Bagaimana cara mengatasi minecraft server connection timed out error ? sebenarnya cara mengatasinya sangat mudah. Berikut artikelnya.

Pernahkah kamu mengalami masalah “Minecraft Server Connection Timed Out Error” saat sedang asyik-asyiknya bermain Minecraft? Pada kondisi ini kita akan disuruh untuk mencoba menyambungkan ulang ke daftar server yang tersedia.

Banyak pengguna yang mengira bahwa eror semacam ini diakibatkan dari server Minecraft yang sedang sibuk karena penuh akan pemain. Adapula yang menganggap bahwa ini diakibatkan oleh koneksi internet yang tidak stabil. Semua memang benar, tapi bisa juga masalah ini terjadi akibat kesalahan konfigurasi dari beberapa program yang ada.

Notifikasi yang mungkin muncul adalah sebaai berikut:

Failed to connect to the server.

Connection timed out no further information

atau

java.net.ConnectException Connection timed out no further Information

Sebenarnya ada berbagai cara mengatasi Minecraft Server Connection Timed Out Error di Windows, namun sebelum itu kita harus mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu dengan menganalisis laporan eror yang muncul di server yang sedang digunakan. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips mengatasi eror koneksi server pada Minecraft yang nantinya bisa kamu tiru dan praktikan.

Sebelum ke cara mengatasi minecraft server connection timed out, mari pahami dulu penyebab-penyebabnya apa saja.

Penyebab Minecraft Server Connection Timed Out Error

Seperti yang telah diulas di atas bahwa masalah ini bisa terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil maupun pengaruh dari server game yang sibuk atau overload. Namun tidak menutup kemungkinan masalah ini juga dapat disebabkan dari perangkat komputer kita sendiri yang mana ada sebuah program yang memblokir game untuk mengakses internet. Misalnya akibat dari virus, firewall, ataupun dari router.

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kesalahan “Connection Timed Out Error” pada Minecraft:

Firewall yang Diaktifkan Salah

Satu penyebab umum kesalahan ini adalah pengaturan firewall pada komputer kamu. Jika firewall kamu terlalu ketat, ini dapat mencegah koneksi dengan server Minecraft. Untuk memecahkan masalah ini, pastikan untuk menonaktifkan firewall Anda atau menambahkan pengecualian untuk Minecraft.

Baca :   2 Cara Menyimpan Status Whatsapp dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tanpa Root

Masalah dengan Modifikasi

Modifikasi dapat menyebabkan masalah dengan koneksi ke server Minecraft. Jika kamu mengalami masalah ini, pastikan untuk menonaktifkan modifikasimu dan mencoba kembali untuk bergabung dengan server. Jika itu berhasil, maka modifikasimu mungkin menjadi penyebab masalah.

Masalah dengan Router

Masalah dengan routermu dapat menyebabkan kesalahan “Connection Timed Out Error” pada Minecraft. Pastikan bahwa port yang digunakan oleh Minecraft tidak diblokir oleh routermu. Jika port diblokir, coba untuk membuka port tersebut pada routermu. Jika masalah berlanjut, cobalah untuk mereset routermu dan mencoba lagi.

Masalah dengan Antivirus

Antivirus dapat menghalangi koneksi ke server Minecraft. Cobalah menonaktifkan sementara antivirus atau menambahkan pengecualian untuk Minecraft pada antivirus. Jika masalahnya teratasi, maka antivirus mungkin menjadi penyebab masalah.

Masalah dengan Koneksi Internet

Koneksi internet yang tidak stabil atau lambat juga dapat menyebabkan masalah dengan koneksi ke server Minecraft. Pastikan bahwa koneksi internet stabil dan memiliki kecepatan yang cukup untuk bermain Minecraft.

Server yang Offline atau Terlalu Sibuk

Masalah mungkin terjadi karena server Minecraft offline atau terlalu sibuk. Cobalah untuk mencoba bergabung dengan server lain dan pastikan bahwa server yang kamu coba bergabung tidak sedang mengalami masalah

Setelah memahami beberapa penyebab minecraft server bermasalah, berikut cara memperbaiki Minecraft Server Connection Timed Out Error.

