Mengalami masalah error msftconnecttest redirect ? Tenang, karena di artikel ini akan kami bahas cara mengatasi error msftconnecttest redirect di Windows 10 .

Sebagai sistem operasi terbaru dan terbaik dari Microsoft, Windows 10 menghadirkan beberapa pembaruan penting seperti peningkatan performa, perbaikan UI dan UX, dan peningkatan keamanan.

Walaupun demikian, baru-baru ini banyak pengguna yang mengalami masalah dimana perangkat mereka tidak bisa terhubung ke internet dengan pesan eror yang muncul berupa “msftconnecttest.com/redirect. Application not found”.

Pada dasarnya “msftconnecttest.com/redirect” merupakan fitur dari Network Connectivity Status Indicator (NSCI) yang bertugas untuk memutuskan jaringan internet terbaik untuk sebuah aplikasi dan mengalihkan ke beberapa bagian jaringan.

Kesalahan sejenis ini juga kerap terjadi di Windows, contoh lainnya adalah dciman32 dll Not Found, Missing atau Rusak 

Hal ini akan baik-baik saja dan tidak ada masalah bila sebuah jaringan dialihkan ke URI yang benar. Namun dalam beberapa kasus dapat terjadi kesalahan yang mana jaringan dialihkan ke dua URI yang terkait dalam sebuah MSN, lalu dikembalikan kehalaman statis yang menyebabkan eror seperti yang anda lihat.

Penyebab Eror “msftconnecttest redirect” pada Windows 10

Dari beberapa laporan pengguna, masalah ini memang sering terjadi pada perangkat dengan sistem operasi Windows 10. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa versi sebelumnya terutama versi Windows 8 juga dapat mengalaminya karena jika dilihat dari pusat masalahnya, hal ini bisa terjadi pada semua versi. Nah berikut adalah 2 masalah utama yang menyebabkan terjadinya kesalahan “msftconnecttest redirect” pada Windows 10:

  • Kesalahan konfigurasi HTTP/HTTPS: kesalahan konfigurasi HTTP/HTTPS umumnya terjadi akibat protokol default yang belum dipilih dengan jelas. Masalah ini tidak hanya terjadi di browser, tapi di semua aplikasi yang terjadi proses download data melalui jaringan internet.
  • Kegagalan test koneksi jaringan: setiap detiknya aplikasi akan melakukan ping ke internet guna memastikan koneksi internet masih tersambung dengan baik atau tidak. Dalam beberapa kasus terjadi kegagalan tes sehingga menyebabkan masalah pada pengalihan koneksi.
Baca :   5 Cara Memilih Laptop Baru Yang Berkualitas

Dengan memahami 2 hal penyebab dari eror “msftconnecttest redirect”, maka kita dapat mendiagnosa lebih lanjut masalah yang terjadi. Dengan ini nantinya akan ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya sesuai dengan penyebab yang telah diidentifikasi.

2+ Cara Mengatasi Error msftconnecttest redirect di Windows 10 dengan Mudah

Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa disimpulkan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada eror “msftconnecttest redirect”:

Cara 1 : Mengubah Konfigurasi HTTP/HTTPS

Dalam beberapa kasus yang sering terjadi, kekeliruan konfigurasi HTTP/HTTPS terjadi akibat browser default yang belum menentukan sambungan protokol yang tepat baik itu HTTP maupun HTTPS. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi pengaturan dengan cara menekan tombol Windows dan tombol I secara bersamaan

2. Klik menu Apps dan cari Default Apps dari panel sebelah kiri, jika sudah silakan klik

3. Klik bagian Choose default apps by protocol pada beberapa pilihan yang ada

Choose default apps by protocol

4. Scroll ke bawah dan Klik Select a default browser pada HTTP

5. Pilih browser yang ada pada list

6. Klik Select a default browser pada HTTPS

7. Pilih browser yang ada pada list

Select a default browser pada HTTPS

8. Tutup jendela dan restart laptop / komputer anda

Cek dulu apakah eror masih atau tidak. Bila sudah melakukan langkah demi langkah dengan baik namun masih eror, maka silakan ikuti langkah kedua di bawah ini.

Cara 2: Menonaktifkan Tes Koneksi Jaringan

Tips memperbaiki eror msftconnecttest redirect yang bisa anda lakukan jika langkah pertama gagal ialah dengan menonaktifkan tes koneksi jaringan.

Secara default, komputer kita telah dikonfigurasi agar selalu melakukan tes koneksi tiap kali aplikasi tersambung ke internet, lalu kesalahan dalam tes terjadi dan memicu terjadinya eror.

Baca :   7 Cara Menghemat Baterai HP Android Saat di Perjalanan Jauh

Dengan menonaktifkan pengaturan tes koneksi jaringan diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut. Untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Jalankan Windows Run dengan menekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan

2. Pada kolom yang ada silakan ketikan regedit lalu tekan tombol enter

3. Setelah window baru terbuka ketikan tulisan berikut pada address bar:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\NlaSvc\Parameters\Internet

4. Cari EnableActiveProbing lalu dobel klik

5. Pada kolom Value data ketikan lalu klik OK

Cara Mengatasi Error msftconnecttest redirect di Windows 10

6. Tutup aplikasi lalu restart perangkat anda

Dengan menggunakan dua cara memperbaiki eror msftconnecttest redirect di windows 10 atas kami jamin masalah pada komputer anda dapat teratasi. Yang terpenting adalah memastikan bahwa langkah-langkah yang anda lakukan sudah sesuai dengan petunjuk dan dilakukan dengan urutan yang tepat.