Cara Mengatasi Hotspot Lemot di Windows 10 Terbukti Ampuh 100% – Bagaimana cara mengatasi tethering lemot di windows 10 ? Sebenarnya cara mengatasi hotspot lemot di laptop windows 10 cukup mudah. berikut TumesKecil bagikan artikelnya.

Internet di hp lancar ketika membuka YouTube, browsing, atau aplikasi lainnya. Namun, ketika menjadi hotspot ke Laptop, internet di laptop sangat lemot. Apa penyebab hotspot lemot di laptop ini?

Masalah ini pertama kali saya temukan di laptop saya yang menggunakan windows 10. Sedangkan di laptop lain saya yang memakai Windows 7 normal-normal saja.

Masalah tersebut sebenarnya bukan masalah yang hanya sebagian kecil orang alami, tapi sudah banyak juga orang yang mengalami kejadian hotspot/tethering lemot di windows 10.

Cara Mengatasi Hotspot Lemot di Windows 10 Terbukti Ampuh 100%

Penyebab Hotspot/Tethering Lemot di Windows 10

Penyebab utama lambatnya jaringan internet di laptop windows 10 adalah karena adanya fitur Windows Auto-Tuning. Secara default, fitur ini aktif di laptop yang menggunakan OS Windows 10.

Loh, fitur tambahan kok malah bikin internet lemot?

Tenang dulu. Sebenarnya fitur Windows Auto-Tuning ini sudah ada sejak Windows Vista hingga Windows 10 sekarang ini. Pada dasarnya, Windows Auto-Tuning berguna untuk meningkatkan kerja untuk program yang menerima data TCP melalui jaringan.

Fitur ini bekerja dengan mengkonfigurasi koneksi dengan skala TCP receive dan mengontrol jaringan menjadi lebih dinamis. Pengontrolan yang ia lakukan antara lain pengontrolan bandwidth, network delay, dan application delay.

Sederhananya, Windows Auto-Tuning bekerja untuk memaksimalkan koneksi pada bagian yang membutuhkan bandwidth yang lebih besar dengan cara mengurangi bandwidth pada bagian yang dianggap kurang butuh koneksi internet.

Baca :   Cara Mempercepat Koneksi Hotspot HP di Windows 10

Pada jaringan yang memakai router yang kurang mendukung fitur ini (misalnya hotspot/tethering HP), Fitur ini tidak terlalu berguna atau bahkan malah menjadi penyebab lambat internet di windows 10.

Namun, Jika kamu sedang menggunakan router yang baik dengan koneksi internet dari ISP (contoh Indihome, Biznet, dkk) yang cukup cepat, maka fitur Windows Auto-Tuning cukup diperlukan untuk pengatur koneksi internet di sistem Laptop. Ini sudah saya buktikan sendiri ketika saya memakai Indihome dan fitur ini aktif, kecepatan download >1MBps. Namun ketika fitur ini saya matikan, malah kecepatan downloadnya 300KBps.

Permasalahannya saat ini kamu sedang menggunakan hotspot HP. jadi, fitur ini sangat-sangat kami rekomendasikan. Sudah kami coba sendiri, awalnya browsing saja tidak bisa, setelah Windows Auto-Tuning dimatikan, download saja bisa mencapai 2MBps (kecepatan normal internet di HP).

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut cara mengatasi tehering lemot di laptop windows 10

 

Cara Mengatasi Tethering Lemot di Windows 10

Berikut langkah-langkah cara mengatasi hotspot lemot di windows 10 :

1. Klik kotak pencarian di pojok kiri bawah

2. Ketikkan cmd > klik kanan pada aplikasi yang ditemukan > pilih Run as administrator

cara mengatasi hotspot lemot di laptop windows 10


3. Ketikkan perintah berikut dan enter

netsh int tcp show global

*jika tidak bisa, coba ganti int dengan interface

Lihat pada Receive Windows Auto-Tuning Level menunjukkan status Normal, artinya fitur ini sedang menyala.

cara mengatasi tehering lemot di laptop windows 10

4. Ketikkan perintah berikut dan enter

netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled

Jika muncul OK, berarti Windows Auto-Tuning berhasil dimatikan

cara mengatasi tehering lemot di windows 10

5. Restart Laptop dan hubungkan ulang hotspot ke Laptop

 

Masih Gagal..?

Jika trik di atas masih gagal, kemungkinan file dnsapi.dll telah rusak/hilang. Berikut langkah-langkah untuk cara memperbaiki file dnsapi.dll hilang :

Baca :   3 Cara Mengunci Aplikasi di Vivo Tanpa Aplikasi dan Aplikasi

1. Pastikan Antivirus diaktifkan

2. Buka cmd lagi, dan Run As Administrator

3. Ketikkan perintah berikut dan enter

sfc /scannow

4. Tunggu sampai 100%

5. Exit dan restart laptop

 

Cara Mengaktifkan Kembali Windows Auto-Tuning

Jika Laptop kamu sekarang terhubung dengan router yang memiliki kecepatan internet bagus (seperti Indihome, Biznet, dkk), maka kami sarankan untuk mengaktifkan kembali fitur ini. Karena ketika laptop saya sudah tersambung ke Indihome lagi, kecepatan internet turun drastis. Sehingga kami matikan dan internet cepat kembali.

Caranya sama dengan di tutorial sebelumnya, namun perintah yang diketikkan adalah berikut > enter

netsh int tcp set global autotuninglevel=normal

Jika berhasil, muncul OK

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara Mengatasi Hotspot/Tethering Lemot di Windows 10 Terbukti Ampuh 100%. Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya.