8 Cara Membuat Aplikasi Menjadi Kompatibel di Android Terbaru 2019 – Ingin tau bagaimana cara membuat aplikasi yang tidak kompatibel menjadi kompatibel ? Sebenarnya cara download aplikasi tidak kompatibel cukup mudah. Berikut TumesKecil bagikan cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di play store .

Pernah gak sih ketika ingin mendownload aplikasi di PlayStore, yang terjadi malah muncul aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat anda dan aplikasi tersebut tidak dapat kamu unduh dan instal ke ponselmu.

Atau, ketika kamu menginstal apk yang didapat dari internet atau share it dari temanmu malah tidak bisa dipasang dan bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak terpasang ?

Ada banyak faktor android tidak bisa install aplikasi dari google play ataupun dari APK karena perangkat tidak kompatibel . Berikut alasannya :

  • Belum ada/tersedia di negara kita
  • Resolusi layar kekecilan
  • CPU/GPU tidak mampu menjalankan aplikasi dengan baik
  • OS Android yang sudah ketinggalan jamanyang ditandai saat mendownload aplikasiya, akan muncul ” your device isn’t compatible with this version ” atau ” perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini “
  • Aplikasi memiliki spesifikasi khusus dan hanya beberapa smartphone saja yang memilikinya

Pasti kesal banget kan kalau aplikasi yang sudah diinginkan untuk diinstal malah nggak bisa diunduh ke perangkatmu. Seperti game terbaru misalnya. Kamu ingin menjajal keseruan game terbaru tersebut, namun tak bisa karena belum bisa dirilis di Indonesia.

cara membuat aplikasi menjadi kompatibel

Jangan kecewa dulu, karena di artikel kali ini TumesKecil akan memberi tahu kamu cara mengatasi perangkat tidak kompatibeldi android sehingga aplikasi  yang kamu idamkan bisa terunduh dan bisa kamu nikmati di ponselmu.

Perlu diperhatikan, tidak semua aplikasi yang tidak kompatibel di android kamu bisa dijalankan. Memang proses penginstalan bisa berhasil, tetapi jika ada spesifikasi khusus misalnya kami ambil contoh ArCore pada aplikasi Augment – 3D Augmented Reality, dan perangkat kamu belum mendukung fitur tersebut, berarti aplikasi Augment tidak bisa dijalankan.

#Masalah Keterbatasan Negara#

Jika negara kamu belum mendukung aplikasi yang ingin amu instal, berikut beberapa solusinya :

A. Download APK mentahannya

Apa itu apk? APK adalah format file yang digunakan untuk menginstal aplikasi di perangkat berbasis android. Jadi, sama halnya dengan format file EXE yang ada di komputer.

Kamu hanya perlu mengunduhnya dan menginstalnya. Menginstal file APK bisa menjadi salah satu cara mengatasi perangkat tidak kompatibel , sehingga aplikasi yang kami inginkan bisa terinstal.

Secara umum, android melarang menginstal aplikasi dari apk, bukan langsung dari PlayStore dengan alasan ‘keamanan’. Memang, tidak sedikit situs web yang menyediakan APK gratis namun mengandung virus yang bisa membahayakan ponsel kamu.

Jadi, sebelum menginstal file APK, Pastikan dahulu menyetujui untuk menginstal aplikasi pihak ketiga. Biasanya notifikasi persetujuan muncul ketika pertama kali kamu menginstal file APK

Berikut situs download gratis APK yang kami rekomendasikan :

B. Menggunakan VPN

Cara membuat aplikasi menjadi kompatibel selanjutnya adalah dengan menggunkaan VPN. Trik ini bisa kamu gunakan untuk karena masalah pada negara. Dengan menggunakan VPN, IP ponsel kamu yang awalnya negara Indonesia dirubah menjadi IP negara lain.

