Lagi main Discord dan suara mic ga masuk ? Jangan suudzon dulu sama micmu. Karena bisa aja ada dari sistem baik laptop, HP, atau dari Discord sendiri. Berikut pembahasan mengnai cara mengatasi mic tidak berfungsi di Discord laptop dan HP .

Ada beberapa masalah terkait dengan pengaturan microphone pada Discord yang mana pengguna dapat mendengarkan pengguna lain dalam sebuah channel yang sama namun mereka tidak dapat menggunakan audio microphonenya.

Hal ini menyebabkan pengguna lain tidak dapat mendengarkan suara anda. Masalah ini hanya terjadi pada versi aplikasi Discord, karena pengguna yang menggunakan Discord versi web, mereka tidak mendapatkan masalah yang sama.

Saat ini banyak gamers yang beralih dari Skype ke Discord sebagai alat komunikasi utama yang mereka gunakan. Selain memiliki fitur yang lengkap dan kinerja aplikasi yang cepat, Discord juga memiliki sedikit bug, eror ataupun masalah.

Tim pengembang yang berada dibalik Discord selalu cepat tanggap dalam menangani setiap masalah dan bug di setiap rilis versi terbarunya. Namun kali ini masalah microphone yang tidak berfungsi sepertinya tidak ditangani dengan cepat oleh mereka.

Sebelum itu, jika masalah ada di pendegar karena teman discord tidak mendengar suara apapun di discord, maka kamu sebagai pembicara tidak perlu memperbaiki masalah mic tidak nyala dan aktif. Namun jika seperti itu, lanjut baca artikel berikut.

Untuk itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips mengatasi Discord Mic yang tidak berfungsi dengan baik. Metode yang akan kami bagikan cukup banyak agar anda dapat memilih solusi yang tepat sesuai dengan eror yang terjadi di perangkat anda.

14+ Cara Mengatasi Mic Tidak Berfungsi di Discord Baik di Laptop dan HP Ampuh

Sebelum kita lanjut ke inti pembahasan, ada hal yang perlu anda lakukan terlebih dahulu. Yaitu memastikan bahwa headset mic yang anda gunakan tidak bermasalah atau eror. Bila memiliki headset lain, maka cobalah gunakan semua yang anda miliki lalu amati apakah muncul eror yang sama atau tidak.

Apabila headset lain pun menampilkan masalah yang sama yakni tidak berfungsi saat digunakan di Discord, maka ikutilah solusi di bawah satu per satu sampai mic audio nya normal kembali. Dan selama mencoba metode yang kami berikan, cobalah untuk menonaktifkan fitur Discord overlay agar proses dapat berjalan dengan baik.

Solusi 1: Login Ulang Akun Discord (1)

Solusi pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi Discord mic yang tidak berfungsi ialah dengan log out lalu login ulang ke akun Discord. Namun perlu dipahami bahwa solusi ini hanya bekerja sementara, karena eror adakalanyaa masih akan tetap terjadi hingga masalah utamanya benar-benar terselesaikan.

1. Klik tombol User Settings yang berbentuk roda gerigi di aplikasi Discord sebelah kiri bagian bawah

2. Klik Log Out yang berupa tulisan merah diurutan menu paling bawah, lalu konfirmasi ulang dengan tekan tombol Log Out

3. Setelah berhasil log out, silakan login ulang dan masukan kredensial login yang diperlukan

4. Coba kembali apakah pengguna lain sudah berhasil mendengarkan pembicaraan anda melalui mic atau belum.

Solusi 2: Memilih Headset Mic pada Pengaturan Input Device (4)

Terkadang Discord tidak mampu membaca mic yang sedang anda gunakan karena beberapa alasan tertentu, salah satunya karena bingung dalam memilih mic Default dengan mic Input Device. Kasus semacam ini seringkali terjadi pada laptop gaming ataupun PC yang sudah terintegrasi langsung dengan microphone bawaan.

Microphone yang terintegrasi langsung dengan laptop atau komputer umumnya tidak memiliki driver yang dibutuhkan untuk oleh aplikasi VoIP seperti halnya Discord.

