Error pada Discord dengan notifikasi berupa Error A JavaScript Error Occurred in the Main Process Discord biasa terjadi pada saat kita sedang membuka aplikasi Discord. Error ini akan menyebabkan kita tidak bisa membuka aplikasi Discord beserta mengakses semua fitur yang ada didalamnya. Selain itu pesan error yang muncul pun berbeda-beda antara satu perangkat dengan perangkat lainnya mengingat penyebab errornya yang juga berbeda.

Berbagai cara untuk mengatasi error A JavaScript Error Occurred in the Main Process Discord pun berbeda karena harus menyesuaikan dengan penyebab error yang sebenarnya. Nah berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi error semacam ini yang telah dicoba oleh banyak pengguna.

Jika mengalami gangguan internet pada discord seperti ICE Checking, Stuck RTC Connecting, atau Error No Route, bisa membaca artikel Cara Mengatasi Error No Route Discord dengan Mudah

Kembali ke topik. Silakan simak baik-baik dan ikuti petunjuknya untuk memastikan error tidak akan terjadi lagi pada komputer yang anda gunakan:

➤ Solusi 1: Jalankan Discord tanpa Akses Admin

Izin administrator bisa jadi penyebab utama kenapa Discord error saat dibuka. Beberapa pengguna mengatakan bahwa aplikasi akan berjalan dengan normal jika mereka tidak menjalankan aplikasi dengan hak admin.

Namun solusi ini belum tentu efektif jika diterapkan di perangkat komputer anda. Jadi anda perlu mencobanya terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tempatkan aplikasi Discord pada Dekstop lalu klik kanan dan pilih Properties
  2. Pililh tab Compatibility lalu uncheck pilihan Run this program as an administrator
  3. Pilih OK lalu jika dialog pop up yang berisi konfirmasi muncul tekan Yes
  4. Buka kembali aplikasi Discord dan cek apakah masih error atau tidak
Baca :   13+ Cara Mengatasi Overlay Discord Tidak Muncul

Saat sudah menonaktifkan akses admin pada Discord namun masalah tidak teratasi maka kembalikan lagi fungsi admin seperti semula. Hal itu mengindikasikan bahwa akar masalah dari error Javascript bukan dari adanya akses admin atau tidak. Jadi lebih baik anda aktifkan kembali hak administrator dengan langkah-langkah yang hampir serupa dengan instruksi di atas.

➤ Solusi 2: Ubah Quality Windows Audio Video Experience Service ke Automatic

Cara mengatasi Error A JavaScript Error Occurred in the Main Process Discord selanjutnya adalah dengan Mengubah tipe Startup pada Quality Windows Audio Video Experience Service dari manual ke automatic, yang mana cukup ampuh untuk mengatasi masalah error Javascript pada Discord. Bahkan banyak pengguna yang melaporkan bahwa dengan cara ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah error Javascript pada aplikasi selain Discord.

  1. Buka Run dengan menekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan
  2. Di kotak pencarian Run silakan ketikan services.msc lalu klik OK
  3. Tempatkan Quality Windows Audio Video Experience Service pada daftar yang muncul
  4. Klik kanan Quality Windows Audio Video Experience Service lalu pilih Properties
  5. Pastikan Startup type yang dipilih adalah Automatic, bukan yang Automatic (Delayed Start)
  6. Tekan tombol Start namun jika aplikasi telah berjalan tekan tombol Stop terlebih dahulu
  7. Klik OK

Apabila saat anda menekan tombol Start lalu muncul pesan berupa “Windows could not start the service on Local Computer. Error 1079: The account specified for this service differs from the account specified for other services running in the same process.” maka silakan ikuti langkah penyelesainnya berikut ini:

  1. Lakukan langkah 1-4 pada instruksi di atas
  2. Pilih tab Log On lalu klik tombol Browse
  3. Tuliskan nama akun anda pada kolom di bawah “Enter the object name to select”
  4. Klik Check Names dan tunggu ketersediaan namanya
  5. Ketikan Password pada kolom yang telah disediakan
  6. Klik OK dan test apakah Discord masih tetap error atau normal kembali

Dengan melakukan kedua cara di atas biasanya error Javascipt pada Discord akan langsung teratasi. Tapi pada beberapa kasus error yang terjadi tidak dapat ditangani dengan kedua langkah di atas. Perlu beberapa upaya lain yang perlu anda lakukan seperti di bawah ini.

Baca :   Cara Screenshoot Panjang di Semua Android dan iOS dengan LongShot

➤ Solusi 3: Menghapus Folder Discord pada %AppData% dan %LocalAppData%

Tips mengatasi error Javascipt pada Discord yang satu ini ialah dengan cara menghapus beberapa file dan folder %AppData% dan %LocalAppData% yang terdapat dalam data Discord. Mungkin dengan metode ini ada beberapa data penting yang ikuti terhapus jadi sebelum mengikuti langkah-langkah berikut ini maka wajib membackup aplikasi Discord terlebih dahulu. Jadi bila terjadi masalah nanti tinggal di restore.

a. Menghapus %AppData%

  1. Buka aplikasi File Explorer
  2. Kunjungi alamat berikut C:\Users\YOURUSERNAME\AppData\Discord
  3. Jika anda tidak menemukan AppData Folder Discord maka klik View > Hidden Item
  4. Hapus folder Discord pada bagian AppData folder
  5. Bila data tidak dapat dihapus, hentikan proses beberapa aplikasi yang terhubung seperti Spotify melalui Task Manager

b. Menghapus %LocalAppData%

  1. Buka App Run dengan menekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan
  2. Ketikan %LocalAppData% lalu klik OK
  3. Cari Folder Discord lalu klik kanan dan pilih Delete
  4. Pastikan folder benar-benar terhapus secara keseluruhan lalu restart komputer anda
Error A JavaScript Error Occurred in the Main Process Discord

Catatan : Bila saat menghapus salah satu dari kedua data lalu masalah sudah beres atau error sudah terselesaikan maka tidak perlu menghapus data lainnya. Hal ini karena kedua data di atas sebenarnya saling berkaitan hanya penempatan dan fungsinya yang berbeda.

➤ Solusi 4: Instal Ulang Discord

Dibandingkan dengan hanya melakukan reset data Appdata dan LocalAppdata, instal ulang mampu membenahi berbagai masalah yang terjadi. Saat akan menginstall ulang aplikasi, seharusnya anda gunakan versi Discord terbaru. Jadi jika belum memilikinya silakan download terlebih dahulu, apabila sudah memilikinya tinggal ikuti tahapan di bawah ini:

  • Tekan tombol Search lalu ketikan Control Panel
  • Klik Control Panel sesuai hasil teratas yang muncul
  • Cari View as lalu pilih Category
  • Klik Uninstall a Program pada menu Programs
  • Cari aplikasi Discord lalu klik Uninstall
  • Jika muncul pop up dengan notice “completely remove Discord on your computer” maka pilih Yes
  • Klik Finish apabila Discord benar-benar sudah teruninstall

Cara cepat : klik ikon windows di keyboard > ketik discrod > klik kanan > Klik Uninstall

Selanjutnya anda tinggal menginstall ulang dari file aplikasi Discord yang sudah diunduh sebelumnya. Tinggal klik file hasil unduhan lalu ikuti setiap petunjuk yang ada hingga proses install selesai. Apabila sudah terinstall kembali maka langsung buka aplikasinya dan cek ulang apakah masih terjadi error Javascript atau tidak.

Baca :   Cara Voice Changer di Discord dengan Aplikasi Clownfish Voice Changer (Pengubah Suara)

➤ Solusi 5: Coba Pasang Discord dengan Versi yang Berbeda

Pihak developer Discord selalu melakukan pembaruan terbaru guna meningkatkan UI & UX, menghilangkan bug, dan meningkatkan keamanan. Namun seringkali di saat ada pembaruan baru terutama pembaruan major menyebabkan beberapa fungsi tumpang tindih yang akhirnya menyebabkan error sekaligus menambah bug baru.

Karena itulah anda bisa mencoba menggunakan aplikasi dari versi yang berbeda-beda. Dan pada tiap aplikasi yang diinstal jangan lupa untuk melakukan troubleshoot compatibility untuk menguji kompatibilitas software terhadap sistem operasi yang anda gunakan. Untuk melakukannya silakan ikuti langkah langkah berikut ini:

Error A JavaScript Error Occurred in the Main Process Discord
  1. Tempatkan aplikasi Discord pada Dekstop
  2. Klik kanan App Discord lalu klik Troubleshoot Compatibility
  3. Tunggu sistem untuk mengidentifikasi isu dan menemukan solusinya
  4. Klik Troubleshoot Program
  5. Centang beberapa poin sesuai error yang dialami
  6. Klik Ok

Jika sudah selesai tapi error masih terjadi maka coba lagi versi Discord yang lain. Bisa jadi versi build awal yang lebih cocok terhadap komputer anda dibandingan versi terbaru. Jadi cobalah berbagai versi baik pada pembaruan major maupun minor.

➤ Solusi 6: Tutup Semua Discord Processes

Jika semua Cara mengatasi Error A JavaScript Error Occurred in the Main Process Discord sudah dilakukan tapi tidak ada perubahan sama sekali dan error tetap masih seperti sedia kala maka tidak ada salahnya untuk mencoba menutup semua Discord Processes via Task Manager. Dengan cara ini semua proses pada Discord dapat dihentikan lalu aplikasi akan direstart agar data data sementara yang tersimpan menjadi terhapus dan kembali seperti semula.

  1. Klik kanan tombol Start yang berada di taskbar paling kiri
  2. Klik Task Manager
  3. Pilih tab Processes lalu cari Discord
  4. Klik Discord lalu klik tombol End Task
  5. Buka kembali aplikasi Discord dan lakukan test

Untuk referensi lain, bisa cek video berikut:

Itulah enam cara mengatasi “A JavaScript Error Occurred in the Main Process” pada perangkat Windows anda. Semoga bermanfaat!