Mungkin sebagian besar kalian mampir ke blog saya untuk mencari info memperbaiki keyboard laptop error mencet sendiri . Pasti lagi bingung-bingungnya kan, apalagi sedang kerjain tugas dan mau ngelanjutin tugas malah gak bisa dan deadline semakin dekat.

Tenang dulu, karena jika ternyata masalahnya sama dengan saya, maka masalah bakal cepat tuntas, dan kamu bisa ngelanjutin tugasmu kok.

Di bahasan kita kita kali ini, masalah yang dihadapi adalah ada salah satu tombol di keyboard yang menceet terus.

Ini bisa kita tahu dari ketika kita mengklik shortcut atau ingin membuka file/aplikasi, ada masalah.

Jika mencet tombol ctrl terus, yang ada malah shortcut/ikon aplikasi menjadi terhold, kepencet dan berlatar biru.
Jika mencet tombol Alt terus, saat mengklik kiri 2x di aplikasi yang ada malah kebuka properties dari aplikasi tersebut.

So, saya akan membagikan cara mengatasi keyboard laptop yang kepencet terus.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Mencet Sendiri dan Terusan

Berikut cara mengatasi tombol keyboard mencet terus , keyboard laptop mencet dobel (karena ctrl) , ngebuka properties (karena Alt), dll :

1. Klik CTRL + ALT + DELETE dan akan muncul laman baru .

2. Klik logo Easy of Access yang nantinya bakalan ada mbak2 (win 7) atau mas2 (win 10)yang ngomong dan di sana bakal muncul 6 pilihan. kalau di win 10 sih ada di pojok kanan bawah, sebelah tombol shutdown dan kawan2nya

keyboard laptop mencet sendiri

3. Klik Typewithout the Keyboard (On-Screen Keyboard) agar tercentang. Lalu klik OK.

 

tombol keyboard mencet terus

4. Akan muncul kotak keyboard virtual di layar Anda. Kan terlihat tombol ALT pada kedua sisi terhighlight (terblok warna putih). Nah di sini, kamu bakal tau tombol apa yang kepencet. Kalau di mimin sih kedua tombol Alt. Tapi maslaah tombol kepencet ini, tidak melulu Alt, kok, bisa yang lain.

5. Klik tombol yang kepencet pada keyboard laptop / USB Anda. Jika di laptop saya tombol Alt.

keyboard laptop mencet dobel

6. Jika saat kamu menggunakan laptop, dan tiba-tiba masalah kembali sehingga membuat keyboard tidak berfungsi, lakukan hal ini namun dengan metode yang lebih cepat. Klik Start – Ketik On-Screen Keyboard – Pilih ikon On-Screen Keyboard

mengatasi keyboard mencet sendiri

7. Langkah terakhir dalam cara mengatasi keyboard laptop error mencet sndiri adalah Tambahkan On Screen Keyboard di taskbar agar lebih mudah mengaktifkannya setiap buka laptop.

Baca :   3 Cara Download Thumbnail Youtube (PC dan HP)

Menambahkan shortcut On-Screen Keyboard di taskbar dengan cara drag ikon On-Screen Keyboard yang sudah dicari di menu Start dan drag (tekan lama) ke arah taskbar.

Jika di windows 10, pilih pin to taskbar

 

jika misal kamu mengalami masalah serupa setiap menghidupkan laptop kamu, pencet On screen keyboard di taskbar, dan pencet tombol yang bermasalah tadi di keyboard.

Jika tiba-tiba suatu waktu saat kamu menggunakan laptop dan tiba-tiba masalah “kepencet terus” ini muncul lagi, maak lakuka hal yang sama. Buka onscreen keyboard, pencet tombol yang bermasalah tadi.

Jika sudah terlalu parah, maka saran kami bawalah ke tempat service.

 

Masalah Tombol Keyboard Tertukar dengan Angka

Masalah ini kalian hadapi ketika kalian mengetik, hurung m, j, k, l, dsb namun yang muncul berupa angka 0, 1, 2, 3, 4, dst. Penyebab pertukaran fungsi tombol ini karena terjadi kesalahan fungsi tombol Fn. Berikut cara memperbaiki tombol keyboard laptop/usb tertukar dengan angka :

  1. Cari tombol Fn dan NumLock kemudian tekan secara bersamaan.
  2. Lepaskan tombol Fn dan NumLock kemudian coba tekan karakter O. Jika tidak berubah angka 6, berarti cara ini berhasil.

 

Jika Masih Gagal

Jika kalian mengalami error keyboard, dan ternyata bukan masalah “kepencet terus” yang telah kami jelaskan di atas, maa ada beberapa kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut :

  1. Update driver keyboard Anda di situs penyedia driver yang cocok dengan komputer/laptop yang Anda gunakan. Bisa saja keyboard bermasalah karena driver terlalu kuno sehingga tidak sinkron dengan sistem yang Anda gunakan saat ini. Sistus untuk download driver yang saya sarankana adalah http://driverpacks.net/
  2. Memperbaiki sendiri . (Coba cek di youtube/artikel lain). Maksutnya adalah membongkar sendiri keyboard dan memperbaiki apakah ada bagian keyboard yang rusak. Riskan sih, jadi saya sarankan lebih baik bawa ke service center
  3. Mengganti keyboard dengan kartu garansi. Hal ini bisa dilakukan jika keyboard Anda memang rusak dari pabriknya, bukan karena kerusakan Anda sendiri (ketumpahan air, terbanting, tergigit hewan, dll) dan juga masih belum melampaui batas waktu yang ditentukan.
  4. Mengganti keyboard dengan keyboard eksternal(USB), hardware keyboard laptop, atau dengan menggunakan virtual keyboard. Perlu diingat hardware keyboard laptop harganya lebih mahal dari keyboard eksternal (USB) secara umum meskipun ada juga keyboard USB yang memiliki harga fantastis.
  5. Bawa ke service center.  Kalau  sudah mentok, bawa ke kang serpis adalah solusinya
Baca :   Cara Menghapus Pesan WA yang sudah Terkirim Lama 2020

 

Akhir kata

Terima kasih telah membaca artikel 3 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Mencet Sendiri (CTRL, ALT, dll) . Jika menurutmu artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke orang lain agar mereka mendapat manfaat juga dari artikel ini.