Aplikasi percakapan online memang sangat bermanfaat bagi kegiatan bisnis dalam skala apapun, termasuk Whatsapp. Kamu bahkan bisa sangat memanfaatkan Whatsapp Business yang gratis untuk berjualan online kecil-kecilan. Tak heran jika berbagai perusahaan teknologi dan developer berlomba-lomba mencari inovasi baru untuk dapat lebih meningkatkan manfaatnya ini.

Salah satu aplikasi inovatif yang belakangan mulai populer adalah chatbot Whatsapp. Fitur penjawab chat otomatis ini memang efektif membantu pelaku bisnis dalam menangani pelanggan dan meningkatkan profit bisnis. Apabila kamu berminat membuat chatbot Whatsapp juga, coba perhatikan tips berikut agar lebih efektif lagi:

Tips Membuat Chatbot Whatsapp untuk Bisnis yang Efektif 2

8+ Tips Agar Chatbot Whatsapp untuk Bisnis yang Efektif dan Menarik untuk Pelanggan

Berikut adalah beberapa tipsnya, cek artikelnya berikut ini:

1. Pilih Aplikasi yang Tepat

Dari sekian banyak pilihan yang ada, kamu harus tahu bagaimana caranya memilih satu aplikasi chatbot Whatsapp terbaik untuk digunakan dalam bisnismu ini.

Pilihan ini bukan saja akan mempengaruhi nasib keamanan datamu saja, namun juga faktor kenyamanan, kemudahan operasional, serta optimalisasi fungsi. Tak perlu ragu dengan aplikasi berbayar jika memang fitur-fiturnya bisa membantumu meningkatkan laba bisnis.

2. Utamakan Cara Komunikasi yang Paling Umum

Tips Membuat Chatbot Whatsapp untuk Bisnis yang Efektif 3

Coba cek kembali data CRM bisnismu atau history chat Whatsapp Business-mu selama ini. Kumpulkan topik-topik apa saja yang sering dibahas oleh pelanggan melalui chat, berikut juga daftar pertanyaan yang paling sering diajukan.

Baca :   Minuman Ampuh untuk Atasi Masuk Angin di Kalangan Masyarakat Indonesia

Susunlah respon yang tepat, akurat, ringkas, namun jelas untuk setiap topik tersebut. Dengan cara demikian, chatbot yang kamu operasikan akan lebih optimal menangani sebagian besar respon pelanggan dalam waktu singkat. 

3. Struktur Menu Harus Jelas dan Ringkas

Jika kamu bermaksud memasukkan banyak topik ke dalam sistem chatbot Whatsapp, awalilah dengan menyusun struktur menu dan sub-menu terlebih dahulu.

Selain pembagian kategorinya yang harus jelas, kamu juga harus memastikan bahwa tidak ada sub-menu yang harus diakses sampai lebih dari 3x klik. Pasalnya, struktur menu yang terlalu dalam bercabang cenderung akan membuat pelanggan merasa tidak sabar.

4. Siapkan Salam

Tips Membuat Chatbot Whatsapp untuk Bisnis yang Efektif 4

Chatbot memang tidak seharusnya menghabiskan waktu pelanggan dengan obrolan basa-basi. Akan tetapi, bukan berarti percakapan yang kamu atur bisa langsung ke intinya.

Awalilah setiap percakapan dengan salam atau sapaan singkat, misalnya “Selamat Pagi!” atau “Halo! Apa kabar?”. Kamu juga sebaiknya menyiapkan salam singkat untuk ketika percakapan berakhir.

5. Gunakan Multimedia

Meskipun banyak aplikasi chatbot Whatsapp yang hanya bisa menggunakan teks saja, kamu juga bisa menemukan aplikasi semacam ini yang bisa menggunakan file suara, gambar, maupun video ke dalam skenario percakapan otomatis di Whatsapp. Tentunya, keunggulan ini akan menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih menarik dan berkesan.

6. Akhiri dengan Call-to-Action

Jangan biarkan percakapan menggantung percuma, apalagi jika pelanggan sudah mendapatkan jawaban atau tanggapan yang memuaskan dari percakapannya via Whatsapp.

Inilah kesempatan emas untuk menanamkan urgensi untuk segera melakukan transaksi. Kalimat Call-to-Action pada saat percakapan juga bisa dibuat lebih efektif lagi dengan menyodorkan link untuk checkout.

7. Sediakan Opsi Chat dengan Tim Customer Service

Tips Membuat Chatbot Whatsapp untuk Bisnis yang Efektif 5

Memang banyak pelanggan yang suka jika pesannya dibalas oleh chatbot karena cepat dan jelas. Akan tetapi, tidak semua orang senang dengan tipe komunikasi yang tidak organik seperti ini.

Baca :   Ingin Beli HP ? Simak 20 Tips Beli Smartphone yang Berkualitas Berikut

Ada orang-orang yang justru malah kesal dengan hal ini. Terlebih lagi, tidak semua pesan pelanggan bisa direspon sepenuhnya oleh chatbot. Karena itulah, opsi untuk bisa berbicara dengan tim customer service harus selalu tersedia. 

8. Integrasi dengan CRM dan Sistem Lain

Beberapa aplikasi chatbot untuk Whatsapp Business juga bisa diintegrasikan ke software CRM dan berbagai perangkat digital lainnya. Dengan cara ini, layanan pelanggan otomatis bisa diatur lebih kompleks lagi. Kamu dan tim juga akan lebih mudah menganalisa data pelanggan untuk keperluan marketing dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Membuat chatbot Whatsapp memang tidak sulit. Yang menjadi tantangan sesungguhnya adalah bagaimana memastikan chatbot yang kamu buat bisa menghadirkan manfaat yang maksimal untuk bisnismu. Mungkin, kamu perlu mengalami trial dan error berkali-kali sebelum settingan chatbot-mu bisa memberikan performa yang optimal. Namun yang jelas, teknologi ini sangat disarankan untuk segala jenis komunikasi bisnis.