Sudah banyak sekali pengguna PlayStation/PS 5 dan PS4 yang mengalami masalah pada perangkat konsolnya yang sering lag dan tiba-tiba mati sendiri. Sebenarnya kondisi semacam ini sudah terjadi dari waktu ke waktu bahkan sejak perangkat konsol sebelum versi PS3. Lalu, bagaimana cara mengatasi PS lag dan mati sendiri ?

Gejala yang muncul biasa terjadi saat pengguna sedang memainkan game online yang mana perangkat akan melambat dan seiring waktu akan mengalami lemot. Selain itu biasanya diikuti dengan tiba-tiba mati sendiri maupun merestart sendiri. Jika sedang enak-enaknya bermain game online lalu hal semacam ini terjadi tentu menjengkelkan bukan?

Penyebab PS Lag dan Mati Sendiri

Untuk mengatasi masalah semacam ini kita perlu mengetahui penyabab pastinya terlebih dahulu. Karena seharusnya berbagai game yang terinstall sudah disesuaikan dengan spek dari perangkat PS5/PS4 itu sendiri sehingga tidak akan mengganggu performanya. Lantas apa saja yang menjadi penyebab utama PS5/PS4 lag dan freezing? Ini dia beberapa diantaranya:

  • HDD (Hard Disk Drive) yang penuh atau rusak
  • Masalah dan bug pada firmware
  • Eror pada database
  • Cache yang bermasalah
  • Koneksi internet yang lemah
  • Sistem yang sudah usang

Cara Mengatasi PS Lag dan Mati Sendiri

Berikut adalah beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk cara mengatasi PS lag dan mati sendiri

Metode 1: Mengecek Hard Disk Drive

Hard Disk yang sudah rusak akan menyebabkan performa sistem menurun secara konsisten dari waktu ke waktu. Jadi langkah pertama yang perlu kamu lakukan bila PS4 dan PS5 nya mengalami lag atau freeze adalah dengan mengecek kondisi hard disk apakah terjadi kerusahakan, data yang penuh, ataupun masalah lainnya.

Baca :   9 Cara Mengatasi Google Drive Limit Notifikasi "Maaf Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang"

Salah satu tanda umum yang menunjukan gejala kerusakan disk adalah terdengar bunyi yang tidak biasa serta kadang kala muncul peringatan pada sistem. Untuk mengecek kondisi hard disk drive maka ikuti langkah berikut ini:

  1. Matikan PS dengan menekan tombol power selama kurang lebih 7 detik sampai terdengar suara dua bip yang menunjukan bahwa PS sudah sepenuhnya dinonaktifkan.
  2. Lepaskan kabel power dan kabel lain yang terhubung dengan perangkat konsol
  3. Geser penutup hard disk (bagian yang tampak mengkilap) ke samping kiri untuk membukanya
  4. Cek hard drive secara menyeluruh apakah terjadi kerusakan atau tidak. Bila perlu maka harus segera diganti dan jangan ditunda tunda lagi. Ingat bahwa jika kamu berencana mengganti hard disk maka kamu harus menginstal sistem software yang baru juga.

Berikut ada tutorial video yang mungkin bisa kamu cek fdan membantu masalahmu:

Metode 2: Hapus Data Memori yang Tidak Terpakai

Dengan membebaskan ruang memori maka sistem akan berjalan normal kembali sehingga bisa digunakan untuk mengatasi PS5/PS4 lag dan mati sendiri. Performa sistem pun akan stabil serta meningkat apabila semakin banyak ruang bebas yang dimiliki. Untuk melakukannya silakan ikuti langkah berikut:

1. Klik Settings pada halaman utama sistem PS

2. Klik System Storage Management

3. Pilih beberapa kategori berikut untuk informasi lebih lanjut:

  • Applications
  • Themes
  • Application Saved Data
  • Capture Gallery

4. Pilih konten yang tidak terpakai yang ingin kamu hapus

5. Klik tombol Options lalu klik Delete

Ingat bahwa data yang kamu hapus nantinya mungkin tidak bisa di restore. Jadi pastikan untuk memilih data yang memang tidak terpakai. Contohnya pada kategori Application Saved Data yang berisikan semua konten tersimpan dari game termasuk cache yang bermasalah. Dengan menghapus beberapa pada Application Saved Data maka bisa game dapat dibuka dengan lancar tanpa lag dan freeze lagi.

Baca :   Cara Melihat dan Menghapus History Aktivitas Windows 10

Metode 3: Mengoptimalkan Koneksi Internet

Sebenarnya koneksi internet yang lemah tidak akan sampai membuat perangkat PS5/PS4 lag parah hingga mati sendiri. Walau begitu hal ini membuat permainan jadi agak lambat dan dapat keluar sendiri.

Cara pertama yang TumesKecil rekomendasikan adalah dengan mengubah wifi frequency ke entah itu 5 GHz atau 2.4 GHz sesuai spesifikasi router Wifi kamu. Ini dikarenakan juika kamu dalam mode automatic, seringkali frekuensinya berubah-ubah dan ini membuat PS5/PS4 kamu menjadi lag.

