Dengan lebih dari 800 juta video yang diunggah ke situs hingga saat ini, YouTube adalah platform streaming video paling populer di seluruh dunia. Karena banyaknya konten yang tersedia di aplikasi, aplikasi ini memiliki sekitar 2,6 miliar pengguna aktif bulanan di lebih dari 100 negara. Dan popularitas ini sepertinya tidak akan menurun dalam waktu dekat.

Video di platform media sosial ini berasal dari semua genre. Dan itu sama-sama populer di kalangan anak-anak juga. Itu membuat mereka sibuk dengan acara TV, video, dan kartun lucu yang semuanya tersedia secara gratis.

Algoritme YouTube bekerja dengan cara yang aneh. Saat anak Anda mencoba menelusuri video di dalamnya, mereka mungkin dengan mudah menyimpang ke salah satu saran video yang tidak pantas. Oleh karena itu, menjadi kebutuhan mutlak untuk mengawasi apa yang ditonton anak-anak Anda di situs web media dan melihat riwayat tontonan YouTube mereka. Bagaimana? Mari berdiskusi.

Mengapa Orang Tua Ingin Memantau Riwayat Tontonan Anak Mereka

Apa pun perspektif yang Anda ambil, YouTube telah berkembang menjadi media penting bagi sebagian besar anak – mungkin lebih signifikan dan berpengaruh daripada jaringan atau saluran TV mana pun. Anak-anak sekarang menonton video dengan cara yang berbeda dan YouTube membentuk minat dan perkembangan mereka secara luar biasa.

Namun, YouTube tetap berbahaya karena jebakan konten yang dapat mengarahkan anak-anak Anda ke area terlarang dan salah secara politik. Oleh karena itu, YouTube membuat YouTube Kids, sebuah platform khusus untuk anak-anak yang beroperasi secara independen dari aplikasi utama dan tidak mengizinkan tautan ke semua konten YouTube. Namun, anak yang lebih besar pada akhirnya akan bersemangat untuk melanjutkan hidup yang dapat menghadirkan situasi yang sulit bagi orang tua.

3+ Cara Memantau Histori Tontonan YouTube Siapa Saja 2

3+ Cara Memantau Histori Tontonan YouTube Siapa Saja

Semua ini mengarah pada pertanyaan mendasar yang sama: bagaimana cara memantau tontonan YouTube anak-anak Anda? Anda selalu dapat memantau riwayat YouTube anak Anda menggunakan teknik berikut:

Baca :   Cara Memantau Instagram di HP Anak

1.    Menggunakan Kontrol Orang Tua Bawaan YouTube

Kontrol orang tua di YouTube tidak selalu bagus. Namun, mereka telah maju secara signifikan selama beberapa tahun terakhir. Demi kenyamanan para orang tua yang khawatir, mereka telah menambahkan YouTube Kids dan Pengalaman yang Diawasi selain Mode Terbatas, yang memfilter konten eksplisit dan dewasa. Namun, Anda harus mengonfigurasi kontrol orang tua YouTube terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Bagaimana Cara Mengatur Kontrol Orang Tua di YouTube?

Ada berbagai metode untuk menyiapkan kontrol orang tua di desktop, browser seluler, dan aplikasi seluler. Anda dapat mengaktifkan kontrol orang tua dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan “Kontrol Orang Tua/Mode Terbatas” di Browser Desktop

Berdasarkan sinyal seperti deskripsi, judul, deskripsi meta, Pedoman Komunitas YouTube, dan lainnya, kontrol orang tua atau mode terbatas mencoba memblokir semua konten yang tidak pantas. Meskipun tidak selalu berhasil, itu membantu. Untuk mengaktifkan mode terbatas YouTube:

