Ada banyak aplikasi mengembalikan foto yang terhapus permanen yang bertebaran di luar sana. Kita tinggal memilih mana yang sesuai dengan yang kita butuhkan dan mana yang tidak.

Ini karena tidak semua aplikasi tersebut bisa mengembalikan foto sepenuhnya, terutama yang telah terhapus permanen.

Nah berikut ini kami sajikan beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus :

A. Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android Tanpa Root

Nah, berikut daftar aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di hp android :

1. Dumpster – Baloota

aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di android

Rating  ★4,1

Bisa dikatakan jika dumpster ini adalah Recycle Bin nya perangkat smartphone. Setiap file yang terhapus akan masuk ke bin dumpster, tapi bukan dalam penyimpanan lokal melainkan dalam dumpster cloud storage.

Kamu tinggal masuk ke penyimpanan cloud untuk mengembalikan fotonya.

2. Restore Image (Super Easy) – AlpacaSoft

aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di memory card

Rating  ★4,0

Seperti namanya, aplikasi mengembalikan foto yang terhapus lama di android ini berguna untuk mengembalikan semua foto yang telah terhapus yang bekerja dengan merestor tiap fotonya yang telah tersimpan pada penyimpanan cadangan internal.

Aplikasi ini cukup populer, memiliki lebih dari 10 juta pengguna.

3. DiskDigger Photo Recovery – Defiant Technologies LLC

aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di kartu memori

Rating  ★3,8

Baca :   5 Aplikasi Belajar Matematika SD Lengkap dan Gratis Android

Aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di android ini berguna untuk mengembalikan foto yang terhapus secara sempurna dengan simpel dan tanpa perlu berbayar sama sekali.

Untuk bisa mendapatkan fungsi lengkapnya, aplikasi ini butuh fungsi root. Namun tetap bisa berjalan tanpa root walau memiliki keterbatasan fungsinya.

B. Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Card

Berkut beberapa aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di kartu memori :

1. DigDeep Image Recovery – GreatStuffApps

aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di iphone

Rating  ★4,2

Alat pemulihan foto dan file yang tersimpan dalam SD Card Internal yang memiliki ukuran sangat ringan hanya sebesar 2,6 MB.

Cocok untuk perangkat yang minim spek. Aplikasi ini bekerja dengan cara menscan semua file eksternal dan internal lalu secara instant membackup foto yang terhapus.

2. Foto Recovery – Recover Deleted Image

Rating  ★4,0

Salah satu aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di memory card paling ringan yang dapat kamu gunakan. Hanya berukuran 1.3 MB, kamu sudah bisa mengembalikan foto dan film yang terhapus dengan 2 langkah, yaitu scan dan recover.

Pihak developer mengklaim bahwa aplikasi ini memiliki tingkat keberhasilan sebesar 92%.

3. Deleted Photo Recovery – Smin Photo Recovery

Rating  ★4,3

Memiliki desain user interface yang rapi dan bagus serta performa yang cepat menjadikan aplikasi “deleted photo recovery” ini salah satu aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di kartu memori yang wajib kamu install.

Hanya dengan sekali klik, semua foto yang terhapus bisa kamu temukan lagi. Namun untuk foto lawas tidak bisa dikembalikan dengan aplikasi ini.

4. Image Recovery – Restore Deleted Photos- Nuapps

Rating  ★4,5

Dari segi desain memang sangat simpel, tapi fiturnya bekerja dengan baik sehingga mendapatkan rating yang cukup bagus yaitu 4.6.

Sesuai dekskripsinya, aplikasi ini bekerja dengan algoritma khusus yang akan memulihkan gambar tanpa perlu cadangan sekalipun. Selain gratis dan tidak ada iklannya, aplikasi ini juga tidak membutuhkan akses root untuk pemasangannya.

Baca :   7 Aplikasi Belajar Bahasa Mandarin Terbaik di Android dan iPhone

C Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus di IPhone

Sebenarnya iPhone memilki fitur backup yang tersimpan di iCloud Storage. Semua file yang telah terhapus akan tersimpan disana, dan kamu bisa merestornya dengan mudah melalui iCloud ataupun iTunes.

Jika ingin versi yang lebih simpel, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut ini:

1. Photos App – Original App iOS

Ini adalah aplikasi foto original build dari apple. Bekerja layaknya recycle bin pada windows, photos app akan menyimpan file foto yang terhapus dalam album “recently deleted”. Kamu dapat mencari foto disana, tapi khusus untuk foto yang dihapus dalam 30 hari terakhir. Lebih dari itu, foto akan dihapus permanen.

2. iBackup Extractor – Wide Angle Software

Aplikasi ini bekerja dengan bantuan iTunes. Jadi antara iBackup Extractor dan iTunes harus saling terhubung dahulu. Jika kamu punya perangkat mac, layanan ini juga tersedia disana yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Di versi gratis, kita hanya dapat mengembalikan foto sebanyak 20 saja.

D. Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus di Whatsapp

Perlu kamu tahu, sebenarnya tidak aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di whatsapp.

Karena whatsapp adalah aplikasi yang mengandalkan enskripsi end to end, maka semua foto tersimpan di memori telepon kita, tidak disimpan di server whatsapp.

Google Drive – Google LLC

Rating  ★4,3

Satu-satunya cara untuk mengembalikan foto di whatsapp yang terhapus adalah melalui google drive. Tentunya akun whatsapp harus dibackup rutin dengan google drive. Lalu kamu bisa menemukan file yang terhapus pada menu sampah, dari situ kamu bisa recovery kembali sebelum waktu 30 hari.

Akhir Kata

Itulah beberapa macam aplikasi mengembalikan foto yang terhapus di android, iphone, memory card, dan whatsapp. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.