iPhone merupakan salah satu smartphone yang harga nya tidak murah. Bahkan biaya reparasinya saja termasuk tinggi dibandingkan dengan reparasi smartphone lainnya. Namun, sebaik dan sehati-hati apapun penggunanaanya, terkadang hal buruk tidak bisa terhindarkan.

Hal terburuknya adalah ada masalah dengan hardware yang membuat kita mau tidak mau harus mengunjungi tempat service iPhone. Namun, jika itu terjadi, pastikan tempat service anda terpercaya, bergaransi dan ahli dalam service seperti ServiceIphoneBandung 

Berikut adalah cara menyiapkan iPhone untuk diservice.

Cara Menyiapkan iPhone Sebelum Dibawa Ke Tempat Service

Berikut adalah hal yang perlu dilakukan sebelum iphone dibawa ke tempat servis :

Cadangkan Data

Saat, iPhone bukan hanya sekadar alat komunikasi atau hiburan saja. Lebih dari itu, dia seakan membawa separuh hidup penggunanya. Dari mulai email pribadi dan bisnis, eBanking, momen-momen penting yang tersimpan di aplikasi Photos, semua dikemas dalam dalam sebuah iPhone. Tidak bisa dibayangkan jika semua hal penting tersebut hilang.

Oleh karena itu, melakukan backup data iPhone secara berkala itu wajib. Ketika iPhone mengalami masalah dan harus dibawa ke tempat reparasi, hal ini menjadi lebih penting lagi. Beberapa proses perbaikan bisa menyebabkan hilangnya data.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk membuat cadangan data iPhone, yaitu dengan iCloud, iTunes, dan sebagainya. Mencadangkan data iPhone ke iCloud adalah yang paling mudah dan cepat, tetapi membutuhkan koneksi Internet yang stabil. Di iPhone, buka Settings > Nama kamu > iCloud > iCloud Backup > Backup Now. Tunggu hingga proses backup selesai.

Hapus Foto Dan Kontak

Setelah semua data iPhone tersimpan di iCloud, komputer, atau tempat lainnya, sebaiknya hapus semua konten di iPhone. Terutama konten yang bersifat pribadi dan sensitif, seperti foto, video, kontak, file bisnis, dan sebagainya.

Baca :   Cara Download Gambar dan Video di Instragram Tanpa Aplikasi dan Aplikasi di Android

Matikan Fitur Find My iPhone

Sebelum dibawa ke tempat service iPhone, teknisi Apple biasanya meminta pengguna untuk mematikan fitur Find My iPhone.

  1. Buka Settings di iPhone.
  2. Ketuk nama kamu.
  3. Ketuk bagian iCloud
  4. Di halaman iCloud, cari Find My (iPhone) dan matikan.
  5. Masukan password Apple ID dan ketuk Turn Off.

Bagaimana jika Find My iPhone tidak bisa diakses melalui iPhone, misal karena terdapat masalah Lcd iphone atau touchscreen? Ada metode lain untuk mematikan fitur Find My iPhone yaitu melalui iCloud.com.

  1. Buka browser di komputer dan masuk ke iCloud.com.
  2. Masukan Apple ID yang digunakan untuk iPhone beserta password nya.
  3. Klik bagian Find My iPhone.
  4. Klik All Devices yang terdapat di bagian tengah atas layar.
  5. Pilih device yang diinginkan yaitu iPhone, lalu klik Erase iPhone.

Sign out iCloud Dan iTunes Store

Sebelum dibawa ke tempat service iPhone, pastikan kamu sudah sign out dari iCloud dan iTunes Store. Begitu sign out dari iCloud, secara otomatis kamu juga sign out dari App Store, iMessage, FaceTime, dan sebagainya. Dengan begitu, orang lain tidak bisa mengakses aplikasi-aplikasi tersebut, termasuk ApplePay, Apple Cash, dan Apple Card.

Cara sign out dari iCloud:

  1. Buka Settings iPhone
  2. Ketuk nama kamu
  3. Di halaman berikutnya, tarik layar ke atas. Di bagian paling bawah terdapat tombol Sign Out, lalu ketuk.
  4. Masukan password Apple ID, dan ketuk Turn Off.
  5. Pilih data, lalu ketuk Sign Out.
  6. Terakhir, ketuk Sign Out lagi untuk konfirmasi.

Cara Sign Out iTunes Store:

  1. Masuk ke aplikasi Settings iPhone.
  2. Ketuk Apple ID kamu (dibagian paling atas layar)
  3. Ketuk Sign Out.

Apabila di iPhone terdapat aplikasi yang berhubungan dengan perbankan seperti eBanking, fintech, online shop, dan lain-lain, disarankan untuk sign out juga.

Baca :   10+ Cara Memperbaiki File Excel yang Tidak Bisa Disimpan / Disave

Hapus iPhone

Cara yang lebih aman lagi sebelum membawa iPhone ke tempat service adalah dengan menghapus iPhone. Dengan melakukan ini, semua konten yang pernah didownload dan semua pengaturan yang pernah kamu buat akan dikembalikan ke pengaturan pabrik.

Konsekuensinya, semua data, aplikasi yang pernah pernah didownload, dan sebagainya akan terhapus. Tetapi karena kamu sudah melakukan cadangan data sebelumnya, tentu hal tersebut tidak masalah, bukan?

Cara menghapus iPhone:

  1. Buka Settings iPhone, lalu pilih General
  2. Di halaman berikutnya, ketuk Reset.
  3. Pilih Erase All Content and Settings.

Tunggu hingga proses penghapusan selesai dan iPhone akan me-restart.