  •  Kunjungi www.YouTube.com di browser yang akan digunakan anak Anda.
  •  Masuk ke YouTube dengan akun Google Anda.
  •  Temukan ikon profil Anda di sudut kanan atas dan klik di atasnya.
  •  Gulir ke bawah ke bagian bawah menu tarik-turun hingga Anda menemukan opsi “Mode Terbatas”.
  •  Klik penggeser di depan opsi “Mode Terbatas” untuk mengaktifkan fitur.
  •  Selanjutnya, pilih “Kunci Mode Terbatas di browser ini” dan masuk lagi untuk mengonfirmasi aktivasi ini.
  • Setelah Mode Terbatas disetel, Anda dapat keluar dari akun dan opsi akan tetap aktif di jendela browser ini.
  • Aktifkan “Kontrol Orang Tua/Mode Terbatas” di Browser Seluler

Jika anak Anda mengakses YouTube di perangkat seluler, mereka mungkin menggunakan browser (seperti Chrome, Safari, dll.) atau aplikasi YouTube khusus untuk mengaksesnya. Versi seluler situs web YouTube memiliki petunjuk.

  • Kunjungi www.YouTube.com di ponsel anak Anda.
  •  Pastikan Anda masuk dengan akun Google Anda.
  • Klik ikon profil di pojok kanan atas layar Anda.
  • Pilih “Pengaturan” dari menu.
  • Di dalam Pengaturan, klik opsi “Akun”.
  • Dengan Akun, tab diperluas, klik penggeser di sebelah “Mode Terbatas” untuk mengaktifkan fitur.
  • Aktifkan “Kontrol Orang Tua” di Aplikasi YouTube di Perangkat Anak Anda
Baca :   Cara Mendapatkan Filter Mata Juling di Instagram + 8 Solusi Jika Gagal

Anda harus memberlakukan batasan pada aplikasi YouTube dan browser di ponsel anak Anda agar benar-benar aman. Sangat mudah untuk mengaktifkan Mode Terbatas di aplikasi YouTube:

  • Buka aplikasi YouTube di ponsel anak Anda dan masuk ke profil YouTube Anda dengan akun Google.
  • Klik ikon profil dan pilih “Pengaturan” dari menu.
  • Kemudian, pilih “Umum”.
  • Gulir ke bawah untuk menemukan Mode Terbatas, dan klik. Pastikan bilah penggeser berwarna biru, yang menunjukkan bahwa Kontrol Orang Tua diaktifkan.

Setelah kontrol orang tua diaktifkan, anak Anda tidak akan dapat menonton konten yang dibatasi. Dan jika mereka mencoba mencari konten yang tidak pantas secara manual, mereka tidak akan mendapatkan apa-apa. Selain itu, Anda dapat memantau riwayat YouTube mereka hanya dengan masuk ke akun Anda di perangkat lain, seperti ponsel, laptop, atau tablet. Tetapi jika mereka telah menghapus riwayatnya, Anda tidak akan dapat melihatnya melalui kontrol orang tua.

2.   Menggunakan Aplikasi Monitoring Lanjutan

Xnspy adalah aplikasi pemantauan lanjutan yang digunakan untuk pelacakan dan pelacakan YouTube serta membantu membatasi aktivitas dan waktu layar. Ini adalah pilihan yang bagus untuk pengguna yang menginginkan pembatasan YouTube sederhana, bahkan jika anak-anak menghapus riwayat tontonan mereka. Aplikasi untuk memata-matai aktivitas YouTube ini menyediakan pelacakan tanpa batas dan kontrol konstan, mudah digunakan, dan sangat kompatibel dengan hampir semua smartphone yang tersedia di perangkat iOS dan Android.

Setelah diinstal pada perangkat target, aplikasi beroperasi secara otomatis. Setelah Anda membuka kunci perangkat secara fisik dan menginstal file APK, aplikasi akan mulai melacak semua aktivitas ponsel cerdas segera setelah file diinstal dan disinkronkan dengan perangkat yang dimaksud. Dan, karena Xnspy menyediakan kontrol YouTube yang lebih ketat daripada kontrol orang tua yang menjadi standar platform berbagi video, ini adalah aplikasi mata-mata YouTube tepercaya yang dapat digunakan siapa saja.

