Cara Main Harvest Moon Back to Nature di Android + 3 Solusi Jika Gagal – Ingin tau bagaimana cara memainkan harvest moon back to nature di android ? Sebenarnya caranya cukup mudah. Berikut TumesKecil bagikan artikel lengkapnya cara memainkan harvest moon di android .

Bagi para player  Playstation 1, pasti tidak asing kan dengan game legend yang satu ini. Berceritakan tentang Seorang anak yang mengelola kebun disebuah desa. Game nya bernama harvest moon back to nature. Gameplay dari game ini berkutat seputar pertanian dan perkebunan.

Alur cerita yang menarik, fitur yang melimpah, simpel, dan banyaknya easter egg  membuat tidak heran di era-2000an game ini sangat melegit dan populer.

Namun untuk saat ini mencari atau menyewa console playstation 1 sangat sulit ditemukan.  Di PC juga bisa, tapi bagaimana jika dimainkan melalui ponsel android? Mudah dibawa-bawa dan dimainkan dimana saja.

Bagi kamu yang ingin bernostalgia dengan game harvest moon back to nature. Kita tidak bisa langsung mendownload aplikasi harvest moon secara langsung di ponsel.

Inti dari cara main harvest moon back to nature di android ini adalah menggunakan aplikasi emulator sebagai jembatan atau media untuk memainkannya.

Emulator yang akan kita gunakan adalah epsexe. Kenapa kami rekomendasikan emulator ini, ini karena ukuran yang kecil memungkinkan ponsel dengan spek rendah bisa juga untuk memainkannya. Selain itu, kamu gak perlu akses root.

3+ Cara Main Harvest Moon Back to Nature di Android No Root

Tanpa perlu belama-lama, berikut TumesKecil bagikan cara bermain harvest moon back to nature di android no root dan gratis.

I. Download File yang Dibutuhkan

Sebelum berlanjut ke cara main harvest moon back to nature di android , berikut beberapa hal yang harus kamu download terlebih dahulu :

➤ File bin harvest moon back to nature android . Download melalui salah satu tombol saja.
Mediafire
Direct Google Drive

Baca :   Cara Mendapatkan Filter Mata Juling di Instagram + 8 Solusi Jika Gagal

➤ Aplikasi emulator epxse android + Bios-nya. Download melalui salah satu tombol saja.

Mediafire
Direct Google Drive

➤ Aplikasi RAR untuk ekstrak file RAR

Mediafire

Note : sebenarnya kamu juga bisa menggunkana emulator ppsspp, tapi kami sarankan pakai ini soalnya lebih kecil dari segi perfomance dan storage

II. Persiapan Emulator

Berikut langkah-langkah cara instal harvest moon back to nature di android tahap kedua, yaitu dengan menginstal bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi :

1. Pastikan sudah mengunduh file bios HMBTN dan epsxe+bios-nya

2. Buka aplikasi RAR dan cari file “ePSXe.apk +++BIOS.rar” yang sudah kamu download, dan ekstrak filenya (link file rarnya > centang foldernya > pencet ikon buku panah di bagian atas)

Cara memainkan Harvest Moon Back to Nature di Android

3. Buka folder hasil ekstrak tadi di lokasi yang kamu pilih tadi > Instal epsxe nya dengan klik epsexe nya

4. Buka ePSXe yang sudah terinstal sebentar lalu tutup lagi (memancing agar bios muncul)

5. Buka folder ekstrak tadi, copy dan paste file SCPH1001.BIN ke Memori Internal ->epsxe ->bios

Cara instal Harvest Moon Back to Nature di Android

6. Persiapan sudah selesai. Tinggal eksekusi gamenya sekarang.

III. Eksekusi Gamenya

Berikut langkah-langkah cara memainkan harvest moon back to nature di android :

1. Buka aplikasi epsxe, kemudian tekan jalankan bios

Lalu, tunggu hingga epsxe menemukan  SCPH1001.BIN yang sudah kamu pindahkan tadi

(Baca di bawah jika bios masih tidak bisa terkonfigurasi)

cara memainkan harvest moon di android

2. Selanjutnya, klik Jalankan permainan agar epsexe mencari otomatis file iso HMBTN yang sudah kamu download tadi

3. Proses ini agak lama. Jika sudah muncul file iso game HMBTN nya, klik saja.

cara main harvest moon di android

Catatan tambahan, bisa saja proses ini gagal jika file di hp kamu terlalu banyak, dan hp kamu berspesifikasi rendah. Tapi ada tenang, masih bisa kok, sabar saja.

(Baca di bawah jika game nya tidak muncul dan muncul banyak folder)

3. Klik game yang akan kamu mainkan. Kini kamu sidah bisa memainkan game harvest moon back to nature di android.

3+ Cara Main Harvest Moon Back to Nature di Android No Root + 3 Solusi Jika Gagal 1

4. Done. Itulah cara main harvest moon back to nature di android . (Video tutorial bisa lihat di akhir artikel)

Jika dari tutorial di atas ada masalah, berikut beberapa solusi yang bisa kami sediakan.

Baca :   6+ Cara Menggunakan Cheat Engine di Android

Solusi Jika Muncul Banyak Folder Saat ‘Jalankan Permainan’ dan Tidak Muncul Game nya

Jika muncul banyak nama folder saat scan iso gamenya, berarti epsxe gagal melakukan scanning. Jadinya, kamu harus memilih dan mencari secara manual iso file game kamu.

