Kamu suka bermain game di Android, tapi sering merasa kesulitan atau ingin mengubah beberapa aspek dalam game? Mungkin kamu pernah mendengar tentang Cheat Engine. Ini adalah alat yang kuat yang bisa membantumu mengubah berbagai parameter dalam game, seperti uang, nyawa, atau skor. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan Cheat Engine di Android dengan langkah-langkah yang mudah dipahami. Yuk, simak!

Apa Itu Cheat Engine?

Cheat Engine adalah aplikasi yang awalnya dikembangkan untuk PC, digunakan untuk memodifikasi data dalam game untuk keuntungan tertentu. Versi Android dari Cheat Engine memungkinkan kamu melakukan hal yang sama pada perangkat Android. Dengan Cheat Engine, kamu bisa mencari nilai tertentu dalam game, mengubahnya, dan menikmati hasilnya. Misalnya, menambah jumlah koin, memperpanjang nyawa, atau mengubah level karakter.

Kenapa Menggunakan Cheat Engine?

Ada banyak alasan kenapa seseorang mungkin ingin menggunakan Cheat Engine:

  • Menghilangkan Frustrasi: Terkadang game bisa sangat sulit, dan sedikit bantuan bisa membuat pengalaman bermain lebih menyenangkan.
  • Eksplorasi: Dengan Cheat Engine, kamu bisa menjelajahi semua yang ditawarkan game tanpa harus menghabiskan berjam-jam bermain.
  • Eksperimen: Memodifikasi game bisa memberikan wawasan tentang cara kerja game tersebut.

Persiapan Sebelum Menggunakan Cheat Engine

Sebelum mulai, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan:

Baca :   Letak Folder Album Galeri Xiaomi Tersimpan Dimana?

Root Perangkat Android

Cheat Engine memerlukan akses root untuk dapat bekerja secara efektif di Android. Rooting adalah proses yang memberi kamu kontrol penuh atas perangkat Android. Untuk cara root android, kamu cek di google ya.

Peringatan: Rooting bisa menghilangkan garansi perangkatmu dan memiliki risiko merusak sistem jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan kamu mengikuti panduan rooting yang sesuai untuk model perangkatmu.

Unduh dan Instal Cheat Engine

Kamu bisa mengunduh Cheat Engine dari situs resminya atau di abwah ini. Pastikan kamu mengunduh versi yang kompatibel dengan perangkat Androidmu.

Cheat engine

Langkah-langkah Menggunakan Cheat Engine di Android

Setelah kamu mengunduh dan menginstal Cheat Engine, ikuti langkah-langkah berikut untuk mulai menggunakannya:

1. Buka Cheat Engine dan Game

Buka aplikasi Cheat Engine di perangkatmu. Setelah itu, buka game yang ingin kamu modifikasi.

2. Hubungkan Cheat Engine dengan Game

Pada Cheat Engine, kamu akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di perangkatmu. Pilih game yang ingin kamu modifikasi dari daftar tersebut.

3. Cari Nilai yang Ingin Diubah

Misalkan kamu ingin mengubah jumlah koin dalam game. Catat jumlah koin yang kamu miliki saat ini. Di Cheat Engine, masukkan nilai tersebut dan mulai pencarian.

4. Filter Hasil Pencarian

Setelah pencarian awal, kembali ke game dan ubah jumlah koin, misalnya dengan mengumpulkan lebih banyak koin atau menghabiskannya. Kembali ke Cheat Engine dan masukkan nilai baru untuk menyaring hasil pencarian hingga kamu menemukan nilai yang tepat.

5. Ubah Nilai

Setelah menemukan nilai yang tepat, ubah nilai tersebut sesuai keinginanmu. Misalnya, ubah jumlah koin dari 100 menjadi 10000.

6. Nikmati Hasilnya

Kembali ke game dan lihat perubahan yang sudah kamu buat. Sekarang kamu bisa menikmati hasil modifikasi tersebut.

Baca :   8+ Cara Mengatasi This Modification is Not Allowed Because the Selection is Locked di Word Excel Powerpoint dll

Tips dan Trik Menggunakan Cheat Engine

Menggunakan Cheat Engine bisa sangat mengasyikkan, tapi ada beberapa tips yang perlu kamu ingat:

  • Backup Data Game: Selalu backup data game sebelum melakukan modifikasi. Ini bisa membantumu mengembalikan keadaan jika ada yang tidak berjalan sesuai rencana.
  • Jangan Berlebihan: Mengubah terlalu banyak parameter bisa merusak pengalaman bermain game dan bahkan bisa membuat game tidak bisa dimainkan.
  • Hati-hati dengan Multiplayer: Menggunakan Cheat Engine pada game multiplayer bisa melanggar aturan game dan mengakibatkan akunmu diblokir.

FAQ

Apakah Cheat Engine bisa digunakan di semua game Android?
Tidak semua game Android bisa dimodifikasi dengan Cheat Engine, terutama game online yang memiliki sistem keamanan lebih kuat.

Apakah menggunakan Cheat Engine aman?
Menggunakan Cheat Engine bisa berisiko, terutama jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan untuk selalu backup data game dan paham risiko rooting perangkat.

Apakah Cheat Engine legal?
Menggunakan Cheat Engine untuk tujuan pribadi biasanya tidak melanggar hukum, tapi bisa melanggar syarat dan ketentuan game. Penggunaan pada game multiplayer sangat tidak disarankan.

Bagaimana cara mengembalikan perubahan yang sudah dibuat dengan Cheat Engine?
Jika kamu sudah backup data game sebelum modifikasi, kamu bisa mengembalikannya dengan memulihkan data tersebut. Jika tidak, kamu mungkin perlu menghapus dan menginstal ulang game.

Apakah Cheat Engine membutuhkan koneksi internet?
Tidak, Cheat Engine bisa digunakan tanpa koneksi internet, kecuali jika kamu mengunduhnya atau bermain game online.

Apakah Cheat Engine memerlukan perangkat yang di-root?
Ya, Cheat Engine memerlukan akses root untuk dapat bekerja secara efektif di perangkat Android.

Kesimpulan

Menggunakan Cheat Engine di Android bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mengubah pengalaman bermain game. Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa mulai memodifikasi game favoritmu dan menikmati berbagai keuntungan yang ditawarkan. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan memahami risiko yang terkait dengan penggunaan Cheat Engine. Selamat mencoba!

Baca :   4+ Cara Mengatasi Internal Storage 0 MB TWRP Tanpa Menghilangkan Data