Penting mengamankan privasi facebook. Bagaimana Cara Meninjau Pengaturan Privasi Facebook ? simak terus artikelnya.

Enam belas tahun, adalah usia Facebook saat ini. Artinya, Facebook telah menemani sebagian besar kenangan Anda dari remaja hingga dewasa. Tentu hal tersebut adalah prestasi yang fantastis karena biasanya situs web dan layanan daring lainnya cenderung kehilangan popularitas dalam beberapa tahun, MySpace dan Friendster contohnya. Facebook telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia dan ada banyak sekali perubahan dalam dekade ini.

Jika Anda menggunakannya, Anda perlu memahami semua pengaturan privasi yang tersedia. Facebook memiliki akses ke informasi pribadi, dan Anda dapat membatasinya. Banyak aplikasi dan situs menggunakan akun Facebook Anda demi kemudahan akses, menyinkronkan preferensi, fitur sosial, dan personalisasi iklan.

Masalahnya adalah hal tersebut memberi semua aplikasi akses ke informasi yang ada di akun Anda. Privasi merupakan perhatian besar kini, akses informasi menjadi penyebab kekhawatiran tersendiri. Inilah mengapa layanan VPN kini memiliki banyak peminat karena digadang-gadang mampu melindungi data pribadi.

Mengapa Anda harus melindungi privasi segera?

Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak skandal mengenai pelanggaran informasi, penjualan data, dan transparansi data. Facebook sendiri terbukti telah mengumpulkan banyak data penggunanya, bahkan saat Anda tidak sedang membuka situs ini. Ratusan ribu aplikasi, situs web, dan layanan lainnya mengirimkan banyak informasi kepada perusahaan lain mengenai apa yang Anda lakukan dalam internet, dan terkadang bahkan apa yang Anda lakukan di dunia nyata.

Saat Anda menggunakan aplikasi Facebook atau membiarkan aplikasi bekerja di latar belakang, perusahaan dapat mengumpulkan data tentang lokasi Anda untuk penargetan iklan. Tentu ini merupakan risiko karena membuka kemungkinan akan serangan Adware.

Tak hanya itu, Facebook juga terkenal mengumpulkan potret wajah Anda tanpa sepengetahuan Anda!. Facebook mengatakan bahwa pengenalan wajah adalah alat yang berguna untuk menandai teman di foto dan fitur lainnya, seperti mengenali akun palsu.

Baca :   6 Cara Menghubungkan HP ke TV LCD dengan dan Tanpa Kabel

Namun menurut berita, Facebook telah banyak berinvestasi dalam teknologi pengenalan wajah dan sedang mencari data untuk mendapatkan laba dari fitur tersebut. Mengizinkan perusahaan untuk melacak dan menyimpan data Anda dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak terduga, jadi Anda harus mengambil langkah untuk melindungi data Anda. Lalu, bagaimana melindungi akun Facebook Anda dari penyalahgunaan privasi? Simak di bawah ini.

Sembunyikan akun Anda

Cara Meninjau Pengaturan Privasi Facebook

Saat Anda membuat akun Facebook, Anda secara otomatis menerapkan pengaturan standar. Salah satu imbas dari pengaturan tersebut adalah mengizinkan profil Anda muncul di pencarian Google. Tentu ini bukan sesuatu yang baik karena membiarkan seluruh data diri Anda terekspos di mesin pencari sama saja membiarkan maling untuk masuk ke rumah Anda. Berita baiknya, Anda dapat mengubah pengaturan Facebook untuk membuat profil tidak mudah dicari dalam Google. Cara untuk membatasi akun Facebook yaitu:

  1. Buka pengaturan dalam Facebook dan masuk ke tab Privasi.
  2. Pada opsi “Apakah Anda ingin mesin telusur menautkan profil Anda”, pilih Edit.
  3. Kemudian pada kotak centang di bagian bawah, klik Matikan.
  4. Pada halaman yang sama, pilih “Siapa yang dapat mencari Anda menggunakan nomor telepon?” ganti menjadi Hanya saya
  5. Pada pertanyaan “Siapa yang dapat mencari Anda menggunakan alamat email?” ganti menjadi Hanya saya.
  6. Untuk membatasi unggahan, pada pertanyaan “Siapa yang dapat melihat kiriman Anda selanjutnya?” pilih Hanya saya.
  7. Setelah itu tekan “Batasi Posting Sebelumnya”.

Matikan layanan lokasi

Sumber data yang paling akurat untuk dikontrol adalah pengaturan layanan lokasi perangkat Anda. Facebook mengakui jika menggunakan informasi koneksi jaringan dan layanan lokasi untuk tujuan periklanan. Tetapi apabila Anda mencabut izin lokasi aplikasi, data yang tersedia untuk perusahaan tersebut akan kurang akurat.

Mematikan lokasi Facebook pada iPhone:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah untuk menemukan Facebook.
  3. Kemudian pada opsi Lokasi, ubah menjadi Jangan pernah.
Baca :   Cara Menghapus Banyak Aplikasi Sekaligus Tanpa Root di Android dan iOS

Mematikan lokasi Facebook pada Android:

  1. Buka pengaturan dan pilih Lokasi
  2. Kemudian pada opsi Akses aplikasi ke lokasi, cari Facebook.
  3. Setelah itu ganti menjadi Tolak. (Instruksi ini mungkin sedikit berbeda tergantung ponsel yang Anda miliki.

Matikan pengenalan wajah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Facebook berencana untuk menarik profit dari potret wajah Anda. Untuk mematikan fitur pengenalan wajah Facebook, lakukan langkah di bawah ini.

  1. Klik panah bawah di kanan atas halaman beranda Facebook.
  2. Buka Pengaturan & Privasi.
  3. Pilih Pintasan Privasi.
  4. Pada Kontrol pengenalan wajah, klik Edit dan pilih Tidak.

Kontrol iklan bertarget

Sebenarnya, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menyembunyikan informasi pribadi pada layanan pemasaran Facebook. Perusahaan ini hanya memberi Anda beberapa pengaturan untuk mengontrol aspek-aspek tertentu dalam sistem iklan Facebook, berikut langkahnya:

  1. Buka Pengaturan dan pilih Iklan.
  2. Pada Pengaturan iklan, pilih Data.
  3. Cari pernyataan “Pilih data tentang aktivitas Anda dari partner” dan nonaktifkan saklar.

Batasi pelacakan aktivitas pada situs lain

Kegiatan pengumpulan data yang dilakukan Facebook tidak berhenti sampai Anda keluar dari aplikasi. Apabila Anda mengunjungi situs web yang menggunakan layanan Facebook seperti Login melalui Facebook, bagikan ke Facebook, maka tanpa disadari Anda telah memberikan info pada Facebook tentang apa yang Anda lakukan pada situs web tersebut. Entah Anda menggunakan fitur tersebut atau tidak, data Anda akan tetap dikumpulkan secara otomatis.

Lalu, bagaimana cara menghentikannya?. Hingga saat ini belum ada cara yang instan untuk menghentikan tindakan tersebut. Namun, Anda dapat memasang ekstensi pemblokiran iklan pada peramban untuk mengganggu upaya Facebook melacak Anda secara online. Cara lainnya adalah dengan menggunakan tab penyamaran atau mengaktifkan VPN (https://nordvpn.com/id/download/) setiap kali Anda menjelajah internet.

Itu tadi 5 Cara Meninjau Pengaturan Privasi Facebook. Lakukan langkah-langkah di atas agar privasi akun Facebook kamu selalu aman ya sob!