8+ Cara Mengatasi Minecraft Server Connection Timed Out Error di Laptop/Komputer (Windows dan MAC)

Beberapa tips berikut bisa diterapkan pada semua versi Windows baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, 10, dan windows 11, atau.

A. Cek Status Server

Apabila sedari awal eror yang terjadi adalah disebabkan akibat dari server atau DNS game yang bermasalah maka cara apapun yang akan kita lakukan tidak akan berguna. Jika memang server game yang bermasalah maka kita hanya bisa melakukan dua hal yaitu memilih server lain yang tersedia dan menunggu pihak developer untuk memperbaiki server yang bermasalah.

Nah untuk mengecek status server maka kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Kunjungi situs web Minecraft server status di https://mcsrvstat.us
  2. Ketikan server IP lalu klik Get server status
  3. Cek server apakah aktif atau tidak
Cara Mengatasi Minecraft Server Connection Timed Out Error

B. Gunakan Anti Virus yang Berbeda

Berbagai aplikasi anti virus memang sangat dibutuhkan bagi perangkat komputer kita untuk mencegah berbagai serangan virus dari luar yang mampu merusak sistem maupun hardware. Akan tetapi terkadang anti virus akan membatasi koneksi jaringan internet sehingga menyebabkan masalah koneksi eror seperti ini. Maka dari itu kita coba coba untuk mengganti anti virus yang ada dengan yang lebih baik.

  • Klik tombol search lalu ketikan Control Panel dan lalu klik pilihan yang muncul teratas
  • Dari halaman depan Control Panel carilah pengarutan View by lalu ubah ke Category
  • Cari Programs dan klik Uninstall a program yang ada di bawahnya

Tips : klik windows di keyboard > ketik Add or Remove Program > Klik yang muncul

  • Cari aplikasi anti virus lalu klik Uninstall
  • Lakukan satu per satu pada semua aplikasi anti virus yang tersedia
  • Selagi menguninstall, amati apakah eror masih ada atau tidak
Baca :   2 Cara Mengetahui Email Facebook Orang Lain

Jika eror masih ada berarti masalah bukan diakibatkan oleh anti virus sehingga kamu bisa menginstallnya kembali seperti semula. Untuk aplikasi built-in seperti Windows Defender juga bisa jadi penyebabnya, tapi coba nonaktifkan dulu lalu cek ulang. Jika memang itu yang jadi masalah maka bisa di uninstall.

C. Coba Disable Antivirus Bawaan

Cara mengatasi minecraft server connection timed out adalah dengan disable antivirus bawaan. Jika Antivirus pihak ketiga sudah dihapus, coba dengan disable antivirus bawaan windows. Caranya sebagai berikut:

  • Tekan kombinasi tombol “Win + I” untuk membuka aplikasi Pengaturan.
  • Pergi ke Update & Security. Pilih Windows Security pada panel menu sebelah kiri.
  • Menuju bagian “Protection areas” dan pilih “Virus & threat protection”.
  • Klik pada tautan “Manage settings” di bawah “Virus & threat protection”.
  • Matikan tombol toggle untuk “Real-time protection”.
Cara Mengatasi minecraft Failed to connect to the server.
Geser slider ke Off
  • Sekarang periksa apakah masalah “connection timed out” telah diperbaiki.

D. Gunakan VPN (Virtual Private Network)

Cara memperbaiki Minecraft Server Connection Timed Out Error

VPN bisa menjadi solusi yang tepat disaat koneksi internet kita diblokir oleh pihak provider. Atau bisa juga pihak ISP memblacklist IP adress dari server yang berhubungan dengan server yang digunakan pihak Minecraft. Untuk itu cobalah gunakan VPN pada sambungan internet yang sedang kita gunakan.

Agar koneksi internet tetap stabil pastikan untuk menggunakan VPN yang dikhuhsuskan untuk gaming. Karena kebanyakan VPN biasa terutama yang versi gratis memiliki koneksi yang sangat buruk terutama bila sedang di jam-jam sibuk. Jadi gunakanlah VPN premium atau VPN khusus gaming yang memiliki kualitas dan reputasi yang bagus.