Namun bila anda menggunakan microphone eksternal tapi Discord tidak dapat membacanya, kemungkinan ada masalah dalam input device sistem. Untuk itu, anda perlu melakukan beberapa langkah perbaikan seperti berikut ini:

1. Klik tombol User Settings yang berbentuk roda gerigi di aplikasi Discord sebelah kiri bagian bawah

2. Klik Voice & Video yang ada dalam daftar menu App Settings

3. Pada pengaturan Input Device ubahlah pengaturan dari Default menjadi microphone device yang saat ini sedang digunakan

4. Ubah pengaturan Input Volume ke level maksimal atau penuh

Apabila anda kesulitan memilih mic yang tepat karena tersedia beberapa list yang muncul, maka lakukanlah langkah berikut ini:

  • Pastikan microphone sudah terhubung ke laptop / PC anda
  • Pada bagian taskbar bawah Windows, klik kanan ikon audio
  • Klik Recording devices lalu coba bicara dengan headset mic anda (win 10)
  • Jika level ikon menyala, maka itulah headset microphone yang anda gunakan saat ini
  • Ingatlah nama mic device tersebut, lalu gunakan pada langkah no 3 di atas

Jika kalian sudah Windows 11, klik kanan pada audio di pojok kanan bawah > Sound Settings > Cek Mic nya dah dan balik ke langkah 3 di atas

Baca :   Cara Voice Changer di Discord dengan Aplikasi Clownfish Voice Changer (Pengubah Suara)

Solusi 3: Menjalankan Discord sebagai Administrator (2)

Saat ini Discord menggunakan UDP untuk mengirimkan tiap data (termasuk data suara) kepada masing-masing pengguna satu sama lain. Karena hal ini, mungkin aplikasi Discord tidak memiliki izin yang cukup untuk mengirimkan data suara anda melalui internet karena tidak punya izin administrator.

Dalam hal ini satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan Discord dalam hak administrator. Bahkan solusi ini direkomendasikan langsung oleh tim support dari Discord itu sendiri.

Berikut adalah cara mengatasi mic tidak berfungsi di discord dengan administrator :

1. Untuk menjalankan Discord sebagai admin, klik kanan pada Discord ikon yang ada pada dekstop lalu klik Run as administrator

2. Bila tidak ada Discord ikon pada dekstop komputer anda maka ketikan Discord di search bar lalu klik kanan pada hasil yang muncul dan pilih Run as administrator

3. Setelah aplikasi terbuka dan memiliki hak admin, silakan lihat apakah masih menampilkan eror mic atau tidak.

Solusi 4: Mengubah Mode Input ke Push to Talk (7)

Banyak pengguna Discord yang melaporkan bahwa setelah mereka mengubah mode input dari Voice Activity ke Push to Talk, maka eror Discord mic menjadi berfungsi normal kembali.

Solusi ini mungkin agak membebani kita karean tiap kali kita ingin ngobrol dengan teman atau berkomunikasi dengan tim dalam channel harus menekan tombol terlebih dahulu.

Walau begitu, jika ternyata metode ini bisa menjadikan eror menjadi normal seperti sedia kala tentunya tidak ada salahnya untuk kita mencobanya. Nah berikut ini panduan yang bisa anda lkaukan untuk mengaktifkan Push to Talk mode:

1. Klik tombol User Settings yang berbentuk roda gerigi di aplikasi Discord sebelah kiri bawah

2. Cari menu App Settings lalu pilih Voice & Video yang ada pada urutan teratas

3. Cari bagian Input mode lalu centanglah pengaturan Push to Talk (limited)

4. Tutup aplikasi lalu buka kembali, dan lihat apakah masih ada eror atau tidak.

Anda juga dapat mengkonfigurasikan fitur Push to Talk dengan Keybinds Tab. Dengan keybinds ini, kita dapat menggunakan beberapa shortcut untuk fitur yang sama. Sehingga akan sangat membantu apabila anda bermain beberapa game yang memiliki kontrol yang berbeda-beda.

Namun bila tidak menggunakan keybinds pun tidak masalah, karena cukup dengan mengatur Push to Talk sebenarnya masalah microphone yang tidak berfungsi dapat normal kembali menurut beberapa pengguna.

Solusi 5: Menyesuaikan Fitur Automatic Input Sensitivity (3)

Automatic Input Sensitivity merupakan fitur pengaturan yang berguna untuk menyesuaikan sensitivitas masukan / input suara dari microphone secara otomatis.

Akan tetapi, fitur ini juga dapat mencegah mic untuk berjalan dengan semestinya karena sistem tidak mampu menentukan sensitivitas device sehingga eror akan terjadi.

Pada dasarnya tiap perangkat microphone punya sensitivitas input yang berbeda, terutama jenis perangkat kualitas rendah yang memiliki sensitivitas kurang bagus.