Caranya mudah saja, gambar dua titik (..) di atas adalah opsi untuk kembali. Nah, lalu kamu cari dan klik file dimana kamu menyimpan iso gamenya.

Karena saya tadi mendownload lewat browser, file iso gamenya ada di folder Download. Jika sudah ketemu, klik saja. DONE.

cara main harvest moon back to nature di android

Solusi Jika Bios Tidak Terkonfigurasi

Lakukan ulang mengkonfigurasi bios. Caranya Buka folder epsexe+bios yang sudah diekstrak tadi, copy dan paste file SCPH1001.BIN ke Memori Internal ->epsxe ->bios

Solusi Jika Download dari Google Drive Tidak Muncul di Folder Download

Memang menyimpan file di google drive lebih tahan daripada di situs lain. Namun, kelemahan google drive adalah, masih susahnya menyimpan file download saat download di android. Kenapa?

Saat membuka File Google Drive di android, maka android akan langsung membuka aplikasi Google Drive. Di sini masalahnya.

Ketika mendownload file dari app google drive, maka file suka bandel, gak muncul  di folder/di penyimpanan HP kita. Lalu gimana solusinya?

Kalau dari pengalaman saya pribadi, solusinya adalah dengan membuka link file google drive di browser lain, jangan di Chrome  .

Ketika saya membuka link file google drive di browser xiaomi saya, yang terjadi idak diarahkan ke aplikasi google ddrive dan dapat mendownload seperti biasa lewat browser di pc/dekstop.

Berikut adalah FAQ (Frequently Asked Questions) yang dapat membantu pengguna memahami proses dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi saat mencoba memainkan Harvest Moon Back to Nature di Android menggunakan emulator ePSXe:

Frequently Asked Questions

Q1: Apa yang saya butuhkan untuk memainkan Harvest Moon Back to Nature di Android?
A1: Anda membutuhkan file ISO game Harvest Moon Back to Nature, aplikasi emulator ePSXe, dan aplikasi RAR untuk ekstraksi file.

Q2: Di mana saya bisa mendownload file ISO Harvest Moon Back to Nature untuk Android?
A2: Anda bisa mendownload file ISO dari link yang tersedia di artikel, seperti Mediafire atau Google Drive.

Baca :   Cara Membuat RAR atau ZIP di Android dengan Aplikasi RAR

Q3: Mengapa saya harus menggunakan emulator ePSXe?
A3: Emulator ePSXe direkomendasikan karena ukurannya yang kecil, yang memungkinkan bahkan ponsel dengan spesifikasi rendah untuk menjalankannya tanpa memerlukan akses root.

Q4: Bagaimana cara menginstal emulator ePSXe dan game Harvest Moon di Android?
A4: Pertama, download dan ekstrak file ePSXe dan BIOS menggunakan aplikasi RAR. Lalu, instal aplikasi ePSXe, copy dan paste file BIOS ke folder yang tepat, dan akhirnya jalankan file ISO game dari aplikasi ePSXe.

Q5: Apa yang harus saya lakukan jika BIOS tidak terkonfigurasi dengan benar?
A5: Anda perlu mengulangi proses konfigurasi BIOS dengan menyalin dan menempelkan file BIOS ke dalam folder ePSXe -> bios yang ada di memori internal Anda.

Q6: Mengapa game tidak muncul saat saya mencoba ‘Jalankan Permainan’ di ePSXe?
A6: Jika game tidak muncul secara otomatis, Anda mungkin perlu mencari file ISO secara manual. Navigasi ke folder tempat Anda menyimpan file ISO dan pilih file tersebut.

Q7: Apa yang harus saya lakukan jika download dari Google Drive tidak muncul di folder Download?
A7: Cobalah membuka link Google Drive di browser yang berbeda, bukan Chrome, untuk menghindari pembukaan aplikasi Google Drive secara otomatis, yang bisa menghambat proses download.

Q8: Bagaimana cara menambahkan komentar atau bertanya jika saya memiliki masalah?
A8: Anda dapat menambahkan komentar di bawah artikel atau menghubungi layanan dukungan melalui media sosial atau email yang tersedia di situs tersebut.

Q9: Apakah emulator ePSXe juga bisa digunakan untuk game PlayStation 1 lainnya?
A9: Ya, ePSXe dapat digunakan untuk berbagai game PlayStation 1. Anda hanya perlu mendownload file BIN dari game yang diinginkan dan mengikuti proses yang sama.

Q10: Bagaimana saya bisa memastikan file yang saya download aman?
A10: Pastikan Anda mendownload file dari sumber yang terpercaya untuk menghindari virus dan malware. Selalu scan file yang didownload dengan antivirus sebelum membukanya.

Akhir Kata

Emulator epxse bisa kamu gunakan untuk game console playstation 1 lainnya, kamu hanya perlu mengunduh file bin dari game yang kamu inginkan dari google kemudian ikuti langkahnya sama seperti saat kamu akan bermain harvest moon back to nature.

Perlu diperhatikan juga tempat kamu mengunduh file game, pastikan tempat mengunduh di website yang terpercaya  untuk menghindari file yang disusupi virus dan lainnya.

Terima kasih telah membaca Cara Main Harvest Moon Back to Nature di Android . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya.