Saat membuka file dan muncul notifikasi Libmysql.dll is Missing ? Tenang dulu, karena di arikel kali ini akan kami bahas Cara Mengatasi Libmysql dll is Missing di Windows

Beberapa pengguna komputer dengan sistem operasi Windows melaporkan bahwa mereka menemukan error Libmysql.dll yang hilang / tidak ditemukan pada saat membuka beberapa program dan aplikasi tertentu. Libmysql.dll ini merupakan sebuah file tipe DLL yang pada dasarnya adalah file penting bagian dari sistem. Fungsinya cukup banyak, salah satunya adalah untuk menjalankan fungsi program dan aplikasi secara keseluruhan.

DLL file terbagi oleh berbagai program dan bertindak sebagai sebuah perpustakaan yang menjadi rujukan sumber dari berbagai kelas, variabel, fungsi, dan beragam resource penting seperti gambar, ikon, font dan lainnya. jadi apabila file Libmysql.dll ini hilang tentu saja akan menyebabkan sebuah program atau aplikasi tidak dapat dibuka karena data akan corrupt dan error. Saat anda membuka aplikasi yang mengalami missing DLL maka akan menemukan pesan seperti berikut:

The program can’t start because Libmysql_.dll is missing from your computer. Please try reinstalling the program to fix this problem.

Jika masalah yang kamu dapatkan msvcr120.dll, maka coba cek Cara Mengatasi Error msvcr120.dll is Missing pada Windows

Baca :   Cara Membuka File jar di Windows Semua Versi

Penyebab Libmysql dll is Missing di Windows

Pesan kesalahan “LibMySQL.dll is missing” biasanya muncul ketika sebuah program atau aplikasi yang bergantung pada database MySQL tidak dapat menemukan file library “LibMySQL.dll” yang diperlukan. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti:

  1. File LibMySQL.dll rusak atau korup: Jika file LibMySQL.dll mengalami kerusakan atau korupsi, maka program yang membutuhkannya tidak akan dapat menemukannya.
  2. Instalasi MySQL yang salah: Kesalahan saat menginstal MySQL atau memperbarui versi MySQL dapat mengakibatkan file LibMySQL.dll hilang atau tidak terinstal.
  3. Konflik dengan program antivirus atau keamanan: Beberapa program antivirus atau program keamanan lainnya dapat menganggap file LibMySQL.dll sebagai ancaman dan menghapusnya atau memblokir aksesnya.
  4. Terhapus secara tidak sengaja: File LibMySQL.dll dapat terhapus secara tidak sengaja oleh pengguna atau oleh program lain.

6+ Cara Mengatasi Libmysql dll is Missing di Windows 7, 8, 10, dan 11

Beberapa informasi di bawah ini merupakan metode untuk mengatasi Libmysql.dll is missing yang sudah teruji dan sudah dicoba oleh banyak pengguna. Namun karena tiap komputer memiliki sebab error yang berbeda jadi solusi yang diberikan juga berbeda. Karena itu anda bisa mencoba salah satu dari beberapa metode berikut:

➤ Metode 1: Scan dan Repair Sistem File dengan System File Check (SFC)

Windows File Checker merupakan tools bawaan Windows versi terbaru yang berguna untuk membantu memperbaiki file yang rusak dan corrupt. Banyak maslaah yang bisa diperbaiki dengan cara ini, salah satunya adalah windows explorer has stopped working.

Berikut adalah Cara mengatasi Libmysql dll is Missing dengan SFC:

  • Klik tombol pencarian (windows di keyboard)
  • Ketikan cmd atau command prompt
  • Klik kanan Command Prompt dan pilih run as administrator
Cara Mengatasi Libmysql dll is Missing di Windows
  • Ketikan sfc /scannow lalu klik enter untuk menjalankan perintah command
  • Tunggu proses scan berjalan untuk mencari file yang rusak termasuk file libmysql.dll
  • Jika menemukan pesan error maka ketikan DISM /online /Cleanup-Image / ScanHealth lalu klik enter
  • Untuk merepair file maka ketikan DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth lalu klik enter
  • Restart perangkat lalu cek apakah masalah sudah terselesaikan atau belum
Baca :   Cara Prank Call Tokopedia Tanpa Aplikasi, Mudah Banget untuk Jailin Teman

➤ Metode 2: Download File DLL yang Baru

Bila Cara mengatasi Libmysql dll is Missing di windows di atas tidak berhasil berarti file dll yang anda miliki benar-benar rusak dan tidak bisa di repair. Untuk itu langkah terbaik yang perlu kita lakukan adalah mendownload file dll yang baru dan menempatkannya pada sistem.

  • Buka My Computer Properties dengan ke windows explorer, klik kanan pada This pc > properties
Cara Mengatasi Libmysql.dll is Missing di Windows
Cara memperbaiki Libmysql dll is Missing di Windows
  • Buka official web dll download di www.dll-files.com via browser favorit anda
  • Pada kolom pencarian ketikan libmysql.dll lalu klik Search DLL File
  • Klik nama file yang muncul lalu download sesuai sistem 32 atau 64 bit
  • Pindahkan file yang telah di download ke C:\Windows\System32
  • Restart komputer lalu jalankan kembali aplikasi

➤ Metode 3: Copy File Libmysql.dll ke lokasi File .EXE

Di Cara Mengatasi Libmysql dll is Missing di windows kali ini kita akan mencoba menyalin file dll (libmysql.dll) ke lokasi dimana file .exe (file program yang ingin anda jalankan) berada. Nantinya kita akan mencoba mencari file Libmysql.dll dalam root directory dari aplikasi .exe lalu memindahkannya ke folder instalasi. Cukup rumit kelihatannya, tapi dengan mengikuti langkah-langkah berikut pasti akan terasa sangat simpel:

  • Download file baru libmysql.dll seperti yang dibahas pada metode 2 lalu copy
  • Pergi ke installation directory (folder instalasi) dari aplikasi / program yang mengalami error dan pastikan folder memiliki file dengan format .exe (executable file)
  • Paste libmysql.dll pada folder instalasi tadi lalu restart aplikasi dan test apakah masih error atau tidak

➤ Metode 4: Perbarui driver grafis

  • Buka halaman web situs resmi produsen kartu grafis Anda (misalnya NVIDIA atau AMD).
  • Cari dan unduh driver grafis terbaru yang sesuai dengan kartu grafis Anda dan sistem operasi Anda.
  • Setelah berhasil mengunduh, buka file installer dan ikuti instruksi instalasi yang muncul di layar.
  • Setelah selesai menginstal, restart komputer Anda dan coba jalankan kembali program yang tadinya menampilkan pesan error.
Baca :   Cara Merubah Tampilan Android Menjadi Keren Seperti Komputer dengan Windows 10

Untuk alternatif bisa download dan instal aplikais diver booster. Karena dengan sekali klik, Anda bsudah bisa instal driver yagn belum up-to-date dengan mudah.

6+ Cara Mengatasi LibMySQL dll is Missing di Windows 1

➤ Metode 5: Cek kompatibilitas sistem operasi

Versi MySQL Connector/C++ yang kurang cocok akan memengaruhi kompatibilitasnya dnegan OS Windows Anda. Cara memastikannya sebagai berikut:

  • Buka situs web resmi MySQL Connector/C++ dan periksa dokumen yang berisi informasi tentang sistem operasi yang didukung.
  • Pastikan sistem operasi Anda sesuai dengan yang didukung oleh versi MySQL Connector/C++ yang Anda gunakan. Jika tidak sesuai, cobalah upgrade atau downgrade sistem operasi Anda ke versi yang sesuai.

➤Metode 6: Coba instalasi ulang program

Jika sudah dicoba semua cara di atas dan masih tidak bisa, bisa lakukan instalasi ulang Programnya:

  • Buka jendela Control Panel di Windows dan cari program yang mengalami masalah (Tips : klik windows ki keyboard > ketik Add or Remove Programs )
  • Klik kanan pada program tersebut dan pilih opsi “Uninstall” untuk menghapus program.
6+ Cara Mengatasi LibMySQL dll is Missing di Windows 2
  • Setelah berhasil menghapus program, unduh program tersebut dari sumber yang sah dan install ulang seperti biasa.
  • Setelah selesai menginstal, restart komputer Anda dan coba jalankan kembali program yang tadinya menampilkan pesan error.

Untuk referensi lain, silakan cek berikut:

Mudah bukan cara mengatasi libmysql dll is missing di windows? Sekarang tinggal anda yang mencobanya sendiri dan pastikan mengikuti langkah-langkah sesuai panduan di atas.