2 Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa Print – Ingina tau bagaimana cara mengatasi dokumen di excel tidak bisa diprint ? Sebenarnya cara mengatasi excel tidak bisa di print cukup mudah. berikut TumesKecil bagikan cara mengatasi file excel tidak bisa print .

Microsoft Excel adalah sebuah program atau software yang merupakan paket atau instalasi Microsoft Office. Aplikasi ini berguna untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengelola perintah.

Tidak hanya di Windows, Microsoft Excel bisa juga digunakan di MacOS, Android, hingga iOS. Karena banyaknya penggunanya, menjadikan Microsoft Excel sebagai software pengolah angka terbaik di dunia.

Meskipun software ini sangat unggul dalam mengolah angka, tak jarang ada beberapa masalah yang dialami penggunanya. Salah satu masalah yang akan kita bahas kali ini adalah masalah Excel tidak bisa print dokumen.

Bahkan saat print review pun tidak bisa. Padahal di Microsoft Word, semuanya tampak normal-normal saja. Lalu, apa sih penyebab utama malasah error ini?

Sebenarnya, masalah ini bisa tidak hanya disebabkan oleh Excel, jadi jangan terburu-buru mengambil kesimpulan dan ‘menyalahkan’ Excel. Tapi bisa jadi masalah ini dikarenakan kerusakan pada printer atau masalah eksternal lainnya di luar dari Excel.

 

Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa Print

Ada beberapa sebab Excel tidak bisa print file . Penyebab tersebut diantaranya print yang bermasalah, permission print yang belum diacc, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa cara mengatasi excel tidak bisa ngeprint dokumen di excel 2010, excel 2013, excel, 2016, dll :

 

Masalah Printer

Penyebab Excel tidak bisa print yang pertama adalah printer kamu yang sedang bermasalah. Jika printer kamu bermasalah biasanya akan ada pesan error ‘current printer is unavailable’ yang berarti memang printer tidak sedang tersambung ke laptop/PC kamu.

Baca :   2 Cara Mengunci Jaringan 4G Permanen dan Stabil Tanpa Root

Penyebab printer tersebut bermasalah ada banyak, diantaranya dari kabel yang rusak, tinta habis, cartridge bermasalah, tinta tidak mengalir ke cartridge, dan masih banyak lagi.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan kalau apakah ada kabel Printer yang longgar atau kabel tidak terpasang dengan benar.

 

Permasalahan Permission

Cara mengatasi ms excel tidak bisa print kali ini adalah menggunakan Regedit. Regedit adalah pusat informasi yang menyimpan berbagai info pengaturan sistem. Regedit adalah pengaturan bawaan windows. Nah, regedit ini bisa mengatur settingan permission nya.

Solusi ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah operation could not be completed (error 0x00000709). Double check the printer name and make sure that the printer is connected to the network .

 Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa Print

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Regedit di komputer atau laptopmu. Caranya adalah, tekan Start di pojok kiri bawah, pada kolom pencarian ketikkan Regedit, buka aplikasi tersebut.

Selain lewat start, kamu juga bisa buka Regedit dengan menekan windows + R di keyboard > ketik Regedit > enter

2. Di Regedit, masuklah ke H_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > dan terakhir ke Windows

3. Pada sisi kanan, kamu akan melihat Device. Klik kanan mpada menu tersebut dan pilih Delete

  • Kalau ada masalah saat menghapus Device,  ubah permissionnya, dengan cara klik kanan pada Device, lalu pilih edit
  • Lalu pilih menu Permissions. Pada full control, centang bagian allow
  • Simpan dengan tekan tombol OK
  • Kembali ke regedit, dan lakukan Delete pada menu Device seperti tadi

4. Restart PC/Laptop kamu untuk menyempurnakan perubahan sistem. Lalu lakukan print dokumen excel untuk mengecek apakah sudah bisa.

Baca :   Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan Mudah Tanpa Software

 

 

Akhir Kata

Demikianlah 2 Cara Mengatasi Excel Tidak Bisa Print . Intinya, alasan file excel tidak bisa diprint tidak hanya dari masalah excel itu sendiri, melainkan bisa juga karena faktor eksternal seperti printer dan kabel yang bermasalah.

Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, bagikan ke orang lain melalui tombol sosial media di bawah agar orang lain bisa mendapatkan manfaat juga. Terima kasih sudah berkunjung!