Layar HP sering mencet sendiri kemana-mana? Lakukan cara mengatasi ghost touch di android berikut ini.

Ghost touch merupakan istilah yang diberikan kepada smartphone saat mengalami kerusakan pada layarnya yang mana sebagian dari touchscreennya akan bergerak sendiri walau tanpa kita sentuh.

Kerusakan ini tidak memandang jenis layar, baik itu layar OLED, amoled, IPS, ataupun TFT semuanya bisa kena masalah ini. Lalu apakah ghost touh bisa diatasi tanpa harus ganti layar?

Kebanyakan kasus ghost touch terjadi karena hardware, baik itu dari sambungan kabel fleksibelnya yang renggang, terkena air atau tertutup kotoran, IC yang rusak, bisa juga dari panel layar yang memang rusak.

Jika pengaruh dari software, kemungkinan terbesarnya adalah karena pembaruan sistem software yang tidak kompatibel. Tapi kasus ini jarang sekali terjadi.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut cara memperbaiki dan mencegah ghost touch di android samsung, xiaomi, oppo, vivo, asus, pocophone, dll yang layarnya mencet kemana-mana.

10+ Cara Mengatasi Ghost Touch di Android yang Mencet Kemana-mana dan Terus

Berikut ini kami berikan beberapa solusi yang bisa kamu lakukan bila mengalami masalah ghost touch pada smartphonemu.

1. Menghentikan Pemakaian Saat HP Terasa Panas

Kebiasaan main game tanpa terkontrol bisa membuat smartphone kita mudah rusak. Mulai dari baterai yang cepat menggembung, IC mesin yang mudah aus, hingga berakibat kerusakan pada layar.

Jadi bila smartphonmu sudah menunjukan tanda-tanda terkena ghost touch, jangan dipaksakan untuk digunakan hingga panas.

Batasi waktu main game dan penggunaan harian agar ghost touchnya tidak menyebar, karena jika sudah parah layar akan blank sepenuhnya tanpa bisa kita gunakan lagi.

Baca :   4 Cara Menjual Hasil Foto Lewat Internet

2. Memastikan Charger yang Digunakan Tepat

Nggak harus pakai charger ori bawaan pabrik, pakai merk lain pun bisa asalkan daya input dan output chargernya sesuai dengan kebutuhan smartphone kita.

Karena bila kelebihan arus listrik yang masuk bisa mengakibatkan layar menerima beban aliran listrik diluar batas, sehingga mengakibatkan tiap pixel layarnya mati atau eror.

3. Cek Kesehatan Touchscreen

Cara Mengatasi Ghost Touch Android

Deadpixel / deadspot pada layar menjadi penyebab utama layar mengalami ghost touch. Cara mengatasi ghost touch android bisa dengan menggunakan aplikasi “Dead Pixels Test and Fix” dari ZookSoft.

Dengan begini, kita dapat mengetahui apakah ada pixel yang rusak dan bisa kita repair sekaligus dengan aplikasi ini walaupun butuh waktu lama.

Kamu bisa mengecek tiap pixelnya secara manual ataupun otomatis sampai menemukan dimana lokasi persisnya deadspot berada.

4. Cek Kesehatan Baterai

Apakah baterai berpengaruh pada layar?. Tentu, karena baterai yang sudah usang tidak akan mengalirkan daya yang sesuai dengan kebutuhan layar.

Akhirnya layar menjadi bermasalah yang berakhir ghost touch. Selain itu, baterai yang menggelembung juga akan menekan komponen lain seperti layar.

Untuk itu, jika kesehatan baterai sudah terganggu, langsung saja kalian ganti agar tidak menambah parah kerusakan yang terjadi.

5. Kalibrasi Layar Sentuh

Jika cara memperbaiki ghost touch android sebelumnya tak juga membuahkan hasil, maka kita bisa lakukan kalibrasi layar. Langkah untuk melakukannya cukup simpel, silakan download aplikasi “Kalibrasi Layar Sentuh” by RedPi Apps yang berukuran 1 MB an.

Lalu jalankan aplikasi, disana ada beberapa tahapan test kalibrasi. Setelah selesai baru kita restart smartphone kita agar layar kembali normal. Dan jika masih eror juga, kemungkinan terbesar adalah karena pengaruh dari hardware.

6. Lakukan Reset Pabrikan

Cara memperbaiki ghost touch Android

Reset pabrikan / factory reset dilakukan saat ada masalah serius pada software agar semuanya kembali seperti awal kita beli. Langkah ini bisa diambil jika berbagai cara mengatasi ghost touch android sebelumnya belum berhasil kamu lakukan.

Namun, risiko kehilangan data bisa terjadi jika belum membackupnya dengan baik tentang semua data-datanya. Harapannya dengan melakukan factory reset, sistem yang menyebabkan layar ghost touch bisa teratasi.

Baca :   3 Cara Restart Ulang/ Reset Ulang HP Samsung Semua Tipe dengan Cepat dan Mudah

7. Melakukan Pengecekan Hardware

Langkah cara mengatasi ghost touch tentu harus dilakukan oleh kamu yang ngerti tentang hardware smartphone. Jika belum tahu, sebaiknya jangan lakukan lebih baik minta bantuan ahli seperti tukang service. Lagian nanti kita butuh perangkat pengganti yang mungkin terjadi kerusakan.

Karena ghost touch ini bisa terjadi karena kerusakan beberapa komponen hardware. Misalnya karena pengaruh dari IC, kabel fleksibel yang longgar atau putus, atau karena eror dari layarnya itu sendiri. Sehingga tau mana yang harus diganti.

8. Gunakan Tempered Glass yang Berkualitas

Cara memperbaiki touchscreen Android yang kesana sini

Jika kamu sudah melakukan service, maka untuk menghindari hal terulang kembali adalah dengan menggunakan tempered glass yang berkualitas. Ada beberapa manfaat penggunaan tempered glass bagi layar.

Misalnya mencegah penekanan berlebihan pada satu spot touchscreen secara langsung dan mengalirkan panas secara lebih merata pada semua sisi, bahkan jika menggunakan yang berkualitas panas itu bisa diredam dengan baik.

9. Jangan Gunakan Saat Charging

Di beberapa merk dan tipe smartphone, saat mengecas bisa mengalami ghost touch. Ini karena adanya aliran listrik di layar smartphone sehingga membuatnya susah digunakan saat charging.

Jadi, jangan gunakan smartphone saat charging. Selain itu, menggunakan smartphone saat charging juga berisiko merusak baterai smartphone.

10. Ganti Touchscreen

Jika semua langkah cara mengatasi ghost touch android di atas tidak bekerja, maka solusi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti touchscreen.

Jika kamu tidak bisa mengganti touchscreen sendiri, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah membawanya ke tukang servis smartphone. Tapi bawalah duit lebih karena tukang servis mematok harga yang berbeda-beda untuk servis touchscreen.

Akhir Kata

Demikianlah 8 macam cara mengatasi ghost touch android yang kami rasa kamu bisa melakukan beberapa diantaranya. Yang perlu diingat, saat terjadi ghost touch walau hanya kadang-kadang dan sedikit yang terpengaruh, segeralah dilakukan pengecekan. Sehingga kita bisa melakukan tindakan pencegahan dan perbaikan agar tidak bertambah parah erornya.