Mau belajar bahasa arab? Simak rekomendasi aplikasi belajar bahasa arab dari kami. Berikut daftar aplikasi belajar bahasa arab offline dan online terbaik dari TumesKecil.com

Tahukah kamu, bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang menduduki peringkat 7 besar sebagai bahasa dengan penutur terbanyak di dunia.

Dilansir dari Wikipedia, ada lebih dari 250 juta orang penutur asli bahasa Arab, karena itulah bahasa ini masuk ke dalam daftar bahasa terpopuler di dunia.

Bahkan dalam beberapa referensi, menyatakan bahwa bahasa arab adalah bahasa tertua di dunia yang menjadi cikal bakal berbagai bahasa di dunia.

Sebagai umat muslim, kita pasti menggunakan bahasa arab di ibadah kita sehari-hari, baik itu dalam sholat, membaca Al Quran, dzikir, adzan, ceramah dan sebagainya. Namun apakah kamu paham makna dari bahasa arab tersebut atau hanya sekedar bisa mengucapkannya saja?

Untuk itu, agar kita bisa lebih baik lagi dalam memperdalam ilmu agama, mau tidak mau harus belajar bahasa arab terlebih dahulu. Apalagi belajar bahasa arab saat ini sangatlah mudah, hanya dengan mendownload berbagai aplikasi belajar bahasa arab offline  dan online terbaik, maka kita bisa mempelajari sepuasnya sampai fasih.

Omong-omong, selain bahasa arab, ada juga aplikasi belajar inggris, korea, malaysia, prancis, thailandjepang yang bisa kamu coba.

Berikut macam-macam aplikasi belajar bahasa arab free terbaik yang cocok untuk kamu yang masih pemula /dari nol, ataupun yang sudah pro. Langsung download dan install untuk mengetahui mana aplikasi yang cocok untukmu.

 

1. Kamus Arab Indonesia – Ristek Muslim

aplikasi belajar bahasa arab offline

Rating :  ★4,6 dari 17.064 orang

Kamus Arab Indonesia merupakan aplikasi belajar bahasa arab terbaik karya anak bangsa yang dibuat oleh developer dari Surabaya yang bernama Ristek Muslim.

Aplikasi ini benar-benar bisa digunakan secara offline, tanpa perlu koneksi internet sekalipun. Bagi kamu yang masih pemula, aplikasi ini sangat cocok untukmu, karena teknik awal belajar bahasa yang baik adalah dengan menghafalkan kosa katanya. Selain itu, aplikasi ini dapat dipadukan dengan aplikasi pembelajaran lain agar saling melengkapi.

Baca :   7 Aplikasi Belajar Bahasa Mandarin Terbaik di Android dan iPhone

Kelebihan aplikasi ini ialah yang bebas iklan dan bebas langganan. Didalamnya ada lebih dari 154.644 data base kosa kata dengan mu’jamul arab sebanyak 29803 mufrodat serta kamus almufid yang berisi jam taksir, uslub dan contoh kalimat sebanyak 2449 kosa kata.

Selain ada fitur penulisan, namun kamu harus mendownload aplikasi google keyboard atau aplikasi lain yang support bahasa arab. Bagi yang punya HP spek minim, adapula kamus arab indonesia versi lite yang sama-sama terbitann Ristek Muslim.

 

2. DuoLingo

aplikasi belajar bahasa arab terbaik

Rating :  ★4,7 dari 9.596.070 orang

Editor choices ☑

Aplikasi ini menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi belajar bahasa dengan jumlah installan terbanyak.

Teknik pembelajarannya yang simpel namun memiliki materi yang lengkap seperti bab membaca, mendengarkan, menulis, serta mengucapkan membuat aplikasi ini benar-benar disukai banyak orang. Bahkan dengan interfacenya yang unik membuat DuoLingo menjadi aplikasi belajar bahasa arab untuk anak .

