Semakin bertambahnya tahun, teknologi semakin berkembang. Majunya teknologi ini mengakibatkan segala aspek kehidupan manusia juga berkembang ke arah yang lebih maju. Salah satu aspek yang mengalami perkembangan pesat akibat teknologi adalah kegiatan transaksi.

Masih beberapa tahun silam, transaksi pembayaran masih menggunakan uang kartal. Penggunaan uang berupa logam dan kertas ini relatif kurang praktis. Pasalnya, butuh space yang banyak jika ingin membawa uang yang banyak.

Beberapa tahun belakangan ini, teknologi e-money dan cashless semakin marak bermunculan. Pun penggunaannya semakin masif dari kuartal ke kuartal. Tak heran mengapa pembayaran melalui cashless semakin banyak digunakan. Pasalnya, pembayaran cashless lebih efisien baik dari segi tempat dan segi waktu penggunaan.

Fenomena memang saya pribadi rasakan. Dengan menggunakan e-money, kita tak perlu lagi membawa uang pecahan yang banyak yang tentunya cukup ribet jika dibawa. Cukup kartu debit dan HP saja sudah bisa berbelanja dimanapun dan kapanpun.

Contohnya saja, saat saya kemarin mengunjungi gerai Richeese Factory di Jl. Manyar Kertoajo, Surabaya. Karena saya agak males ngeluarin uang cash, akhirnya saya bertransaksi memakai kartu debit.

Pakai debit card enak banget, bikin transaksi makin gampang dan cepet. Cuma digesek ke mesin EDC Spots, langsung struk keluar dan gak perlu ribet-ribet masukin kembalian ke dompet. Maka dari itu, hampir setiap transaksi saya, debit card menjadi alat pembayaran saya yang utama.

keunggulan spots

Berbicara tentang kegiatan transaksi, seorang pelaku bisnis tentu harus selalu siap mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Dengan hadir dan maraknya pembayaran cashless, pelaku pebisnis tentunya harus menyediakan media pembayaran yang lengkap yang bisa menerima hampir semua pembayaran cashless baik kartu debit, kredit, dan e-money.

Nah, maka dari itu, Gojek sebagai salah satu startup unicorn di Indonesia menghadirkan layanan Mesin EDC SPOTS bagi para pelaku bisnis.

 

Apa itu Spots ?

Spots adalah perangkat kasir berupa Mesin EDC yang berguna untuk mengelola pesanan dan menerima pembayaran dengan sistem point on sale.

Bagi yang belum tahu, point of sale adalah titik transasksi. Maksutnya, penjualan dikatan selesai jika sudah di titik ini. Sebuah sistem point of sale biasanya terdiri dari manajer keuangan dan transaksi, melakukan pembayaran, hingga mencetak checkout pembelian. Sehingga bisa juga disebut All in One Device.

Baca :   Mengenal Dimensi Mobil Avanza, Fitur, dan Spesifikasinya

SPOTS sebagai mesin EDC dan perangkat kasir , dapat menerima pembayaran melalui Gopay dan kartu debit. Kedepannya, Spots akan menerima kartu kredit juga alias masih dalam tahap pengembangan.

Karena komplitnya layanan pembayaran diterima Mesin EDC garapan gojek ini, menjadikan Spots adalah mesin EDC pertama yang menggunakan 3 pembayaran tersebut.

Selain dari itu semua, harga mesin EDC Spots ini relatif terjangkau. Berikut pembahasan mengenai fitur, kelebihan, dan harga mesin EDC Spots.

 

Fitur-Fitur Spots

Tidak hanya bisa melakukan pembayaran, Spots memiliki beragam fitur yang memanjakan pelaku bisnis, antara lain :

1. Terintegrasi GoBiz

Spots sudah terintegrasi Gobiz yang merupakan layanan dari Gojek. Gobiz adalah layanan yang ditujukan para pelaku bisnis yang dapat

fitur spots

memanajemen bisnis yang sedang mereka tekuni. Dengan Spots ini, Gobiz dapat dikontrol lebih mudah secara langsung melalui Mesin EDC Spots.

Beberapa hal yang dapat Spots lakukan untuk mengontrol Gobiz antara lain mengatur menu makanan, menerima pesanan GoFood, mencatat berbagai macam tipe pembayaran, buat promo diskon untuk tokomu dan dapatkan laporan harian dengan aplikasi GoBiz dalam perangkat SPOTS.