Bagaimana Xnspy Membantu Memantau Riwayat Tontonan YouTube?

Xnspy memiliki sejumlah fitur pelacakan canggih yang memungkinkannya melacak YouTube secara diam-diam, otomatis, dan tanpa mengorbankan kinerja ponsel. Mari kita lihat fitur-fitur ini sehingga Anda dapat mulai memantau dan membatasi sendiri platform streaming video menggunakan aplikasi seluler ini.

  • Rekam Layar
Baca :   8+ Cara Memperbaiki Tombol Back pada HP Android

Fitur Rekam Layar Xnspy memungkinkan integrasi tanpa batas dengan YouTube dan platform media sosial lainnya. Fitur ini memungkinkan aplikasi pemantauan melacak setiap aktivitas YouTube dari semua pengguna ponsel.

Dengan fitur “Rekam Layar” Xnspy, pengguna dapat melacak:

  • Umpan video
    • Tonton video nanti
    • Video yang Direkomendasikan
    • Berlangganan akun
  • Riwayat tontonan
  • Video pribadi
  • Komentar

Selain itu, dengan fitur Rekam Layar, Anda dapat terus memantau meskipun pengguna menghapus Histori Tontonan YouTube.

  • Pemantauan Riwayat Web

Fitur pemantauan ini membantu saat pengguna perangkat mengakses YouTube dari browser web mereka alih-alih menggunakan aplikasi YouTube. Fitur pelacakan riwayat web Xnspy memungkinkan Anda untuk melihat riwayat penjelajahan dan bookmark pemilik perangkat. Selain itu, Anda masih dapat melihat riwayat tontonan YouTube mereka meskipun menggunakan Mode Penyamaran.

Menggunakan Peramban Web untuk Menonton Riwayat YouTube

Beberapa orang percaya bahwa riwayat YouTube yang dihapus tidak dapat dipulihkan. Namun, ada cara. Jika Anda menghapus riwayat YouTube, riwayat tersebut tidak akan terlihat lagi di akun Anda atau di aplikasi YouTube, tetapi akan tetap tersedia di AKTIVITAS GOOGLE. Mari kita lihat langkah-langkah spesifiknya sekarang.

  • Buka pengaturan akun Google Anda.
  • Lalu ketuk Info Pribadi & Privasi dan gulir ke bawah ke Aktivitas Saya.
  • Semua yang telah Anda lakukan sejak masuk akan tercantum di sini. Semua penelusuran dan video yang telah ditonton anak Anda dapat ditemukan di sini.

Pantau Histori Tontonan YouTube Siapa Saja

Kami telah membagikan tiga cara agar Anda dapat dengan mudah menonton riwayat YouTube siapa pun. Anda dapat mengaktifkan Mode Terbatas untuk mengaktifkan kontrol orang tua di perangkat anak Anda guna mencegah mereka menonton konten yang tidak pantas di YouTube. Metode ini juga memungkinkan Anda melihat apa yang mereka tonton hanya dengan masuk ke akun Google Anda. Tetapi metode ini memiliki keterbatasan. Anda tidak dapat melihat riwayat jika dihapus oleh pengguna.

Selain itu, Anda dapat menggunakan aplikasi Xnspy untuk memata-matai aktivitas YouTube dan melacak dari jarak jauh apa yang mereka lakukan dan tonton di platform media sosial. Fitur perekaman layar dari aplikasi ini efektif dan memungkinkan Anda untuk melihat riwayat tontonan aplikasi YouTube pengguna target meskipun telah dihapus oleh mereka. Fitur riwayat penjelajahan web membantu Anda melihat apakah mereka menggunakan YouTube di browser ponsel mereka.

Last but not least, Anda dapat menggunakan cache browser web Anda untuk memantau streaming, penelusuran, dan riwayat tontonan YouTube siapa pun. Saya harap Anda menemukan metode ini bermanfaat.