HP yang sama.

Tentu bila terjadi seperti itu membuat kita sangat sebal bukan. Nah, bila kamu merasakan hal seperti ini, berarti kamu tidak sendiri. Karena sebagian besar pengguna Windows 10 juga hampir merasakan hal demikian.

cara mempercepat hotspot di windows 10

Penyebab

Perlu diketahui, masalah lambatnya jaringan Internet di Windows 10 yang koneksi WiFi nya diambil dari hasil hotspot HP umumnya disebabkan oleh fitur Windows Auto-Tuning. Fitur ini untuk default biasanya berstatus aktif di Windows 10.

Untuk mempercepat hotspot di Windows 10, kamu bisa mencoba dengan menonaktifkan Windows Auto-Tuning ini. Lalu bagaimana caranya? Simak caranya dibawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi Hotspot HP di Windows 10

Berikut langkah-langkah cara mempercepat hotspot hp di laptop windows 10 :

  1. Langkah pertama, Buka Command Prompt (CMD). Caranya di kotak pencarian Windows ketik “cmd” atau “command prompt” (tanpa tanda petik), jika sudah ketemu klik kanan pada Command Prompt lalu pilih Run as administrator.
  2. Kemudian, di command prompt ketik perintah berikut untuk melihat status Windows Auto-Tuning.

netsh interface tcp show global

  1. Lalu pada Receive Window Auto-Tuning Level, jika statusnya menunjukkan Normal, itu tandanya Windows Auto-Tuning sedang aktif dan berjalan dengan normal.
  2. Dan untuk menonaktifkan fitur tersebut, silahkan lanjut dengan cara mengetik perintah dibawah ini.

netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled

  1. Jika muncul tulisan OK berarti Windows Auto-Tuning telah berhasil di nonaktifkan. Selanjutnya restart laptop, setelah itu coba hubungkan Laptop Windows 10 kamu ke WiFi hasil hotspot HP untuk melihat hasilnya.

Catatan:

Perlu kamu ketahui, fitur Windows Auto-Tuning sudah ada sejak Windows Vista dan terus hadir di Windows 10. Dan pada dasarnya fitur ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja bagi program yang menerima data TCP melalui jaringan.

Windows Auto-Tuning bekerja untuk mengutamakan dan memaksimalkan koneksi pada bagian yang membutuhkan bandwidth lebih besar dengan cara mengurangi penggunaan sumberdaya dari bagian yang dianggap kurang membutuhkan kecepatan akses internet.

Pada jaringan yang menggunakan router yang kurang mendukung (misal koneksi WiFi dari hotspot HP), Windows Auto-Tuning mungkin saja tidak berguna dan bahkan malah menjadi sebab lambatnya koneksi internet yang diterima di Windows 10.

Namun, bila kamu menggunakan modem router yang baik dengan koneksi internet dari ISP yang cukup kenceng, maka Windows Auto-Tuning cukup diperlukan sebagai pengontrol lalu lintas jaringan Internet di laptop.

Bila kamu dalam kondisi menggunakan router yang baik dan ingin kembali menggunakan fitur Windows Auto-Tuning, fitur ini bisa kamu aktifkan kembali dengan cara mengetik perintah dibawah ini pada Command Prompt.

netsh int tcp set global autotuninglevel=normal

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara Mempercepat Koneksi Hotspot HP di Windows 10 . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya.