Belanja online merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang dijaman internet of things (IOT) sekarang ini, hal tersebut dikarenakan orang-orang saat ini lebih suka berbelanja online dikarenakan berbelanja online lebih mudah dilakukan, hemat waktu, dan memiliki banyak promo. Belanja online bisa dilakukan melalui perangkat desktop, bahkan HP yang membuatnya menjadi sangat mudah dilakukan.

Karena kemudahannya tersebut, sekarang banyak orang-orang yang lebih memilih untuk berbelanja online daripada belanja di mall atau toko-toko. Bahkan sekarang orang-orang yang belum pernah berbelanja online pun tertarik untuk berbelanja online, namun seringkali orang-orang yang belum pernah berbelanja online bingung mengenai cara dan proses belanja online, untuk itu kali ini admin pada artikel kali ini akan membahas mengenai panduan cara mudah berbelanja di Shopee untuk pemula.

Berbelanja online di shopee bisa dilakukan melalui situs shopee sendiri namun karena berbelanja online di shopee lebih mudah dilakukan melalui aplikasinya maka kali ini saya akan membahas bagaimana cara belanja di shopee menggunakan aplikasi shopee.

cara belanja di shopee

Ngomong-ngomong saya sendiri sudah pernah berbelanja di Bukalapak dan Tokopedia, namun lebih sering berbelanja di Shopee dikarenakan banyak promo gratis ongkir dan cashback yang sangat menguntungkan. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut Tumeskecil bagikan cara belanja di shopee untuk pemula:

Cara Belanja di Shopee dengan Mudah

Untuk cara belanja di Shopee sendiri saya bagi menjadi 3 tahapan, silahkan simak masing-masing tahapannya ya.

A. Mencari dan membeli barang yang diinginkan



Pertama, download dan install aplikasi Shopee. Anda bisa mendownload aplikasi shopee di PlayStore apabila anda menggunakan Android dan di AppStore apabila anda menggunakan iOS.

Kedua, disini saya anggap anda sudah mendownload dan menginstal aplikasinya. Buka aplikasi Shopee dan buka menu “Saya” > pilih “Daftar” untuk daftar akun Shopee apabila anda belum punya akun Shopee.

Isi detail pendaftaran seperti email dan lain-lain, anda juga bisa menggunakan akun Facebook dan nomor telepon untuk pendaftaran. Namun jika sudah mempunyai akun Shopee maka saya sarankan memilih opsi “Login”untuk mempersingkat proses.

cara belanja di shopee

Ketiga, cari barang yang ingin anda beli di kolom pencarian dan pilih barang yang ingin anda beli.

Keempat, baca terlebih dahulu detail produk beserta ulasannya untuk menghindari bareng berkualitas rendah, apabila sudah mantap maka tinggal tekan “beli sekarang”, pilih jumlah beserta varian produknya apabila tersedia beberapa varian produk.

Kelima, pastikan barang yang tercentang merupakan barang yang ingin anda bayar. Masukkan kode promo atau voucher apabila anda ingin melakukan pembelian dengan promo, jika sudah maka tinggal tekan tombol “Checkout”.

Keenam, masukkan detail alamat pengiriman dan juga jasa pengiriman yang anda ingin gunakan. Disini saya sengaja mensensor alamat pengiriman yang merupakan alamat rumah saya demi privasi.

Ketujuh, pilih metode pembayaran yang anda ingin gunakan, disini anda bisa menggunakan metode pembayaran yang tersedia. Namun disini saya menggunakan metode pembayaran Alfamart karena ATM jauh dari rumah saya dan pembayaran dari Alfamart lebih simpel dan memiliki resiko yang lebih sedikit menurut saya, kalo transfer kan takutnya salah transfer lalu duit hilang, haha, maklum saya jarang ke ATM.

cara belanja di shopee via alfamart

Note :

  • Apabila anda ingin menggunakan metode pembayaran lain anda bisa melihatnya di Cara Pembayaran Shopee Lengkap . Apabila anda ingin menggunakan metode pembayaran ShopeePay agar proses pembayaran lebih simpel dan cepat maka sebaiknya anda baca terlebih dahulu Cara top Up ShopeePay agar tidak bingung di Cara Top Up ShopeePay Terlengkap

Kedelapan, jika sudah mantap dengan detail pembayaran pesanan yang akan dilakukan maka tinggal tekan “Buat Pesanan

Kesembilan, anda diharuskan memverifikasi nomor telepon, tekan saja “OK”. Ini karena ini adalah pembelian pertamamu dengan akun ini. Untuk next pembelian, kamu tidak perlu verifikasi lagi.

Kesepuluh, masukkan nomor telepon anda yang aktif, kemudian tekan “Lanjutkan”.

Kesebelas, masukkan kode verifikasi (OTP) yang telah dikirimkan ke nomor telepon anda (berupa SMS), kemudian tekan tombol “Verifikasi

Kedua belas, cek kembali detail pembayaran pesanan seperti alamat pengiriman, jasa pengiriman, metode pembayaran, dan total pembayaran, jika sudah yakin tidak ada yang salah maka selanjutnya tinggal pilih “Buat Pesanan”.

Ketiga belas, anda akan mendapatkan info pembayaran berupa kode pembayaran beserta langkah-langkah pembayarannya. Langkah-langkah pembayarannya simpelnya anda tinggal ke Alfamart dan bilang saja ingin membayar pesanan Shopee kepada kasir Alfamart, lalu tunjukkan kode pembayaran pesanan Shopee anda ke kasir Alfamart. cara belanja di shopee via alfamart

cara belanja di shopee via alfamart

B. Melacak pengiriman pesanan

Jika sudah melakukan pembayaran, pembayaran akan secara otomatis terverifikasi, jadi anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran.

Yang perlu anda lakukan sekarang hanyalah menunggu paket kiriman anda datang, anda tidak perlu takut tertipu karena uang yang anda bayarkan tidak akan diberikan ke penjual sebelum paket kiriman anda terima.

Namun jika anda tidak sabar, anda bisa menghilangkan rasa tidak sabar tersebut dengan cara masuk ke menu “Saya” lalu tekan pada “Pesanan Saya”, disitu anda bisa melacak pesanan anda dan berbincang-bincang dengan penjual mengenai pesanan anda, tapi jangan sampai nanya jodoh ya, hehe

C. Paket pesanan anda sudah datang

Paket pesanan anda akan datang sesuai dengan perkiraan waktu estimasi pengiriman, apabila estimasi pengiriman 2-3 hari maka pesanan anda akan datang setelah 2-3 hari.

Setelah barang sampai jangan lupa cek kondisi dan kualitas barang, apabila berbeda dengan yang dijanjikan penjual maka anda bisa mengajukan pengembalian barang. Apabila perlu silahkan rekam proses pembukaan dan pengecekan barang agar anda memiliki bukti yang kuat saat akan mengajukan pengembalian barang (refund) apabila barang memiliki cacat.

Akhir kata

Demikian pembahasan saya mengenai panduan lengkap Cara Belanja di Shopee Sampai Barang Datang untuk pemula yang belum pernah berbelanja dishopee, apabila ada yang ingin ditanyakan maka bisa anda tanyakan dikolom komentar, insyaallah akan saya balas semua komentar yang ada.
Sekian.