Apa saja penyebab Windows Explorer has stopped working sering muncul ? Ada beberapa diantaranya yang akan dibahas di artikel berikut.

Windows Explorer atau File Explorer adalah aplikasi bawaan pada sistem operasi Windows yang berfungsi untuk mengelola file dan folder pada komputer Anda. Namun, seringkali pengguna Windows mengalami masalah dengan Windows Explorer yang berhenti merespons atau berhenti bekerja sama sekali. Masalah ini dapat sangat mengganggu dan dapat menyebabkan kerugian bagi pengguna, terutama jika ada pekerjaan penting yang perlu diselesaikan.

Jika kamu mencari cara mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working, bisa cek artikel berikut:

https://tumeskecil.com/cara-mengatasi-windows-explorer-has-stopped-working-di-windows

5+ Penyebab Windows Explorer Has Stopped Working dan Not Responding di Windows 7, 8, 10, dan 11

Ada beberapa penyebab windows explorer has stopped working, not responding atau berhenti bekerja dan tidak bisa dibuka, dan dalam artikel TumesKecil kami akan membahas beberapa penyebab paling umum dari masalah tersebut.

Virus atau Malware

Penyebab Windows Explorer Has Stopped Working

Salah satu penyebab paling umum dari Windows Explorer yang berhenti bekerja adalah karena virus atau malware yang terinfeksi pada komputer Anda. Virus dan malware dapat merusak file sistem dan mengganggu kinerja komputer, termasuk Windows Explorer. Oleh karena itu, pastikan komputer Anda terlindungi dengan antivirus dan software keamanan lainnya.

Konflik dengan Program Lain

Windows Explorer seringkali berhenti bekerja jika terjadi konflik dengan program lain pada komputer Anda. Masalah ini dapat terjadi jika Anda menginstal program yang tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows atau program yang memerlukan banyak sumber daya. Jika Windows Explorer berhenti bekerja setelah menginstal program baru, cobalah untuk menghapus program tersebut dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Baca :   20+ Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 7, 8, 10, dan 11 (Not Responding)

File Rusak atau Korup

kenapa Windows Explorer Has Stopped Working

File yang rusak atau korup juga dapat menyebabkan Windows Explorer berhenti bekerja. Hal ini terutama terjadi jika file sistem Windows rusak atau korup. Jika Windows Explorer berhenti bekerja secara teratur, coba jalankan perintah “sfc /scannow” di Command Prompt untuk memeriksa dan memperbaiki file sistem Windows yang rusak atau korup.

Masalah pada Driver

Driver yang rusak atau tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows juga dapat menyebabkan Windows Explorer berhenti bekerja. Jika Windows Explorer berhenti bekerja setelah menginstal driver baru, cobalah untuk mengembalikan driver ke versi sebelumnya atau mengunduh versi terbaru dari situs web produsen hardware.

Masalah pada Registry

Penyebab Windows Explorer not responding

Registry adalah bagian penting dari sistem operasi Windows yang menyimpan informasi tentang konfigurasi dan pengaturan program pada komputer Anda. Registry yang rusak atau korup dapat menyebabkan masalah pada Windows Explorer. Untuk memperbaiki masalah ini, cobalah untuk menjalankan utilitas Registry Cleaner atau mengembalikan registry ke titik pemulihan sebelum masalah terjadi.

Kesimpulan

Windows Explorer yang berhenti bekerja dapat sangat mengganggu dan dapat menyebabkan kerugian bagi pengguna. Beberapa penyebab Windows Explorer has stopped wrking sering muncul yang paling umum dari masalah ini adalah virus atau malware, konflik dengan program lain, file yang rusak atau korup, masalah pada driver, dan masalah pada registry. Dalam kebanyakan kasus, masalah ini dapat diatasi dengan menginstal pembaruan sistem operasi Windows, menjalankan utilitas sistem, atau menghapus program yang tidak kompatibel. Namun, jika masalah tetap berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan ahli IT untuk mem