Tumeskecil – Berbicara tentang data yang habis pada saat streaming youtube, sudah jelas jawabannya. Cepat banget nguras kuota data Internet. Namun pertanyaannya, bagaimana cara menghemat kuota saat streaming youtube di hp ?

5 cara menghemat kuota saat streaming agar kuota tidak ceoat habis

Youtube memang cepat sekali menyedot data Internet Anda untuk streaming, karena saat streaming berarti Anda mendownload video namun tak tersimpan di perangkat Anda. Ukuran data video yang besar inilah yang membuat kuota internet cepet banget tekor.

Seringkali saking nyamannya streaming youtube, kita kelupaan dengan kuota internet yang tersedia.

Nah, kali ini TumesKecil membagikan cara hemat kuota saat streaming youtube.

Anda dapat menerapkan beberapa trik yang akan kami bagikan ke pembaca sekalian, yakni sebagai berikut :

 

Cara Hemat Kuota saat Nonton  Youtube


A. Menurunkan Kualitas Video

Cara menurunkan kualitas video Youtube adalah sebagai berikut :
1. Klik ikon titik tiga di pojok kanan video
2. Pilih Kualitas (ikon gerigi)
3. Ada beberapa ukuran pixel yang disediakan, semakin besar nilai ukuran pixel semakin besar pula data yang dibutuhkan. Jika Anda belum pernah merubah setting Kualitas Video, maka settingan Kualitas Video akan berada di Otomatis yang mana akan menggunakan secara maksimal kuota internet dengan ukuran pixel yang dihasilkan. Jadi, jelas sangat menyedot kuota.

Cara menghemat kuota internet, dengan memilih opsi 240p karena menurut saya, kualitas di opsi ini masih tidak jauh dengan kualitas di atasnya sekaligus tidak terlalu menyedot kuota.

Namun, ketika kalian memilih 144p, memang kuota internet lebih hemat lagi. Tetapi, video yang dihasilkan sangat tidak jelas apalagi video tutorial. Lebih baik setting ke 240p.

Baca :   Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

B. Aplikasi Youtube Go
Google merilis aplikasi Youtube terbarunya yang bernama Youtube Go yang mana aplikasi ditujukan khusus pengguna Youtube yang ingin menghemat data Internet saat streaming di youtube dan menariknya lagi, Youtube Go dapat dapat melakukan streaming meskipun Anda beraada dalam area yang sulit jaringan.

Ketika Anda streaming youtube, terkadang tidak sekali Anda menonton video yang sama, bisa sampai berkali-kali. Kegiatan tersebut melahirkan mubazir karena kuota internet dapat terbuang percuma.

Padahal, dengan Youtube Go Anda bisa mendownload video Youtube dimana hanya sekali Anda menggunakan data Internet Anda untuk mengakses video yang diinginkan. Seterusnya, Anda dapat menikmati video yang telah didownload tanpa terhubung ke Internet sekalipun.

Catatan, video yang didownload di Youtube Go tidak tersimpan langsung di perangkat, namun hanya tersimpan sebagai data aplikasi Youtube Go. Jadi, Anda tidak dapat membagikan video yang telah didownload lewat aplikasi Youtube Go.


Cara menggunakan Youtube Go adalah sebagai berikut :
1. Download aplikasi Youtube Go di sini
2. Buka aplikasi Youtube Go
3. Cari video seperti biasa.
4  Ketika akan mengakses video, Anda akan dihadapkan 2 pilihan : Stream atau Download
5. Jika ingin menghemat data, silahkan pilih Download dan pilih kualitas video yang diharapkan. Seperti sebelumnya, kami sarankan download di ukuran 240p karena irit kuota sekaligus masih nyaman dipandang mata.

 

C. Gunakan Aplikasi Penghemat Kuota Internet 
Ya, dengan aplikasi penghemat kuota internet, tentu dapat membuat Kuota lebih lega saat streaming youtube.

Aplikasi tersebut adalah OperaMax. Aplikasi ini dapat meengkompresi data yang keluar dari aplikasi Youtube dan Instagram sehingga kuota Internet dapat lebih hemat.

 

Baca :   7 Langkah Cara Mengaktifkan Mode Anak di Hp Realme + Menonaktifkan

D. Manfaatkan WiFi

trik hemat data saat nonton youtube

Tidak streaming atau Download video Youtube saat tidak berada di jangkauan WiFi sangat ampuh untuk menghemat data seluler Anda.

Nah, ketika Anda berada di jaringan WiFi, manfaatkan sebaik-baiknya untum mendownload video Youtube yang diinginkan. Anda tak perlu membuang kuota untuk download dan streaming video Youtube jadinya lebih hemat.

 

E. Menonton di Browser
Chrome, UC Browser, dan Opera Mini adalah browser yang kami sarankan untuk menghemat data saat menonton Youtube.


Opera Mini memiliki salah satu fitur yang bernama Video Boost yang mana dapat mengkrompresi data ketika menonton video Youtube dan dapat mengakses Youtube meskipun dalam keadaan jaringan yang jelek.

Begitupun dengan UC Browser yang memiliki fitur Fast Mode untuk memperkecil data yang keluar dan juga Chrome yang memiliki fitur Data Saver untuk mengoptimalkan data yang keluar agar dapat berhemat.

Akhir Kata
Yang menentukan banyak sedikitnya kuota internet saat streaming Youtube adalah Anda sendiri. Gunakan kuota sebijak mungkin agar dapat menghemat dompet Anda.

Itulah Trik Hemat Kuota saat Streaming Youtube. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain.

 

Incoming search :
Aplikasi Penghemat Kuota Internet
Aplikasi nonton video hemat kuota
Cara menggunakan Youtube Go
Cara hemat nonton youtube di android
cara hemat kuota nonton youtube di laptop

Trik hemat kuota internet saat streaming youtube
Trik hemat data seluler saat nonton youtube