Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung (ITB), mungkin salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit yang kamu pilih untuk melanjutkan perkuliahan.

Namun, untuk lolos dan menjadi mahasiswa di PTN memang tidaklah mudah. Tingginya minat peserta yang ikut serta, soal yang sulit, serta tidak siapnya dalam mengikuti tes adalah penyebab banyak peserta yang tidak lolos.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa kita sebut dengan SBMPTN adalah salah satu cara untuk kamu yang ingin di Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN ini sendiri merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri, menggunakan pola ujian tertulis secara nasional, yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan. Baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Berikut lima tips sukses mengikuti SBMPTN.

Simak 5 Tips Sukses SBMPTN Berikut Ini

1. Tentukan Target

Tips sukses SBMPTN yang pertama adalah menentukan target. Tentukan targetmu terlebih dahulu karena akan lebih mudah untuk berhasil jika Kamu paham pada targetmu sendiri. Jurusan apa dan universitas apa yang Kamu targetkan. Kemudian berusahalah sambil terus mengingat target yang Kamu miliki.

2. Kenali dirimu

Mungkin banyak di antara kita yang punya cita-cita besar buat hidupnya ke depan. Namun, jangan sampai melebihi batas kemampuanmu sendiri. Sebab, setiap orang sudah punya kemampuan dan bakat tersendiri yang diberikan oleh Tuhan.

Misalnya, kamu memiliki bakat di bidang musik, tetapi karena ikut-ikutan teman, kamu jadi memilih jurusan Ekonomi. Padahal  hal tersebut malah membuatmu terbebani karena memilih jurusan yang tidak kamu sukai.

Baca :   9 Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Kamu Coba

Sehingga pemilihan jurusan juga hal yang sangat penting dan menentukan, karena jika salah memilih jurusan akan membuatmu merasa malas dan jenuh menjalani kuliah nantinya. Sehingga kata mutiara ini bisa jadi motivasi kita “hasil tidak akan menghianati kerja keras”.

3. Ikuti try out SBMPTN 

Tak ada salahnya juga kamu mencoba untuk cari soal-soal ujian SBMPTN sebelumnya dan pelajari dengan seksama. Soal-soal ujian SBMPTN itu dari tahun ke tahun polanya tidak jauh beda. Makanya jika kamu sering atau akrab dengan soal maka kamu tidak akan kesulitan mengerjakannya.

Pelajari soal dari yang termudah kemudian naik ke level menengah sampai level sulit. Pastikan kamu menguasai dulu soal bertipe mudah, jika sudah beres baru lanjut ke level selanjutnya.

Salah satunya kamu bisa memilih RuangGuru sebagai tempat latihan soal. Sebab, di RuangGuru kamu bisa berlatih mengerjakan soal dengan fleksibel, baik dalam segi tempat ataupun waktu. Soal-soal tersebut bisa kamu download dari gadgetmu. Jadi, lebih praktis dan mudah.

4. Mempersiapkan fisik dan menjaga kesehatan

Tips sukses SBMPTN lain yang tidak kalah penting yaitu kamu harus mempersiapkan fisik dan kesehatanmu agar dapat mengerjakan setiap soal dengan maksimal. Untuk itu, kamu perlu menjaga kesehatanmu sehingga saat mengikuti ujian, dirimu dalam keadaan paling fit.

Kalau perlu, konsumsi vitamin dan suplemen yang kiranya dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Jangan lupa, kurangi kegiatan-kegiatan yang kiranya dapat menguras tenaga dan mengganggu kesehatanmu, khususnya kesehatan mata.

5. Berdoa dan Percaya Diri

Jangan lupa berdoa sebelum menghadapi ujian SBMPTN. Berdoa bisa membantu Kamu lebih tenang dan lebih percaya diri. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan saat menjalani ujian agar Kamu lebih yakin dan fokus.