Walaupun menjadi platform yang sedang ramai digunakan untuk menulis, kalian harus tahu kalau format PDF juga dianggap sebagai format yang cocok, menarik, dan sangat membantu bagi pekerjaan banyak orang.

Meskipun work adalah platform paling populer untuk menulis dan mengedit tulisan, masih banyak sekali kasus dimana file word (.doc) tidak cocok di berbagai perangkat. Alhasil, format teks menjadi berantakan. Tentu hal tersebut jadi kerjaan tambah ribet bukan?

Jadi, mengonvert word ke pdf adalah keharusan agar nanti saat dibaca penerima, formatnya tidak rusak.

Berikut beberapa alasan mengapa mengonversi word ke pdf kami sarankan sebelum dikirim ke penerima

 

Empat Alasan Kenapa Mengubah Word ke PDF

Berikut alasannya :

 

1. Tidak dapat diubah-ubah dari ketidaksengajaan

Dokumen pdf tidak dapat dirubah dengan cara apapun. Kalian harus tahu kalau format PDF adalah format yang sebenarnya tidak dapat kalian edit. Jadi jika kalian menyimpan word dalam bentuk PDF, maka orang-orang yang dapat mengubah dan mengedit file kamu dapat diminimalisir.

Jadi, data bakal lebih aman dari orang-orang yang tidak sengaja mengubah. Kan biasanya sering tuh, waktu ngebuka word, yang ada malah kepencet dan buruknya lagi, ga sengaja ke save. Jadi mengirim handout, tulisan, essay, dan makalah, lebih baik dikirim dalam bentuk PDF.

 

2. Format tulisan bakal paten

Format tulisan adalah sesuatu hal yang penting. Jika sampai berubah-ubah karena format dokumen yang berbeda di perangkat-perangkat, tentu membuat tulisan tidak orisinil lagi.

Baca :   5 Cara Memilih Laptop Baru Yang Berkualitas

Karena biasanya, ketika seseorang mengirim word, lalu si penerima membuka lewat handphone, format bisa jadi tiba-tiba berubah. Lalu tidak sengaja kesimpan.

Lalu si penerima tadi mengirim lagi ke orang lain, nantinya format tulisannya bisa berubah lagi. Jika kamu mengubah tulisanmu ke pdf, maka hal ini tidak akan terjadi karena pdf tidak bisa diubah-ubah.

 

3. Mobile friendly

Sekarang kamu tahu kalau format PDF lebih ramah seluler (format yang paten). Ini karena pdf bekerja ibarat gambar yang tidak dapat diedit.

Kamu harus tau, kalau komputer dan hp itu berbeda, dan kamu bisa merusak file jika tidak berformat pdf dan dikirim-kirim dari komputer ke hp.

 

4. Aman

Dokumen PDF juga dapat dilindungi melalui password. Dengan menambahkan password, tentu file kamu akan lebih aman karena terenkripsi. Tidak ada yang bisa membuka tulisan kamu kecuali orang yang tau password-nya.

 

Bagaimana Cara Mengubah Word ke PDF ?

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengubah word ke PDF. Pertama adalah cara manual dan yang kedua adalah cara yang lebih modern yaitu menggunakan tools word to PDF converter.

 

Cara Mengubah Word ke PDF Manual

  • Buka file word yang ingin diubah ke pdf
  • Pilih file di pojok kiri atas
  • Di sana, pilih opsi Save as (Simpan sebagai)
  • Di opsi ini, kamu bisa set lokasi baru, rename file, dan ubah formatnya ke PDF.

Cara mengubah word ke pdf seperti ini memang mudah. Tapi bagaimana jika file yang ingin kamu ubah ke pdf banyak sekali. Tentu cukup melelahkan bukan? Jawabannya adalah dengan menggunakan tools online word to pdf converter tools.

Baca :   Cara Auto Klik Android Tanpa Root dengan FRep - Finger Replayer

 

Cara mengubah word ke pdf banyak sekaligus dengan tools online

sebenarnya ada banyak sekali tools online yang bisa membantu mengubah word ke PDF. Tapi sangat penting bagi kamu untuk memilih tools yang lebih aman dan dan lebih mudah digunakan.

Tools pengonvert word ke pdf oleh https://www.duplichecker.com/id/word-to-pdf.php adalah tools yang sangat kami rekomendasikan buat kamu untuk mengonversi word ke pdf banyak sekaligus. Tools ini gratis, tapi membawa fitur seperti fitur premium. Kamu bisa mencari tools ini dengan mudah di browsermu dan dapat digunakan di perangkat manapun.

  • Proses konversi word ke pdf di web ini juga sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :
  • Buka toolsnya di browsermu. Kamu bisa menemukan tools ini di bawah conversion tools di interfecae duplichecker.
  • Kamu harus klik tombol unggah/upload dan cari file yang ingin diubah ke pdf tadi.
  • Klik tombol convert to pdf
  • Ulangi langkah-langkahnya

Sekian cara mengubah word ke pdf dengan mudah. Kami bisa bagikan artikel ini melalui tombol sosial media di bawah agar orang lain bisa mendapatkan manfaat