TumesKecil sarankan kamu ubah ke 5 GHz jika PS5/PS4 diakomodasi oleh internet lewat kabel ethernet. Jika menggunakan router wifi, bisa memilih sesuai spesifikasi/settingan Wifinya.

Cara Mengatasi PS Lag dan Mati Sendiri

Selain trik di atas, Agar permainan bisa optimal tanpa lag dengan gameplay yang mulus maka ikuti juga metode pengoptimalan koneksi internet berikut ini:

  • Gunakan koneksi ethernet via jaringan WiFi jika tersedia
  • Gunakan provider internet yang memiliki kecepatan terbaik di lokasi kamu berada
  • Gunakan DNS tercepat dan terstabil
  • Gunakan VPN premium jika memungkinkan
  • Gunakan Wifi Signal Booster
  • Pindahkan lokasi PS5/PS4 kamu ke tempat yang deka dengan router / modem

Ada 2 hal lagi yang bisa digunakan untuk membantu mempercepat koneksi internet. Diantaranya adalah:

a)     Menyetel Port Forwarding

Port forwarding atau pengalihan port mampu membantu koneksi menjadi lebih cepat. Ikuti cara berikut ini untuk melakukannya:

  1. Buka laptop atau komputer dengan jaringan yang sama dengan router yang digunakan untuk PS5/PS4
  2. Kunjungi alamat IP 192.168.1.1 pada browsermu (alamat IP tergantung dari masing-masing pengaturan router)
  3. Cari dan pilih port forwarding pada menu pengaturan
  4. Pilih IP address dari sistem PS. Dapat dicari pada Settings > Network > View Connection Status
  5. Buat aturan UDP dan TCP port forwarding dengan menuliskan nomor berikut: 80, 443, 1935, 3478, 3479, 3480
  6. Ingat untuk menggunakan NAT tipe 2.

b)     Konfigurasi Nameserver

Teknik ini adalah dengan mencoba menghubungkan ke nameserver yang paling cepat. Jadi mungkin kamu perlu mengulang proses ini secara berkala karena nameserver yang muncul akan berubah-ubah.

  1. Download dan jalankan Google’s Namebench pada perangkat Windows kamu . Software ini berguna untuk membenchmark semua nameserver yang tersedia dan memilih salah satu yang terdekat dan tercepat. Untuk mendownloadnya silakan kunjungi link resminya berikut: https://code.google.com/p/namebench/
  2. Buka PS5/PS4 lalu kunjungi Settings > Network > Set up Internet Connection
  3. Pilih Use Wifi or Use a LAN Cable tergantung dari jaringan yang terhubung
  4. Klik Custom > Automatic > Do not Specify > Manual
  5. Masukan nomor nameserver sesuai yang muncul pada aplikasi Namebench
  6. Pilih Automatic > Do not Use
Baca :   24+ Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop, HP, dan Router (Indihome, Biznet, First Media, dll)

Metode 4: Rebuild Database

Semakin lama PlayStation digunakan serta semakin banyak game yang dimainkan maka semakin banyak tumpukan database yang ada dalam sistem. Hal ini bisa menyumbat kerja sistem yang akan menyebabkan perangkat menjadi lambat dengan kinerja yang tidak efisien. Dengan melakukan rebuild database maka diharapkan bisa mengatasi PS yang lag dan mati sendiri.

  1.  Nonaktifkan PS dengan cara menekan tombol power selama kurang lebih 7 detik sampai terdengar suara dua bip yang menunjukan bahwa PS sudah sepenuhnya mati
  2. Masuk dalam Safe Mode Boot dengan cara menekan tombol power selama 7 detik hingga terdengar suara dua bip seperti sebelumnya
  3. Hubungkan DualShock 4 controller yang kamu miliki menggunakan kabel USB ke dalam PS. Cara tersebut dilakukan karena saat ini Bluetooth yang lebih simpel sudah tidak bisa digunakan di Safe Mode
  4. Skrol dan cari Rebuild Database lalu klik
  5. Tunggu sistem melakukan scanning dan membuat database baru pada semua konten

Proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama tergantung dari seberapa besar database yang ada.

Metode Lain Cara Mengatasi PlayStation Lag dan Mati Sendiri

  • Memperbarui sistem ke versi terupdate
  • Hubungi pihak penjual / retailer jika masih dalam masa garansi
  • Pastikan sirkulasi udara pada ventilasi lancar
  • Reboot paksa perangkat jika mati sendiri dengan cara Tekan dan tahan tombol power minimal selama 7 detik (hinggga sistem berbunyi bip dua kali).

Demikian beberapa cara mengatasi PS lag dan mati sendiri yang dapat kamu lakukan. Trik ini bisa dilakukan pada PS3, PS4, dan PS5 juga. Semoga bermanfaat!