Jika anda mematikan fitur “automatic input sensitivity”, maka sistem akan beralih ke fitur manual yang mana pengaturannya bisa anda atur sedemikian rupa. Dengan ini anda bisa menyesuaikan sensitivitas sesuai dengan kecocokan terhadap perangkat microphone yang dimiliki. Untuk melakukannya, silakan ikuti cara mengatasi mic tidak berfungsi di discord berikut ini:

1. Klik tombol User Settings yang berbentuk roda gerigi pada aplikasi Discord sebelah kiri bagian bawah

2. Klik Voice & Video yang ada dalam daftar menu App Settings

3. Cari pengaturan Input Sensitivity lalu aktifkan tombol Automatically determine input sensitivity jika sebelumnya belum aktif. Lalu cobalah headset mic anda, jika bar dibawahnya menyala berwarna hijau saat anda menelepon maka lanjutkan ke langkah berikutnya

4. Nonaktifkan tombol Automatically determine input sensitivity, atur fitur manual yang ada dibawahnya dengan menggeser ke kanan kiri sambil anda mencoba menggunakan headset mic nya. Jangan menggeser pengaturan lagi bila mic sudah normal

5. Restart komputer lalu buka Discord dan coba mic device nya apakah masih normal atau tidak, jika kembali eror padahal pengaturan tidak berubah maka ikutilah metode selanjutnya untuk mengatasinya.

Solusi 6: Mengubah Audio Jacks Headset yang Digunakan (11)

Nah bisa aja ada kemungkinan kalau audio jack dari headset tidak terdeteksi sama Discord. Jadi coba aja untuk ganti port audio jack misal awalnnya di belakang CPU, bisa ke depan CPU. Kalau pakai laptop dan HP, bisa coba pakai converter audio jack ke USB misal. Kalau memang bisa dan work, berarti sekarang curigalah ke port audio jack di perangkatmu.

Atau solusi lain bisa pakai headset wireless atau bisa juga mic condenser. Sekarang banyak kan tuh mic condenser yang ga perlu amplifier, langsung make USB.

Solusi 7: Menonaktifkan Fitur Qos Discord (9)

QoS adalah fitur terbaru dari Discord yang berguna untuk memberitahukan informasi kepada router mengenai data voice & video yang diterima merupakan data dengan prioritas tinggi. Seringkali QoS (Quality of Service High Packet Priority) menyebabkan masalah pada fungsi Discord terhadap koneksi jaringan akibat router atau modem yang belum mendukungnya. Untuk itu lebih baik kita mencoba menonaktifkannya terlebih dahulu yang bisa anda lakukan dengan cara mengatasi mic tidak berfungsi di discord di bawah ini:

1. Klik tombol User Settings yang berbentuk roda gerigi pada aplikasi Discord sebelah kiri bagian bawah

2. Klik Voice & Video yang ada dalam daftar menu App Settings pada tab sebelah kiri

3. Cari pengaturan Enable Quality of Service High Packet Priority lalu nonaktifkan

4. Cek kembali apakah masih eror atau tidak.

Baca :   6 Cara Mengatasi Foto yang Hilang di Galeri HP

Catatan: begitu fitur QoS dimatikan tapi eror masih tetap saja terjadi, maka aktifkan kembali fitur ini dengan langkah langkah yang hampir sama dengan di atas. Karena bagaimanapun juga fitur QoS akan sangat berguna dalam pengaturan Voice & Video.

Solusi 8: Reset Voice Settings (6)

Bila anda sudah mencoba semua cara di atas tapi tidak ada satupun yang berhasil maka cobalah untuk mereset Voice Settings. Langkah ini cukup sukses saat dicoba oleh pengguna yang mengalami eror yang sama. Dengan mereset pengaturan suara, seluruh data yang tersimpan akan dikembalikan ke versi default sehingga memungkinan aplikasi akan berjalan normal kembali.

1. Klik ikon User Settings yang berbentuk roda gerigi pada aplikasi Discord sebelah kiri bawah

2. Klik Voice & Video yang ada dalam daftar menu App Settings pada tab sidebar sebelah kiri

3. Temukan pengaturan Reset Voice Settings yang berwarna merah di bagian paling bawah

4. Klik Okay untuk mengonfirmasi perubahan dan menyimpan perubahan

5. Hubungkan ulang headset dan lihat apakah masih eror atau tidak.

Solusi 9: Mengubah Pengaturan Privasi (8)

Semenjak Microsoft melakukan update besar-besaran beberapa waktu yang lalu terkait dengan keamanan privasi, semua aplikasi yang berhubungan dengan perizinan mic dan hardware lain diputuskan secara otomatis.

Tentu hal ini menjadi masalah yang serius bagi aplikasi pihak ketiga yang menggunakan konfigurasi langsung dengan aplikasi dan produk dari Microsot seperti halnya Discord yang bermasalah dengan Windows.