Baca :   4 Cara Menjual Hasil Foto Lewat Internet

Setelah mengganti IP menggunakan VPN, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi yang masih belum ada di Indonesia sekalipun karena sebenarnya google PlayStore memahami bahwa handphone kamu berasal dari negara lain lagi, bukan Indonesia.

Berikut aplikasi VPN yang bisa kamu unduh gratis di PlayStore :

C. Download Aplikasi Melalui Apk Store Pihak Ketiga

Melalui toko aplikasi pihak ketiga, kamu bisa mendapatkan aplikasi tanpa batasan negara. Aplikasi yang belum ada dan tersedia di Indonesia, bisa kamu download gratis sepuasnya karena toko aplikasi ini tidak memandang negara seperti PlayStore.

Sejatinya, aplikasi toko app ini sama saja dengan situs penyedia APK. Hanya saja, ini berbentuk Aplikasi yang bisa dipasang ke perangkat Android kamu. Jadi keuntungannya kamu tidak perlu ribet-ribet buka browser dahulu.

Sama seperti situs download aplikasi , aplikasi toko app ini juga dapat menjadi solusi dan cara download aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat kamu karena keterbatasan negara.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sayangnya, Aplikasi toko app ini banyak diantaranya yang tidak tersedia di PlayStore. Mungkin karena kebijakan PlayStore sendiri ya kalau tak ingin ada aplikasi berbasis toko aplikasi sejenis PlayStore. Atau bisa jadi ia ingin menjadi aplikasi market yang tidak tersaingi 🙂

Berikut beberapa aplikasi pengganti google play service yang kami rekomendasikan :

#Masalah Spesifikasi Kurang Memadai#

Jika HP kamu tidak memiliki spesifikasi yang memadai (biasanya versi android untuk masalah tidak kompatibel) untuk menginstal aplikasi yang kamu inginkan, maka berikut beberapa solusinya :

D. Download APK Versi Lawasnya 

Jika kamu sudah menginstal aplikasi dari situs web penyedia Aplikasi yang telah kami berikan sebelumnya namun masih gagal diinstal karena masih tidak kompatibel, coba dahulu download versi agak lawasnya.

Mungkin bisa jadi penyebabnya selain aplikasi belum beredar di Indonesia, juga sekaligus Aplikasi tidak memenuhi persyaratan spesifikasi minimum pada perangkat Android kamu.

Namun, menggunakan APK versi lawasnya juga bisa menjadi salah satu jalan dari cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel tanpa root karena Aplikasi yang memiliki versi lebih lama terkadang punya spesifikasi minimum yang lebih rendah ketimbang versi anyarnya. Jadi, bisa saja ponselmu masih bisa diinstall dengan aplikasi Versi lawasnya.

Untuk mendownload aplikasi versi lawasnya, kamu tinggal memilih versi yang diberikan di situs web yang sudah kami berikan sebelumnya. Nanti di situs web tersebut, Aplikasi yang lebih lawas akan dicantumkan di bagian bawah.

cara mengatasi perangkat tidak kompatibel

E. Update OS Android

Update OS android kamu juga bisa menjadi solusi dan cara membuat aplikasi menjadi kompatibel di android . Hal ini dkarenakan sejatinya setiap aplikasi memiliki spesifikasi minimum sistem Android yang harus dimiliki atau dilampaui ponsel android kamu.

Sebelum kalian mengupgrade sistem operasi Android kalian, pastikan dahulu spesifikasi minimum aplikasi tersebut. Jika sistem  operasi yang diperlukan misalnya adalah android marsmellow dan android kalian masih lollipop, maka mengupgrade OS bisa menjadi solusinya.

Cara upgrade OS bisa dengan 3 cara, pertama dengan masuk ke Settings > About phone > Pembaruan sistem. Lalu kedua, dengan menggunakan bantuan komputer, ketiga dengan cara rooting ROM. Selengkapnya cara upgrade OS Android.

