Susah sinyal dan sering ganti ke H+ atau 3G ? Coba pakai aplikasi kunci 4G terbaik berikut ini. Dijamin bakal lock jaringan 4G di HP mu.

Walau di beberapa negara sudah mulai beralih ke 5G bahkan 5G+, namun di Indonesia masih terus berjuang untuk perbaikan akses 4G yang belum merata, terutama untuk daerah pelosok-pelosok yang sulit terjangkau.

4G merupakan jaringan internet tercepat yang saat ini bisa kita nikmati. Tapi karena akses jaringanya yang belum merata, seringkali sinyal putus putus dan akan beralih sendiri ke jaringan yang lebih rendah seperti H+ atau 3G atau bahkan 2G. Untuk mengatasi ini, kita perlu meng-lock atau mengunci jaringan 4G agar tetap berada di 4G.

Daftar Aplikasi Kunci 4G Terbaik

Perlu kamu pahami, dengan mengunlock jaringan ke 4G maka risiko koneksi internet terputus lebih besar karena tidak bisa mendapatkan koneksi dari jaringan lain seperti H+ atau 3G . Ini bisa berakibat buruk saat kita sedang mendownload atau upload file besar yang akan gagal ditengah jalan. Setelah kamu memahaminya, berikut kami berikan daftar aplikasi kunci 4G untuk oppo, vivo, xiaomi, samsung, advan yang dapat kamu pakai:

1. Force LTE Only – Xsquare Studio

aplikasi kunci 4g

Aplikasi mengunci 4G terpopuler dengan unduhan di atas 5 juta ini sangat kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin mengunci jaringan 4G / 3G / 2G secara powerfull tanpa ribet. Setelah kita tetapkan jaringan terpilih, maka tidak akan dialihkan lagi secara otomatis ke jaringan lain. Kecuali kita mengubahnya secara manual.

Baca :   Rekomendasi 7 Aplikasi untuk Belajar Pemrograman Bagi Pemula

Force LTE Only ini pun support beberapa perangkat 4G keluaran lama. Namun tidak semua, karena beberapa merk smartphone ada yang memblokir switch jaringan, jadi walau kita ubah sekalipun tetap akan teralihkan secara otomatis. Tapi jangan khawatir karena hampir smartphone keluaran baru sudah support fungsi tersebut.

2. 4G LTE Only : 4G LTE Mode – Game Town

aplikasi jaringan 4g

Bila dibandingkan dengan aplikasi pengunci 4G sebelumnya, aplikasi karya Game Town ini jauh lebih eye catching dari segi interface / UI nya. Mendukung hampir semua jenis merk-merk populer seperti Nokia, Xiaomi, Samsung, Huawei, Motorola, LG, HTC, Sony, dan Vivo.

Untuk beberapa jenis perangkat dan provider yang tidak mendukung VoLTE maka akan menyebabkan dukungan telepon tidak didukung. Jadi jika kita ingin menghubungi seseorang melalui jaringan telepon, maka jaringan harus diubah terlebih dahulu ke jaringan 3G atau 2G dengan aplikasi ini. Jika smartphonemu sudah mendukung 4G LTE VoLTE maka tidak perlu repot-repot lagi mengubahnya.

3. Force 4G / 5G Only – Adadev

Aplikasi ini sangat powerfull, bahkan memiliki pengaturan ke 5G yang belum dimiliki aplikasi lain. Untuk bisa bekerja secara optimal, maka kamu harus berada di jaringan 4G serta dukungan dari smartphone yang juga harus sudah support 4G LTE.

Berukuran kecil hanya 3,2 MB membuat aplikasi ini super ringan dan bisa dipakai disemua jenis ponsel android tanpa membebani kinerja perangkat. Yang saya sukai dari aplikasi ini adalah adanya tombol yang memungkinkan kita untuk force 4G LTE single sim maupun dual sim dalam sekali klik.

4. 4G LTE Switcher – Kliksob Network

aplikasi lock jaringan 4g

Yang menarik dari 4G LTE Switcher ini adalah layanan yang diberikan 100% gratis, tanpa ada embel-embel iklan maupun add on premium. Selain itu ukurannya pun sangat ringan hanya berukuran 40 KB dan mendapatkan rating yang bagus yaitu 4.3 dari 17 ribu pengulas. Dengan aplikasi ini, kamu bisa switch paksa jaringan di 2G, 3G, WCDMA, HSDPA dan tentunya 4G.

Baca :   9 Situs Upload Video Dapat Dollar 2020 yang Dapat Kamu Coba

Perlu diperhatikan, agar aplikasi lock 4G dapat berjalan dengan efektif maka kamu harus mengaktifkan ulang fitur aplikasi ini setelah merestart telepon, mengaktifkan mode pesawat ataupun menonaktifkan perangkat. Karena jika kita melakukan beberapa hal tersebut maka pengaturan jaringan akan kembali seperti semula.

5. 4G Only Network Mode – Extremedroid

Sebenarnya aplikasi kunci 4G terbaik satu ini hanya sebagai akses masuk untuk mengakses menu yang berisi fitur network configuration yang sudah ada di telepon kita. Tapi fitur lain yang dimilikinya juga tak kalah lengkap, mulai dari pengunci 4G only, mengaktifkan VoLTE, paramater perubahan jaringan, statistik jaringan, kunci jaringan terpilih.

Semua jenis smartphone android yang menggunakan chip dari Qualcomm didukung oleh aplikasi ini. Untuk selain Qualcomm belum tentu kompatible karena dari pengaturan softwarenya juga berbeda. Untuk mengetahui apakah smartphonemu mendukungnya atau tidak silakan bisa mencobanya terlebih dahulu.

6. 4G LTE Switch – Plexa Apps

aplikasi kunci jaringan 4g

Seperti namanya, 4G LTE switch memungkikan bagi kita untuk mengubah jaringan 4G LTE dengan pengaturan yang sangat simpel. Saat jaringan sudah di lock ke 4G, maka perangkat tidak akan mengalihkan ke jaringan lain kecuali kamu merestart ulang perangkatmu.

Dari keenam aplikasi kunci 4G di atas, silakan pilih salah satu saja yang menurutmu paling ringan dan juga kompatibel dengan perangkat yang kamu miliki. Jika ada aplikasi yang tidak kompatible, kamu bisa coba aplikasi lainnya.