Ketika ingin merekam menggunakan smartphone, tentunya suara rekaman yang dihasilkan memiliki kualitas yang kurang memuaskan.

Apalagi jika kamu merekam di tempat yang bising, hasil suara rekaman hp tentu akan menghasilkan noise, yakni suara-suara bising yang tentunya mengganggu audio asli and membuatnya kurang jelas didengarkan.

Sama halnya dengan foto yang ada objek mengganggu, tentunya juga kurang enak dilihat. Begitupun dengan suara hasil rekaman yang mengandung suara-suara kebisingan.

Mic pada smartphone memang mudah sekali menerima suara-suara bising karena memang ia tak memiliki noise reduction/cancelling.

 cara merekam suara agar jernih di hp

Tapi jangan kecewa dulu, karena sebenarnya kamu bisa merekam suara minim noise bahkan hampir tanpa noise.

Nah untuk mengatsi suara bising noise yang mengganggu, kali ini TumesKecil akan membagikan tips dan cara merekam suara agar jernih dan sedikit noise di HP Android.

Cara Merekam Suara Jernih Tanpa Noise di Android

Merekam di tempat yang sedikit bising dan agar menghasilkan suara rekaman yang jernih dapat kamu akali dengan menggunakan aplikasi menjernihkan suara rekaman hp yang bernama ASR dandapat kamu unduh secara gratis di PlayStore .

Ingat! aplikasi ini tidak mengedit hasil rekaman hp, namun merekam suara menggunakan hp agar bisa menghasilkan hasil rekaman yang jernih. Jangan salah paham ya.

Meskipun aplikasi perekam suara ini dapat menghilangkan noise yang ada, namun perlu diingat tidak sepenuhnya. Tapi lumayan menguntungkan juga karena noise dapat diminimalisir sekitar 90%.

Berikut cara menggunakan ASR :

1. Download dan install Aplikasi MP3 Voice and Audio Recorder – ASR di android kamu (link di bawah)

2. Buka aplikasinya.

3. Klik ikon setelan (gerigi) di pojok kanan atas > Rekaman  

cara merekam suara di android agar jernih


4. Pilih Format rekaman > pilih WAV atau MP4 karena kualitas rekaman tersebut yang baik dan kami rekomendasikan.

aplikasi penjernih suara hasil rekaman

5. Kembali dan pili Kecepatan contoh > pilih saja 44.1 kHz – CD

 aplikasi perekam suara seperti di studio


6. Kembali dan aktifkan fitur Pengabaian kegaduhan (slider di kanan)

aplikasi perekam suara android paling jernih

7. Kembali ke homepage dan silahkan merekam dengan klik ikon bundar. Klik ikon bundar sekali lagi untuk menghentikan rekaman.

Baca :   20 Cara Mempercepat Google Chrome di Laptop dan PC 2020

Bagaimana hasilnya? Mantap bukan?

Sebagai informasi tambahan, hasil rekaman ASR disimpan Penyimpanan Internal > Recordings

Akhir Kata


Terimakasih telah membaca artikel cara merekam . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat.

Dicari juga : cara merekam suara di hp agar jernih cara menggunakan microphone di hp minim noise mengatasi rekaman suara hp berisik aplikasi perekam suara android paling jernih ASR aplikasi penjernih suara hasil rekaman aplikasi perekam suara seperti di studio cara merekam suara di android agar jernih tempat menyimpan suara ASR