Lagi enak-enak main Discord tiba-tiba audio discord hilang? Tenang dulu. Kali ini akan kami bahas bagaimana sih cara mengatasi tidak bisa mendengarkan suara apapun di Discord.

Discord merupakan aplikasi VoIP yang begitu populer digunakan oleh kalangan gamers. Sejak Discord memiliki fitur panggilan suara (voice chat), semakin banyak pengguna yang berbondong-bondong menggunakan layanannya. N

Namun, di balik itu ada pengalaman yang tidak mengenakan yang dialami oleh sebagian pengguna yaitu mereka tidak dapat mendengar suara apapun saat melakukan voice chat di Discord maupun disaat mendengarkan streaming.

Misal lagi asik-asik main voice changer di discord nih, eh tiba-tiba suara kamu hilang, kamu ga bisa denger suara temenmu dan temenmu ga bisa denger suara kamu. Kan kesel banget dan bingung pasti mau bagaimana.

Kondisi semacam ini biasanya hanya terjadi satu arah saja. Misalkan kamu menelpon seseorang, mereka tetap dengan jelas mendengar suara kamu , namun sebaliknya kamu tidak dapat mendengar suara mereka.

Hal semacam ini biasanya bukan disebabkan karena sistem Discord itu sendiri mengingat saat panggilan telepon berlangsung notif green rings tetap muncul yang mengindikasikan bahwa panggilan sedang berjalan.

9+ Cara Mengatasi Tidak Bisa Mendengarkan Suara Apapun di Discord Terbukti Ampuh

Sebelum kita masuk lebih lanjut untuk membahas tentang cara mengatasi tidak bisa mendengarkan apapun di Discord, perlu kamu pahami bahwa isu semacam ini cukup banyak penyebabnya.

Mulai dari pengaturan audio yang tidak tepat, masalah pada perangkat headset / headphone, ataupun bisa jadi karena koneksi internet. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa cara suara yang hilang di Discord yang nanti bisa kamu cari sendiri sesuai dengan masalah yang kamu alami sehingga eror dapat diperbaiki dengan setepat mungkin.

Metode 1: Mengaktifkan Use Legacy Audio Subsystem

Use Legacy Audio Subsystem merupakan salah satu fitur untuk mengatur hardware driver dalam menggunakan audio sistem. Jika fitur ini diaktifkan maka perangkat kita akan menggunakan audio subsistem Discord versi lama sehingga akan kompatibel. Dengan cara inilah eror audio pada Discord dapat terselesaikan.

Berikut cara mengatasi tidak bisa mendengarkan suara apapun di discord dengan menghidupkan legacy audio :

1. Buka aplikasi Discord lalu login

2. Klik User Settings (tombol roda gerigi) yang ada di kiri bawah

cara mengatasi tidak bisa mendengarkan suara apapun di discord

3. Pilih Voice & Video yang berada di urutan teratas

4. Cari Use Legacy Audio Subsystem pada menu Audio Subsystem

cara mengatasi ga bisa dengerin suara apapun di discord

5. Aktifkan fitur ini dan jika muncul pop up box silakan klik Okay

6. Tutup aplikasi lalu coba buka kembali dan lihat hasilnya

Metode 2: Memastikan Audio Device yang Dipilih Sudah Tepat

Dalam beberapa kasus, penyebab Discord yang tidak mengeluarkan suara disebabkan karena salah dalam memilih audio device.

Cara mengatasi discord tidak ada suara ini, kita cukup memilih audio device yang tepat seperti dalam langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Discord lalu login

Baca :   Cara Mengatasi Hotspot/Tethering Lemot di Laptop Windows 7,8,10,11 Terbukti Ampuh 100%

2. Klik tombol User Settings (tombol roda gerigi) yang ada di kiri bawah

3. Klik Voice & Video

4. Temukan pengaturan Input Device dan Ouput Device

5. Klik dropdown pada masing-masing pengaturan

7. Pilih Input / Output Device sesuai yang kamu gunakan

audio discord hilang

8. Restart aplikasi lalu cek kembali apakah masih eror atau tidak

Pada dasarnya settingan awal audio device adalah “Default”. Namun sistem Discord menganggap bahwa settingan Default tersebut merupakan settingan bawaan yang dimiliki perangkat.

Jadi misal kamu mengunakan headphone, Discord justru memilih device berupa speaker bawaan laptop yang kamu gunakan. Karena terjadi bentrok dengan sistem Windows itu sendiri maka audio menjadi tidak keluar pada keduanya baik pada headphone maupun pada speaker laptop.

Metode 3: Mengatur Set as Default Communication Device

Antara pengaturan Set as Default Device dan Set as Default Communication Device merupakan dua hal yang berbeda. Selain kita perlu mengatur audio device kita menjadi “Set as Default” juga perlu mengatur menjadi “Set as Default Communication”.

Dengan menggunakan pengaturan Set as Default Communication Device ini maka audio device yang kita gunakan tidak hanya jadi sebuah audio device saja, tapi juga sebagai audio communication.

Jadi secara fungsi dapat digunakan sebagai bagian dari alat komunikasi yaitu untuk menerima panggilan.

