Sebenarnya bagaimana Cara Mengatasi Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled Discord ?

Discord adalah platform komunikasi online yang sangat populer di kalangan gamer dan komunitas online. Dalam Discord, pengguna dapat bergabung dalam server dan saluran suara atau teks untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah saat mencoba mengirim pesan di saluran tertentu di Discord.

Salah satu masalah umum yang sering muncul adalah “Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled”. Pesan kesalahan ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk pengaturan server yang salah atau masalah teknis di sisi pengguna.

Saat hendak mengirimkan pesan ke suatu channel Discord terkadang kita mendapatkan pesan yang berbunyi “Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled”. Begitupun dengan masalah tidak mendengarkan apapun di Discord. Error semacam ini biasanya disebabkan oleh masalah server pada Discord sehingga konektivitas terganggu.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Pertama-tama, pastikan bahwa Anda memiliki izin untuk mengirim pesan di saluran tersebut. Beberapa server Discord mungkin memiliki batasan yang berbeda-beda untuk anggota dan peran, sehingga mungkin saja Anda tidak memiliki izin untuk mengirim pesan di saluran tertentu.

Baca :   4 Cara Menjual Hasil Foto Lewat Internet

Jika ini masalahnya, mintalah bantuan dari admin server untuk memperbaikinya. Selain itu, pastikan bahwa akun Discord Anda sudah diverifikasi dan tidak terkena pembatasan yang diberlakukan oleh Discord. Kadang-kadang, Discord dapat membatasi pengiriman pesan sementara waktu jika mereka mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, seperti spam atau perilaku tidak pantas.

4 Penyebab Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled pada Discord

Sejauh pengalaman dari para pengguna yang mengalami hal serupa, error semacam ini diakbiatkan oleh kedua hal berikut:

Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled Discord
  • Kesalahan Server: dalam beberapa kasus, error pada server Discord disebabkan oleh dua hal yakni maintenance atau perawatan server dan down akibat terlalu banyak pengunjung maupun karena kerusakan server. Bila server sedang mengalami error maka selain tidak dapat mengirimkan pesan kita juga tidak dapat login ke akun Discord nya.
  • Koneksi internet: saat mengirimkan pesan tiba-tiba koneksi internet melemah juga bisa jadi penyebab gagal mengirimkan pesan. Selain itu perubahan DNS secara tiba-tiba atau konfigurasi private network yang salah juga bisa jadi alasan dari error “Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled”.
  • Tidak diizinkan oleh admin: Ada beberapa channel dari server tersebut yang memang tidak diizinkan oleh admin server Discord untuk mengirim pesan/chat, atau hanya orang-orang tertentulah yang bisa mengirim. Jadi, pahami mengenai hal ini juga.
  • Terindikasi adanya spam: Ada beberapa settingan yang bisa digunakan oleh admin server Discord salah satunya adalah mengatur server jika ada spammer, yakni pengguna yang melakukan aktivitas melakukan pesan berulang terus-menerus.
  • Adanya bug: Bug adalah sesuatu yang normal pada aplikasi apapun. Jika ini terjadi.

8 Cara Mengatasi Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled Discord

Ada beberapa Cara Mengatasi Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled Discord yang bisa kita lakukan untuk mengatasi error pada Discord apabila diakibatkan oleh kesalahan dari server. Namun beberapa cara berikut setidaknya bisa anda coba.

Baca :   Cara Mengaktifkan Mode Game di Xiaomi Biar Ngegame Makin Dewa!

➤ Metode 1: Coba Tunggu Beberapa Saat

Saat Pertama-tama, jika Anda menerima pesan kesalahan “Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled”, coba tunggu beberapa saat sebelum mencoba mengirim pesan lagi. Kadang-kadang pesan ini muncul karena Discord mengalami masalah teknis yang akan segera diperbaiki. Jika Anda menunggu beberapa saat dan mencoba mengirim pesan lagi, maka masalahnya mungkin sudah teratasi.

➤ Metode 2: Cek Status Layanan

Disini kita akan menggunakan suatu fitur untuk mengecek status layanan apakah aktif atau tidak karena ini berkaitan dengan Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled Discord. Cara kerjanya ialah dengan melakukan ping ke server untuk menganalisa kondisi uptime server layanan Discord mulai dari operasionel sistem proxy, API, hingga gateway.