Mungkin saja akibat dari perubahan perizinan dan kebijakan privasi terkait penggunaan mic, Discord mengalami masalah untuk menggunakan perangkat mic baik internal maupun eksternal. Untuk itu kita perlu memberikan perizinan sendiri kepada Discord secara manual dengan cara mengaktifkan akses mic seperti yang bisa anda lakukan dengan cara berikut ini:

1. Tekan tombol Windows di keyboard, ketikan Privacy Setting lalu klik pada hasil teratas yang muncul

2. Pada panel bagian kiri, klik Microphone yang ada pada menu App Permissions (jika tidak ada, ketik sama Microphone)

3. Cari pengaturan Apps to access your microphone, lalu ubahlah pengaturannya menjadi On

4. Pada pengaturan Choose which Microsoft Store apps can access your microphone, carilah aplikasi Discord dan ubah pengaturan menjadi On

5. Jika tidak ada Discord yang muncul di daftar tersebut, carilah fitur Win32WebViewHost lalu klik On

6. Restart PC lalu coba kembali mic nya untuk menelepon apakah sudah normal atau belum.

Solusi 10: Matikan Exclusive Mode di Windows (5)

Di OS Windows, ada beberapa aplikasu yang memang terkonfigurasi untuk menggunakan “excusive control” melalui drivernya audio device. Kalau kamu allow menu ini biasanya bisa memengaruhi Discord yang bisa saja berdampak pada mic yang tidak berfungsi saat main Discord. Nah jika exclusive mode ini diaktifkan, mic di Discord bisa mati total. Berikut adalah cara mematikan exclusive mode di Discord :

1. Klik kanan pada ikon audio di taskbar bawah pojok kanan dan pilih Recording Device (Win 11 : pilihnya Sound Settings >

2. Pilih mic yang kamu gunakan dan pilih Properties

3. Masuk ke tab Advanced dan hilangkan checkmark di bawah Exclusive Mode. Klik Apply dan OK

4. Restart laptop/PC mu

Solusi 11 : Mendisable Advance Voice Activity (10)

Salah satu fitur yang membuat mic dicsord mati adalah Advanced Voice Activity. Fitur ini dapat menyebabkan fungsi mic tidak sealu lebih baik. Untuk mematikannya, lakukan cara berikut :

1. Seperti biasa, ke Settings pada Discord dan ke Voice & Video

2. Pada Voice Processing, matikan slider Advanced Voice Activity

3. Restart Discord kamu

Solusi 12: Troubleshoot Permasalahan Audio

Jika cara-cara di atas tidak berfungsi, coba minta bantuan Windows. cara mengatasi mic tidak nyala di discord dengan troubleshoot ini sangat mudah :

Klik kanan pada ikon Audio di kanan bawa > Pilih Troubleshoot sound problems > Lakukan hal-hal yang disarankan Windows.

Solusi 13: Reinstall Driver Audio Laptopmu (12)

Jika semua cara di atas tidak membantu, coba untuk menginstal ulang driver Audio laptop kamu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Klik tombol windows di taskbar (pojok kiri bawah ) > pilih Device manager

2. Di Device manager, klik Sound, video and game controllers > Klik kanan pada Microphone Realtek High Definition Audio

3. Klik uninstall device> centang konfirmasinya > Klik Uninstall sekali lagi

4. Restart komputer. Nah, komputer bisa secara otomatis mengunduh driver audio jika memungkinkan. Jika setelah kamu cek tidak muncul, maka yang perlu kamu lakukan adalah mencarinya di google dengan keyword “download driver Realtek High Definition Audio for (isi model laptop kamu)”. Jika sudah ketemu, unduh dan lakukan instalasi.
Jika masih gagal, gunakan nama driver berikut :

  • Realtek HD audio codecs
  • Realtek AC’97 Audio Codecs

Di file instalasi biasanya ada 2 varian. Versi 32bit dan 64bit. Pastikan menginstal dengan yang sesuai versi bit windows kamu.

Solusi 14: Reinstall Discord + Hapus Data App Discord

Jika masih tidak bisa, menginnstal ulang Discord adalah solusinya. Untuk cara lengkapnya bisa kamu cek di artikel Cara Mengatasi Discord Tidak Bisa Dibuka di Laptop Windows dan Mac pada poin nomor 3. Kamu juga bisa menggunakan solusi nomor 9 dan 10 jika memungkinkan.

Jika masih mentok, kamu juga biisa memanfaatkan support Discord agar komunitas dan expert Discord dapat membantu masalah mic tidak berfungsi dan menangkap suara ini.

Sekian beberapa cara mengatasi Discord mic yang tidak berfungsi pada Windows yang dapat kami berikan kepada anda. Semoga bermanfaat!