Dewasa ini perkembangan teknologi semakin memudahkan berbagai aktivitas manusia, tak terkecuali pada bisnis supermarket. Teknologi mempermudah proses pengelolaan transaksi yang jauh lebih modern, sehingga tidak perlu dilakukan secara manual.

Kemudahan pengelolaan transaksi ini bisa didapatkan dengan penggunaan aplikasi POS atau Point of Sales. Bahkan saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi POS kasir di Indonesia.

Karenanya, untuk menentukan aplikasi mana yang tepat Anda gunakan, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih aplikasi POS untuk bisnis supermarket Anda. Simak selengkapnya ya!

Cara Memilih Aplikasi POS untuk Bisnis Supermarket

Point of Sales adalah aplikasi sistem kasir yang umumnya terdapat pada restoran atau perusahaan retail untuk memudahkan pencatatan transaksi penjualan.

Lebih dari itu, penggunaan aplikasi POS juga akan mempermudah pengelolaan pemasaran, stok barang, bahkan dalam hal penggajian karyawan. Jadi, sangat penting memilih aplikasi yang tepat untuk diterapkan.

Untuk itu, berikut beberapa langkah tepat memilih aplikasi POS yang perlu Anda ketahui.

1. Pilihan Aplikasi dengan Fitur yang Lengkap dan Mudah Digunakan

Secara umum, aplikasi POS akan memberi kemudahan bagi pelaku bisnis dalam sistem transaksi dan pengelolaan keuangan. Namun sebetulnya, itu merupakan fungsi paling minimal dari sebuah aplikasi POS.

Sebelum menggunakannya, pastikan bahwa aplikasi yang Anda pilih memiliki fitur lengkap, yang bukan hanya berfungsi untuk menghitung transaksi saja.

Baca :   120+ Daftar Nama Kode Device Xiaomi Lengkap 2024

Biasanya, aplikasi POS yang lengkap terdiri dari berbagai fitur pendukung dengan beragam fungsi. Misalnya, fitur untuk program promosi, mengelola inventaris, hingga melakukan analisis penjualan di seluruh cabang supermarket Anda.

Dengan fitur-fitur tersebut, berbagai proses bisnis pada supermarket Anda dapat berjalan secara efisien.

2. Memiliki Metode Pembayaran yang Beragam

Umumnya, orang-orang menggunakan beberapa metode pembayaran seperti dengan kartu kredit, kartu debit, hingga dompet digital.

Sehingga, dengan banyaknya metode tersebut supermarket Anda perlu memiliki aplikasi POS yang mendukung metode pembayaran yang beragam.

3. Terdapat Fitur Membership

Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah menggunakan aplikasi POS yang memiliki fitur membership.

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat memberikan voucher, promo, hingga reward pada pelanggan yang telah menjadi member.

4. Multi User

Bila Anda memiliki banyak cabang supermarket, tentunya akan membutuhkan sistem kasir yang dapat terakses oleh banyak pihak pada masing-masing outlet.

Oleh karenanya, sistem POS yang multi user dapat membantu Anda melihat laporan dengan akun masing-masing outlet, dan keamanannya akan jauh lebih terjamin.

5. Aplikasi Dapat Terhubung dengan Cloud

Anda akan lebih mudah mengakses data kapanpun dan di mana pun, bila menggunakan aplikasi point of sales berbasis cloud.

Sebab, dengan software ini Anda akan merasa aman, dan semua transaksi dapat terkontrol dari rumah.

6. Pahami Fitur yang Ditawarkan

Tentunya ada banyak istilah dan fitur asing dalam aplikasi POS yang belum dipahami oleh pemilik bisnis supermarket. Sehingga, sebelum Anda memutuskan untuk mengimplementasikannya, pahami terlebih dahulu istilah-istilah dan fitur yang terdapat dalam aplikasi point of sales.

Caranya, Anda dapat bertanya kepada penyedia yang berkaitan, sehingga Anda dapat memperoleh manfaat dari aplikasi POS ini.

Baca :   Guest Post Indonesia Gratis Niche Teknologi, Menerima Tanam Backlink Gratis Berkualitas

7. Terintegrasi dengan Software Lain

8+ Cara Memilih Aplikasi POS Kasir Terbaik untuk Supermarket 3
Image : projectline

Aplikasi POS yang baik dapat dilihat dari adanya integrasi dengan software lain, contohnya software ERP.

Sebetulnya, aplikasi atau sistem POS merupakan merupakan satu bagian dari sistem bisnis yang lebih luas, yaitu sistem ERP.

Bila aplikasi POS terintegrasi dengan sistem ERP, tentu perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan akses data secara real time, baik di dalam maupun di back office.

Selain itu, perusahaan dapat menghilangkan input data secara manual, dan tentu hubungan pelanggan akan meningkat dengan adanya integrasi sistem ERP ini.

8. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Terakhir, budget merupakan tips penting dalam menentukan aplikasi POS yang tepat untuk bisnis Anda. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan sudah mengetahui budget yang harus dikeluarkan serta apa saja fitur yang akan didapatkan.

Itu dia beberapa cara yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi POS di supermarket yang sedang dijalankan. Semoga informasi kali ini membantu Anda, selamat mencoba!