E. Alihkan Port 25565 ke Firewall

Dengan mengaktifkan port 25565 pada firewall maka fungsi game nantinya dapat dibuka secara optimal. Bila kita menggunakan firewall, maka port ini harus dialihkan ke dalam pengaturan firewall agar masalah koneksi internet pada Minecraft dapat teratasi. Untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah cara mengatasi minecraft server connection timed out berikut ini:

  • Klik tombol search lalu ketikan Control Panel dan lalu klik pilihan yang muncul teratas
  • Dari halaman depan Control Panel klik System and Security
  • Klik Windows Defender Firewall

Tips : klik windows di keyboard > ketik Windows Defender Firewall > Klik yang muncul

  • Pilih Advance settings lalu cari Inbound Rules yang ada pada panel sebelah kiri
  • Klik kanan Inbound Rules lalu klik New Rule
  • Pilih Port, ubah pilihan pertama ke TCP / UDP, lalu ubah pilihan kedua ke Specific local ports
Cara Mengatasi Minecraft Server Connection Timed Out Error
  • Masukan port 25565 pada port TCP dan UDP
  • Pilih Allow the Connection
  • Klik Next
  • Pilih tipe jaringan yang diinginkan
  • Beri nama Rule yang digunakan lalu klik Finish
  • Test koneksi jaringan pada Minecraft
Baca :   Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop & Komputer

F. Gunakan Versi Minecraft yang Berbeda

Minecraft biasanya melakukan update mayor setiap beberapa bulan sekali. Tapi kadang pembaruan ini justru menyebabkan masalah seperti masalah koneksi server akibat bug dan glitch yang terjadi. Dengan mencoba menggunakan berbagai versi Minecraft yang berbeda maka kita diharapkan eror server ini dapat normal kembali. Berikut cara mengatasi minecraft server connection timed out dengan memakai versi minecraft yang berbeda:

  • Buka Minecraft Launcher
  • Klik tab Installations
  • Pilih New lalu klik version
  • Pilih versi game yang ingin diinstal
8+ Cara Mengatasi Minecraft Server Connection Timed Out Error di Laptop/PC 1
  • Klik Create dan tunggu proses berjalan
  • Setelah terinstall silakan buka aplikasi
  • Cek apakah eror masih terjadi atau tidak

G. Mengizinkan Koneksi Melalui Firewall

Dalam beberapa situasi, Platform Java akan memblokir Windows Firewall dari koneksi internet. Hal ini biasa terjadi saat kita mengakses private server lalu firewall menganggapnya sebagai koneksi tidak berizin. Nah untuk mengatasi masalah ini silakan ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Run dengan klik tombol Windows dan tombol R bersamaan
  • Ketikan control lalu ketikan Enter dan tunggu hingga control panel terbuka
  • Klik System and Security lalu pilih Windows Defender Firewall

Tips : klik windows di keyboard > ketik Windows Defender Firewall > Klik yang muncul

  • Klik Allow an app or feature through Windows Defender Firewall
8+ Cara Mengatasi Minecraft Server Connection Timed Out Error di Laptop/PC 2
  • Centang aplikasi Minecraftnya
  • Klik Change settings
  • Skrol ke bawah dan cari pengaturan publik dan privat untuk Java Platform
  • Klik Apply dan cek apakah masalah sudah terselesaikan

H. Reset Jaringan

Kamu juga dapat mengalami  “connection timed out: no futher information” jika Minecraft memblokir IP address kamu. Nah, solusinya jika masalah ini muncul adalah dengan mereset konfigurasi jaringan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik tombol pencarian (simply dengan klik tombol windows di keyboard)
  • Ketikan cmd atau command prompt
  • Klik kanan Command Prompt dan pilih run as administrator
8+ Cara Mengatasi Minecraft Server Connection Timed Out Error di Laptop/PC 3
  • Masukkan perintah berikut secara bertahap (satu persatu) dan enter juga baris per baris

iPConfig /release
iPConfig /flushdns
iPConfig /renew
netsh int ip
netsh int ip set dns
netsh winsock reset

  • Setelah semuanya selesai, tutup cmd dan restart PC/Laptop kamu.

Sekian informasi tentang beberapa cara mengatasi minecraft server connection timed out error di PC baik itu di Windows atau MAC. Silakan praktikan satu per satu sampai masalah benar-benar hilang.