Kamu seorang mahasiswa dan ingin sering membaca jurnal tapi tak tau dimana tempatnya? Coba cek web untuk mencari jurnal nasional dan internasional gratis berikut ini.

Bagi seorang pelajar terutama mahasiswa tentu sangat membutuhkan banyak sekali jurnal sebagai referensi pembuatan karya ilmiah atau skripsinya. Semakin banyak jurnal yang didapat, maka semakin valid referensi yang kita miliki sebagai bahan dasar sumber penelitian kita.

Jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, jurnal bukan hanya hasil analisa dari suatu penelitian semata.

Ada juga beberapa jenis jurnal lain yang biasa kita temui seperti halnya proposal penelitian, metodologi ilmiah, tinjauan literatur, hasil analisis lapangan, dan juga rekomendasi eksperimen. Jurnal-jurnal inilah yang berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan dan sains hingga saat ini.

Jika kamu sedang mencari buku kuliah, situs download buku kuliah berikut bisa juga kamu cek.

Rekomendasi 8+ Web untuk Mencari Jurnal Skripsi Nasional dan Internasional secara Gratis dan Lengkap

Berikut ini beberapa situs web penyedia jurnal gratis yang telah diakui oleh beberapa peneliti baik untuk jurnal farmasi, kesehatan, sains, farmasi, bahasa Indonesia, hukum, lingkungan, sipil, pertambangan, statistika, informatika, biologi, dan masih banyak lagi.

1. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

situs untuk mencari jurnal skripsi

Salah satu web untuk mencari jurnal skripsi nasional gratis terbaik yang dijadikan rujukan oleh para mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Kamu bisa memanfaatkan situs ini untuk mencari berbagai jenis jurnal secara lengkap mulai dari teknologi dan iptek, kesehatan, keanekaragaman hati dan lingkungan, pertanian, energi dan tranportasi, keuangan, keamanan dan pertahanan dan sebagainya dalam menu direktori ilmiah yang dapat diakses secara publik tanpa perlu mendaftar keanggotaan terlebih dahulu.

Baca :   4 Cara Menjual Hasil Foto Lewat Internet

Situs web: lipi.go.id

2. Perpusnas RI

web penyedia jurnal ilmiah gratis

Perpustakaan Republik Indonesia juga punya digital library yang memuat hingga ribuan softfile dengan kualitas terbaik loh. Salah satu web untuk mencari jurnal penelitian ini memiliki sekian banyak jurnal yang berbahasa Indonesia maupun Inggris yang bisa kita baca secara gratis, namun harus menjadi member resmi terlebih dahulu untuk bisa membacanya.

Kamu bisa mendaftar terlebih dahulu di link berikut keanggotaan.perpusnas.go.id, jika pendaftaran gagal silakan bisa hubungi ke email layanan_keanggotaan@perpusnas.go.id.

Situs web: e-resources.perpusnas.go.id

3. Microsoft Academy

web untuk mencari jurnal penelitian

Bisa dikatakan Microsoft Academy merupakan web untuk mencari jurnal internasional gratis yang memuat jurnal terlengkap dan tentunya semuanya telah terverifikasi dan valid.

Sampai artikel ini ditulis, Microsoft Academy telah memiliki 241.305.257 data yang telah terpublikasi yang diupload oleh lebih dari 244.678.980 publisher dengan memiliki topik sebanyak 741.034 dan 48.955 jurnal dari 25.772 institusi. Kearena ini adalah web internasional, kita tentunya hanya menemukan berbagai jurnal yang tersaji dalam bahasa Inggris.

Situs web: academic.microsoft.com

4. Academia.edu

Salah satu web untuk mencari jurnal skripsi yang jadi andalan para mahasiswa tingkat akhir. Bahkan para guru, dosen, dan peneliti juga banyak mendapatkan referensi jurnal ilmiah dari situs ini karena terkenal akan lengkapnya artikel yang bisa mereka cari.

Seperti jargonnya “Share Research”, kamu bisa berbagi riset dan penelitianmu kepada para peneliti lain.

Kamu juga dapat saling follow antar peneliti untuk mendapatkan info terupdate seputar penelitian terbarunya. Jadi bisa dikatakan academia.edu ini seperti sosial medinya para peneliti.

Situs web: academia.edu

5. Google Schoolar

web untuk mencari jurnal skripsi

Sebenarnya ini bukanlah web untuk mencari jurnal gratis seperti sebelumnya. Kamu bisa menggunakan Google Schoolar hanya untuk membantu mencari jurnalnya saja, karena sumbernya berasal dari berbagai situs penyaji jurnal ternama seperti CDC, NEJM, JAMA, Lancet, Cell, BMJ, Oxford, Wiley, medRxiv, Nature, Science, Elsevier dan masih banyak lagi.

Baca :   8 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Gratis di Android dan iPhone

Jadi saat kamu berhasil mencari dengan judul, topik dan tema yang tepat, nantinya akan diarahkan ke beberapa situs tersebut.

Situs web: scholar.google.co.id

6. Garba Rujukan Digital (GARUDA)

web untuk mencari jurnal nasional

Susah mencari web untuk mencari jurnal indonesia dengan rujukan yang memuat berbagai jurnal berbahasa Indonesia yang lengkap?

Di Garda kamu bisa menemukan berbagai jurnal dan hasil riset tervalidasi yang sangat lengkap loh. Sampai artikel ini ditulis, Garda telah memiliki 1.215.765 artikel dengan lebih dari 1700 publisher, 40 topik dan 10.112 jurnal yang dapat kamu akses secara gratis.

Dari segi tampilan user interface dan kecepatan loading, situs penyedia jurnal nasional ini terbilang sangat bagus dan dapat diakses secara responsif di perangkat smartphone sekalipun.

Situs web: garuda.ristekbrin.go.id

7. International Organization of Scientific Research (IOSR)

IOSR merupakan web untuk mencari jurnal penelitian internasional yang bersifat open access dan independen, artinya tidak terkait dengan pemerintah manapun. Kamu bisa menemukan berbagai jenis penelitian dari para profesor yang ahli dibidangnya masing-masing.

Situs web: iosjournals.org

8. Directory Of Open Access Journals (DOAJ)

web untuk mencari jurnal internasional

Sebuah directory jurnal terbuka yang dapat kamu akses secara gratis tanpa perlu mendaftar dan tanpa perlu takut kekurangan referensi.

Ada setidaknya 20 ribu jurnal terkenal yang ada di website ini yang jadi rujukan para periset internasional.

DOAJ ini ibarat gudangnya jurnal, jadi kamu bisa mencari jurnal jenis apapun disini, tapi karena targetnya internasional, maka hanya menyediakan artikel berbahasa Inggris.

Situs web: doaj.org

Akhir Kata

Kedelapan jenis web untuk mencari jurnal skripsi nasional dan internasional gratis di atas bisa kamu nikmati secara gratis dengan berisikan berbagai macam topik yang berguna untuk kebutuhan riset dan penelitianmu.