F. Dengan Aplikasi Market Helper (Rooted!)

Market Helper adalah aplikasi yang dapat mengelabui PlayStore dengan cara mengubah data informasi pada perangkat Android. Jadi, ia dapat mengubah informasi HP A menjadi HP B. Tentunya trik tersebut bisa kita terapkan untuk cara download aplikasi tidak kompatibel di android .

Baca :   3 Cara Melihat Story WhatsApp Tanpa Diketahui Teman Tanpa Menghilangkan Daftar yang Melihat Status

Karena berhubungan dengan mengoprek sistem Android, maka untuk menggunakan aplikasi ini, diharuskan dahulu perangkat sudah di-root dan minimun Android 2.2. Trik ini sangat ampuh untuk mengatasi aplikasi tidak kompatibel.

Cara menggunakan Market Helper :

1. Pertama, download market helper apk di sini . Jangan lupa diinstal

2. Buka aplikasinya dan isikan data yang diminta :

cara mengkompatibelkan aplikasi di android

– Select Device : Phone | Samsung Galaxy S5 (Opsional)
– Select Operator : United States | AT&T (Opsional)
– Select Account : Pilih email

Lalu klik Activate

3. Jika muncul perizinan akses root, silahkan izinkan

aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat anda

4. Tunggu hingga muncul notifikasi Activated successfully > Klik OK

cara download aplikasi yang tidak kompatibel


5. Restart HP dan silakan download gratis aplikasi yang tadi tidak kompatibel

Settingan ini akan berubah ketika kamu mematikan/reboot hp kamu.

G. Mengedit build.prop Android (Rooted!)

Sebenarnya, trik ini sama saja dengan trik di poin F, yakni mengedit sistem informasi smartphone (build.prop) menjadi smartphone lain dengan kata lain mengelabui PlayStore. Namun, trik ini sedikit ribet ketimbang trik yang sudah kami paparkan sebelumnya.

Sekilas tentang build.prop, build.prop pada dasarnya adalah identitas/informasi smartphone kamu yang menjelaskan model dan info untuk Google Play dan aplikasi. Info ini dapat digunakan untuk menyesuaikan bagaimana aplikasi akan berjalan.

Cara mengedit build.prop :

1. Download dan install Root Explorer di sini

2. Buka aplikasinya > cari folder System> cari build.prop


3. Salin build.prop dan pastekan pada folder lain (Penting! agar data tidak hilang)

3. Klik lama pada salinan build.prop > klik ikon titik tiga di pojok kanan atas > pilih Open text in text editor

4. Cari kode ro.product.model dan ro.product.manufacturer . Ganti dengan kode
ro.product.model=Nexus S
ro.product.manufacturer=Samsung

5. Klik Menu (ikon titik tiga di pojok kanan atas) > Save Changes

6. Hapus cache PlayStore dengan cara masuk ke Settings > Aplikasi > PlayStore > Clear Data and Cache

7. Restart HPmu dan download aplikasi yg tadi tidak kompatibel tadi

Tips : selain dengan root Explorer,kamu juga bisa menggunakan aplikasi ES File Explorer sebagai alternatif untuk mengedit build.prop

H. Ganti HP *:p

Memang cara membuat aplikasi menjadi kompatibel kali ini agak berlebihan sih karena hanya ingin memiliki aplikasi yang diidam-idamkan sampai harus ganti HP untuk dapat memenuhi spesifikasi minimum Aplikasi yang diinginkan tersebut.

Namun jika memang kamu ngebet banget ingin menjajal aplikasinya, maka ganti hp juga bisa menjadi solusinya dengan catatan hp ini memenuhi spesifikasi minimum yang diminta Aplikasi.

Akhir Kata



Terimakasih telah membaca artikel cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di android . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat.

Dicari juga : tidak bisa download whatsapp di play store aplikasi android yang tidak ada di playstore mengatasi aplikasi tidak terpasang google play service tidak kompatibel tidak bisa download whatsapp di play store tidak bisa download gojek cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini tanpa root cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini pada android cara mengatasi your device isn’t compatible with this version di android