2. Cetak Nota Pembayaran Secara Instan

Nah ini nih juga peting banget buat yang punya warung di gofood, cetak resi/nota orderan secara instan. Kamu nggak perlu lagi nulis secara manual nota orderan gofood. Tinggal klik-klik di perangkat kasir sebaguna ini, maka nota pembayaran bakal langsung muncul. Simpel banget bukan?

3. Menerima QRIS & Kartu Debit

Spots sebelumnya hanya bisa menerima pembayaran dari Gopay. Namun sekarang sudah bisa menggunakan Debit Card atau orang awam nyebutnya kartu ATM.  Hampir semua kartu Debit, Spots dukung. Seiring berjalannya waktu, Spots nantinya juga akan mendukung pembayaran melalui kartu kredit. Komplit banget ya, hal ini jadiin Spots adalah mesin EDC pertama yang memakai media pembayaran selengkap ini.

 

Mengapa Harus Pakai Spots ?

Banyak alasan mengapa para pelaku bisnis terutama UMKM harus memakai Spots. Berikut paparannya :

Mudah dan Efisien

mengapa kami katakan mudah dan efisien? ini karena kompleksnya Spots ini sebagai point of sale. Tidak seperti mesin kasir dan printer di kasir supermarket yang besar, dengan mesin EDC Spots ini, semuanya sudah komplit mulai dari penghitung duit, media pembayaran, hingga print out nota pembayaran dalam satu mesin EDC yang tentunya gampang banget dibawa kemana-mana. Semua manajemen keuangan UMKM kamu pasti bakal mudah karena transaksi akan ter-record secara otomatis.

Baca :   STARTUP JENDELA360: Portal Properti Khusus Bagi Pencari Sewa Apartemen

Menerima Berbagai Macam Pembayaran

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelum-sebelumnya, Spots menerima pembayaran berupa Gopay karena sudah mendukung QRIS dan ia juga menerima berbagai kartu debit. Kedepannya Spots juga bakal menerima kartu kredit, jadi masih dalam tahap pengembangan ya.

Karena komplitnya media pembayaran yang Spots punya, ini menjadikan Spots sebagai perangkat kasir dan mesin EDC terbaik.

Memiliki Banyak Pengguna

Saat ini, Spots sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu diantaranya adalah BURGREENS, Dum Dum Thai Tea, Kopikalyan, Restoran Sederhana, Richeese, dan masih banyak lagi.

Jadi, sudah jelas bahwa Spots adalah mesin EDC yang memang sudah dijamin kepuasan penggunanya yang dibuktikan oleh banyaknya outlet yang sudah memakai mesin EDC ini.

Harga Mesin EDC yang Relatif Murah

Harga mesin EDC Spots ini cukup murah. Hanya dengan modal Rp.490.000 sebagai biaya saat awal registrasi dan Rp.4900, kamu sudah bisa mendapatkan perangkat kasir serbaguna ini. Kenapa saya bilang harga mesin edc garapan gojek ini cukup murah? karena dengan pertimbangan seluruh fitur dan keunggulan yang dimilikinya, Spots sangat menjanjikan untuk innvestasi kamu sebagai pelaku bisnis.

Bayangkan, semua hal-hal di atas yang notabene diakukan supermarket dengan mesin yang sangat besar dan banyak berupa PC, CPU, mouse, keyboard, mesin EDC untuk debit, mesin EDC untuk credit card, ada dalam genggaman satu alat bernama Spots. So, jika kamua adalah seorang pelaku bisnis UMKM, saya sangat rekomendasikan menggunakan Spots.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Spots ?

Kamu bisa mendapatkan Spots dengan mengisi form kontak di halaman resmi website Spots yakni https://spots.co.id/kontak . Utuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengecek satu sosial media mereka di Website, Instagram, Facebook, dan Youtube Spots.

 

Penggunaan Spots sebagai point of sale  sangat menguntungkan baik dari sisi pembeli maupun penjual. Dari sisi pembeli yang mana saya pribadi arsakan, saya sangat terbantu karena kegiatan transaksi dapat dengan mudah dilakukan dengan sistem cashless. Sedangkan dari sisi penjual alias pelaku bisnis, tentu sangat diuntungkan. Spots dapat me-record transaksi, mengelola warung/toko dengan gampangnya, hingga mencetak nota pembayaran. Tentunya hanya dengan klik dan klik. Sehingga harga mesin EDC ini, bukanlah hal yang besar mengingat fiturnya yang sangat kompleks.