Mengalami file dciman32.dll hilang ? tenang, dulu, karena kali ini TumesKecil bakal bagikan cara mengatasi dciman32 dll Not Found, Missing atau Rusak di Windows 7, 8, dan 10.

Dalam perangkat komputer atau laptop Windows kita secara default sudah terinstall dciman32.dll. File ini merupakan salah satu komponen sistem yang berhubungan dengan Display Control Interface Manager. Kerusakan dan eror pada file ini disebabkan banyak hal, mulai dari ketidaksengajaan terhapus, serangan virus, problem pada hardware serta masalah registry windows.

dciman32.dll sendiri berupa Dinamic Link Library (dll) dari DCIM (Display Control Interface Manager) yang mengatur akselerasi hardware yang berhubungan dengan display selama pemanggilan data memori video. Untuk itulah kesalahan / pesan eror ini sering terjadi saat sedang membuka gambar, video, games, ataupun membuka aplikasi pengolah data seperti Ms Office.

Kehilangan file semacam ini juga kerap terjadi di Windows, contoh lainnya adalah Error msftconnecttest redirect not found juga.

Jika terjadi kesalahan, beberapa pesan yang akan muncul pada perangkat windows kita ialah sebagai berikut :

“dciman32.dll is not found”

“dciman32.dll is missing”

“Cannot find [PATH] \ dciman32.dll”

“Cannot start [APP]. A required component is missing: dciman32.dll Please install [APP] again!”

“This App failed to start because dciman32.dll ws not found. Re-installing the application may fix the problem”

Bila anda mengalami hal tersebut maka tidak perlu khawatir. Disini kami akan mengulas dengan detail tentang bagaimana cara meperbaiki dciman32.dll yang tidak ditemukan atau rusak.

Cara Mengatasi dciman32 dll Not Found, Missing atau Rusak di Windows 7, 8, dan 10

Salah satu keunggulan dari Windows ialah memiliki salinan cache pada folder %WinDir%\System32\dllcache. Jadi bila terdapat file yang hilang maka Windows dapat mendiagnostic dan melalukan perbaikan pada file tersebut dengan menggunakan file salinan yang ada pada folder cache tersebut.

Baca :   3+ Cara Membuka Whatsapp yang Diblokir Teman dengan Mudah

Untuk melakukan perbaikan dciman32.dll maka kita bisa menggunakan SFC (System File Checker) yang pada dasarnya akan mendiagnosa file yang hilang dari folder salinan cache. Ini di langkah-langkahnya:

  • Bagi pengguna Windows 8 atau Windows 10 silakan klik dan tahan tombol Windows lalu tekan tombol huruf X
  • Setelah itu pilih Command Prompt (Admin) pada urutan menu yang tersedia
  • Jika anda adalah pengguna Windows 7 atau Windows Vista maka klik tombol Start lalu ketikan CMD
  • Setelah itu tinggal klik kanan pada CMD dan pilih Run as Administrator
Mengatasi dciman32 dll Not Found
  • Pada aplikasi Command Prompt silakan ketik perintah / command seperti di bawah lalu klik enter.

sfc /scannow

Command di atas akan memberitahukan kepada SFC (System File Checker) untuk mengecek dan menganalisa semua file dalam sistem windows. Saat SFC tool ini menemukan sebuah masalah seperti ada file yang hilang ataupun yang rusak, maka akan memperbaikinya sendiri dengan mengambil dari folder dll cached.

Namun kadang beberapa hal terjadi sehingga SFC tool tidak dapat melakukan repair atau perbaikan sendiri. Jika hal semacam itu terjadi, maka kita dapat menggunakan Deployment DISM (Imaging and Servicing Management) dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Hubungkan perangkat dengan internet yang stabil
  • Buka kembali jendela Command Prompt dan ketikan perintah seperti di bawah ini:

dism /online /cleanup-image /restorehealth

  • setelah itu ketik lagi seperti sebelumnya:

sfc /scannow

  • Lalu tekan tombol enter dan biarkan sistem melakukan perbaikan secara online dengan menggunakan image source. SFC sendiri akan mendownload file dciman32.dll dan memasangnya ke dalam perangkat Windows anda
  • Terakhir silakan lakukan Restart dan cobalah buka aplikasi yang menampilkan eror sebelumnya. Dengan cara ini seharusnya eror ini dapat teratasi dengan mudah.
Baca :   Cara Mengatasi Kuota YouTube Xtra Combo XL Tidak Bisa Dipakai

Bagaimana, mudah bukan cara mengatasi dciman32 dll not found , missing, atau rusak ini? Saat anda mengalami eror semacam ini langsung saja gunakan beberapa langkah seperti di atas, dijamin masalah akan langsung teratasi.