  1. Buka browser yang biasa anda gunakan
  2. Kunjungi link berikut https://status.discordapp.com
  3. Cek pada bagian All System Operational
  4. Jika uptime > 99% maka tandanya server normal
8+ Cara Mengatasi Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled Discord 2

Apabila server normal tapi kita tidak dapat mengirimkan pesan ke suatu channel maka besar kemungkinan masalahnya ada pada koneksi internet kita. Untuk itu kita perlu melakukan beberapa tindakan seperti yang diulas pada tips berikutnya.

➤ Metode 3: Konfigurasi Ulang Setelan DNS

Pengaturan DNS yang tidak valid akan mencegah perangkat terhubung dengan jaringan internet. Untuk membuat DNS kembali normal maka kita perlu melakukan konfigurasi ulang seperti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Run Prompt dengan menekan tombol Windows dan tombol R bersamaan
  2. Ketikan ncpa.cpl lalu klik OK
  3. Klik kanan jaringan internet yang sedang digunakan pada tab Networking
  4. Klik properties
  5. Dobel klik pada pilihan item berupa Internet Protocol Version 4 (IPV4)
  6. Centang pada pilihan Use the following DNS Server Adresses
  7. Ketikan 8.8.8.8 pada preferred DNS dan 8.8.4.4 pada Alternate DNS
  8. Klik OK lalu cek apakah masalah sudah beres atau belum
Cara Mengatasi Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled Discord DNS

➤ Metode 4: Mengubah Jaringan Internet

Dalam beberapa kasus, koneksi internet yang sedang di gunakan akan mencoba mencegah koneksi ke server Discord. Hal ini bisa jadi karena setelan DNS, pengaturan VPN, setelan dari pihak provider, ataupun diblokir oleh pemilik wifi.

Baca :   11+ Cara Mengatasi Discord Tidak Bisa Dibuka di Laptop Windows dan Mac

Jika hal ini terjadi maka coba hubungkan perangkat komputer anda dengan jaringan lain yang anda miliki. Gunakan layanan internet yang berbeda dan gunakan pula perangkat yang berbeda. Misalnya yang tadinya menggunakan layanan internet kabel maka gunakan saja mobile hotspot.

➤ Metode 5: Periksa Izin yang Diberikan

Ketika Anda mencoba mengirim pesan di Discord, pastikan Anda memiliki izin untuk mengirim pesan ke saluran tersebut. Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin mengalami kesulitan mengirim pesan ke saluran karena tidak memiliki izin yang diperlukan. Pastikan Anda memiliki peran yang tepat dan izin yang diberikan oleh administrator server.

➤ Metode 6: Coba Mengirim Pesan ke Saluran Lain

Jika Anda terus mengalami masalah dengan pesan “Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled” ketika mencoba mengirim pesan ke saluran tertentu, coba mengirim pesan ke saluran lain. Jika Anda dapat mengirim pesan ke saluran lain, kemungkinan masalahnya ada pada saluran yang Anda coba kirim pesan sebelumnya. Jika Anda tidak dapat mengirim pesan ke saluran lain, maka masalahnya mungkin ada pada akun Discord Anda .

➤ Metode 7: Coba Masuk Keluar Akun Discord

Jika Anda mengalami masalah dengan pesan “Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled”, coba keluar dari akun Discord Anda dan masuk lagi. Hal ini dapat membantu memperbarui koneksi dan mengatasi masalah teknis sementara.

➤ Metode 8: Hubungi Dukungan Discord

Jika Anda telah mencoba semua cara mengatasi Error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled Discord di atas tetapi tetap mengalami masalah dengan pesan tersebut, Anda dapat menghubungi dukungan Discord. Ada beberapa cara untuk menghubungi dukungan Discord, termasuk melalui situs web resmi Discord atau melalui media sosial mereka.

Demikian beberapa cara mengatasi error Sending Messages to this Channel has Temporarily been Disabled Discord pada perangkat Windows atau MAC anda. Semoga bermanfaat!