Aplikasi ini dapat digunakan secara offline, namun kamu harus mendownload materinya terlebih dahulu. Selain itu, saat kita sedang offline, materi latihan membaca dan mendengarkan menjadi hilang.

Untuk mengetahui tingkat kemampuan berbahasa arab kita, aplikasi ini menggunakan sistem poin dan level. Sehingga kita bisa mengeveluasi sudah sejauh mana kefasihan kita dalam berbahasa arab.

 

3. Memrise

aplikasi belajar bahasa arab gratis

Rating :  ★4,6 dari 1.333.574 orang

Editor choices ☑

Memrise menduduki peringkat 1 pilihan editor di Play Store sebagai aplikasi belajar bahasa arab yang terbaik. Ini dikarenakan aplikasi ini menyediakan materi yang super lengkap dan dilengkapi fitur yang sangat menarik.

Diantaranya ada materi pembelajaran dasar (membaca, mendengar, berbicara, menulis), latihan, test, quiz, sampai ada pula bot yang membantu menjelaskan sesuatu bila kita bingung.

Sama seperti DuoLingo, untuk menggunakan aplikasi ini secara offline, maka kita diharuskan mendowload materinya terlebih dahulu.

Baca :   5 Aplikasi Edit Video Terbaik! Fiturnya Lengkap Banget

Namun untuk beberapa konsep materi dan latihan dasar tetap bisa dinikmati offline tanpa perlu mendownloadnya terlebih dahulu.

 

4. Tandem

aplikasi belajar bahasa arab terbaik android

Rating :  ★4,5 dari 151.390 orang

Editor choices ☑

Jika rekomendasi aplikasi belajar bahasa arab sebelumnya dikhususkan untuk para pemula, tandem ini lebih cocok untuk kamu yang sudah berada di level lebih tinggi, karena sejatinya tandem adalah aplikasi pertukaran bahasa yang memuat hingga 160 lebih bahasa di dunia.

Nantinya antar pengguna dapat saling chat dan ngobrol langsung dengan para penutur asli untuk saling mengoreksi dan mengukur tingkat kemampuan berbahasanya masing-masing. Tak hanya itu, di tandem juga menyediakan berbagai konsep pembelaran yang bisa kamu pelajari secara offline.

Tandem memiliki sistem seleksi yang baik, jadi kamu tidak akan sering menemui berbagai pesan SPAM atau penipuan seperti yang sering dialami di aplikasi pertukaran bahasa lainnya.

Jadi, selain bisa menambah wawasan bahasa arabmu, kamu juga bisa mendapatkan teman dari negara-negara Arab. Menarik bukan?

 

5. Belajar Arab gratis (Mondly) – ATi Studios

aplikasi belajar bahasa arab cepat

Rating :  ★4,7 dari 33.540 orang

Editor choices ☑ (Mondly asli)

Aplikasi belajar bahasa arab gratis yang terakhir adalah Belajar Arab Gratis (Mondly) garapan dari ATi Studios. Dengan app ini, kamu bisa belajar Bahasa Arab dengan sangat mudah dan efektif.

Belajar Arab gratis (Mondly) didesain agar kamu mudah menghafal kosakata Bahasa Arab, membuat kalimat Arab, menguasai frasa Arab, dan fasih berbahasa Arab sehari-hari. Ini karena Mondly memiliki teknik belajar yang cukup menarik dan mebuat semua yang diajarkan aplikasi ini dapat tertancap kuat di otakmu.

Karena komplitnya fitur yang dimiliki Belajar Arab gratis (Mondly) ini, membuat layaknya kamu memiliki seorang guru pengajar Bahasa Arab virtual. tertarik mencobanya?

 

Akhir Kata

Demikianlah berbagai macam aplikasi belajar bahasa arab terbaik baik online dan offline di android dan ios yang bisa kamu gunakan. Semoga bisa membantumu agar lebih banyak belajar bahasa arab sehingga cepat fasih secara secara sempurna.