Ikuti panduan berikut ini untuk mengatur audio device sebagai default device dan communication device sebagai salah satu cara mengatasi ga bisa dengerin suara apapun di discord :

1. Klik kanan pada lambang suara yang ada pada task bar bawah sebelah kanan

2. Klik Playback devices untuk membuka Playback tab

3. Klik kanan audio device yang kamu gunakan (headphone atau speaker) lalu pilih Set as Default Device

4. Klik kanan lagi audio device yang kamu gunakan (headphone atau speaker) lalu pilih Set as Default Communication Device

5. Jika sudah muncul ikon centang hijau berarti sudah selesai dan berhasil

6. Klik Apply lalu klik OK

Apabila kamu tidak melihat pilihan audio device yang kamu gunakan dalam daftar tersebut maka silakan ikuti langkah berikut:

• Masih pada halaman yang sama silakan klik kanan area kosong
• Centang pilihan View Disabled Deviced dan View Disconnected Devices
• Jika sudah muncul maka klik kanan audio device tersebut lalu pilih Enable
• Ulangi langkah ke tiga di atas hingga selesai

Metode 4: Meningkatkan Volume Discord melalui Volume Mixer

Volume Mixer pada Windows 10 memberikan kemampuan ekslusif untuk mengatur volume aplikasi secara individual.

Jadi dengan bantuan fitur ini kita akan mencoba menaikan volume Discord yang tidak ada suaranya sama sekali. Karena siapa tahu bahwa selama ini volume Discord di atur ke mute sehingga idak terdengar suara sama sekali.

Berikut cara mengatasi Discord yang tidak mengeluarkan suara via volume mixer :

1. Tutup terlebih dahulu aplikasi Discord

2. Klik kanan pada lambang suara yang ada pada task bar bawah sebelah kanan

3. Pilih open Volume Mixer

tidak dapat dengar suara di discord

4. Pilih aplikasi Discord dan ubah volume ke level maksimal

audio discord tidak muncul

5. Simpan perubahan dan keluar dari Volume Mixer

6. Buka kembali aplikasi Discord lalu cek kembali

Metode 5: Refresh Discord

Bila sudah menggunakan beberapa cara di atas namun tidak ada perubahan apapun yang terjadi dan masih saja audio discord tidak muncul, bisa jadi itu disebabkan karena adanya pembaruan atau bug.

Baca :   6+ Cara Mengatasi Share Screen Discord Hitam/Blank di Laptop dan HP

Seperti yang kita tahu bahwa Discord selalu merilis banyak pembaruan tiap beberapa periode. Bagi yang menyalakan fitur auto update maka pengguna tidak sadar jika aplikasi Discord mereka sudah terupdate otomatis.

Untuk mengatasi tidak dapat dengar suara di discord ini maka kita perlu merefresh aplikasi Discord. Caranya pun sangat mudah cukup tutup aplikasi Discord lalu buka kembali. Atau jika mau menggunakan cara yang lebih simpel maka cukup tekan tombol CTRL dan tombol R bersamaan.

Metode 6: Menggunakan Discord Versi Web

Walau metode mengatasi tidak bisa mendengar apapun di Discord satu ini begitu simpel namun justru inilah cara yang paling ampuh.

Dengan menggunakan Discord versi web maka masalah eror audio yang terjadi di aplikasi bisa normal pada versi webnya. Bahkan tidak hanya eror audio saja, berbagai eror sistem lain pun dapat normal jika menggunakan versi webnya.

Discord versi web memang memilih versi yang lebihi simpel dan fitur yang lebih minim, tapi cocok untuk pelarian dari versi aplikasi yang sering eror. Nah untuk mengunjungi versi web silakan buka alamat berikut di browser favoritmu: http://discordapp.com

Metode 7: Ubah Server Region Discord

Di beberapa kasus , mengubah server region adalah salah satu cara mengatasi tidak bisa mendengarkan suara apapun di Discord . Berikut langkah-langkah cara mengatasi tidak bisa mendengarkan suara apapun di discord lewat mengubah server region :

1. Buka server punyamu sendiri, dan masuk ke Settingsnya

2. Klik pada Overview di bilah kiri, dan pilih Server region

3. Nah sekarang pilih region yang berbeda

4. Klik Save Changes dan cek kembali apakah masalah tidak ada audio masih sama

Metode 8: Uninstal Discord dan Hapus AppDatanya

Nah ini adalah cara paling mutakhir biasanya ketika sudah mentok mengalami bug di Discord. Dengan uninstal dan menghapus datanya, maka semua pengtauran akan hilang dan dengan menginstal kembali, maka Discord terinstal baru seperti dulu.

Tapi jangan hanya menguninstal saja, karena AppData sejatinya masih ada jika tidak kamu hapus. Jadi kamu perlu melakukan unstal Discord sampai akarnya + Hapus AppDatanya.

Bagaimana caranya? Bisa kamu cek di artikel cara mengatasi discord tidak dapat dibuka yang poin nomor 3

Metode 9: Gunakan Versi Lain Discord

Selain dengan uninstal dan hapus AppData, ada metode mutakhir lain yang bisa kamu gunakan kok, yakni menggunakan versi lain dari Discord , namanya Discord PTB.

Tapi tenang, karena dengan menggunakan Discord ini, datamu di Discord awal akan terintegrasi dengan Discord PTB jadi aman-aman saja. Dan perlu kamu ketahui juga kalau Discord build PTB juga merupakan versi resmi dan tersedia di web resmi Discord dan ga usah takut masalah bug atau glitch .

Berikut langkah-langkahnya :

1. Download dan Instal Discord PTB (Public Test Build) sesuai OS kamu di link berikut

Download Discord to Talk, Chat, and Hang Out

cara download discord ptb

2. Buka appnya dan lakukan login sesuai akunmu

3. Coba join channel ayng ada orangnya, apakah masalah Discord ga bisa dengerin suara orang masih ada atau sudah teratasi

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi tidak bisa mendengarkan suara apapun di discord . Semoga dengan kamu mengikuti langkah-langkah yang kami berikan di atas maka eror audio discord ilang dapat segera teratasi.