Sering mendapatkan hasil edit paint yang background putih? Sebenarnya ada cara membuat gambar background transparan di paint (png). Bagaimana caranya? Simak terus artikelnya.

Sebagai seorang desainer digital, gambar dengan background transparan tentu sangat dibutuhkan dalam berbagai keperluan. Contohnya saat ingin mewarnai latar belakang dengan warna yang berbeda ataupun saat ingin menempel dan menyatukan beberapa objek gambar sekaligus.

Cara Membuat Gambar Background Transparan di Paint dalam PNG

Walau begitu, Ms Paint yang merupakan aplikasi menggambar bawaan dari Windows tapi tidak memiliki opsi untuk menyimpan gambar dalam background transparan.

Namun jangan khawatir! Bagi kamu pengguna sekaligus pecinta Ms Paint, maka dengan beberapa teknik yang sederhana, kamu dapat membuat ggambar background transparan di paint . Fitur yang akan dibahas disini adalah Transparent selection yang berada pada Select Tool. Untuk memanfaatkan fitur ini dengan benar maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Ms Paint
  • Masukan gambar yang ingin di buat transparan
  • Pada tombol Select silakan klik tombol panah ke bawah
  • Pada tab Selection options pilihlah Transparent Selection
gambar background transparan di paint
  • Sekarang pilih area Selection pada gambar yang dipilih
  • Copy dan Paste gambar tersebut pada background putih
cara bikin gambar transparan di paint png
  • Simpan gambar tersebut ke dalam format png (File > Save as > png)

Ingat untuk menyimpan gambar dengan background putih, jangan warna lain seperti hitam atupun lainnya. Ini karena pada teknik berikutnya penggunaan background berwarna putih akan sangat mempengaruhi work tidaknya tools yang digunakan.

Dan gambar yang telah kamu simpan ini tidak memiliki background yang transparan melainkan berwarna putih. Walau begitu kita sudah punya bahan yang nantinya akan kita buat menjadi berlatar belakang transparan menggunakan bantuan aplikasi bawaan Windows yang bernama Ms PowerPoint.

Baca :   3 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Mencet Sendiri (CTRL, ALT, dll)

Untuk itu bagi yang belum memiliki aplikasi PowerPoint maka langsung saja download dan install. Jika sudah tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Ms PowerPoint
  • Buka Blank Presentation yang baru
  • Insert gambar yang sudah jadi sebelumnya kedalamnya
  • Klik gambar yang telah kamu masukan tersebut
  • Pilih Picture Tools pada tab format, pilih Adjust lalu klik Color
  • Pada bagian bawah terdapat tools Set Transparent Color, silakan klik
cara membuat background transparan di paint
  • Fitur ini akan aktif pada kursor mouse saat diarahkan ke dalam gambar
  • Hilangkan bagian gambar yang backgroundnya ingin dibuat transparan
  • Setelah selesai klik kanan gambar dan pilih Save as Picture
gambar transparan di paint
  • Simpan gambar dalam format png

Mengingat pembuatan gambar background transparan di paint ini dilakukan secara manual maka kamu harus menggosok gambar dengan perlahan dan teliti sehingga gambar akan rapi dan tidak menghapus bagian utamanya. Cara ini mirip seperti dengan menghapus objek foto tanpa merusak foto.

Nantinya gambar png dengan background transparan ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya sebagai media tempel untuk browser, selebaran, maupun untuk surat.

Apabila teknik diatas tidak berhasil, itu bisa jadi ada masalah pada salah satu aplikasinya yang mungkin belum diperbarui ke versi terbaru ataupun karena masalah tidak kompatibelnya satu sama lain.

Untuk itu cobalah gunakan PowerPoint versi online, jika masih gagal maka berarti dari ada masalah dengan kompatibilitas dari Ms Paint.

Tips: Misalkan teknik membuat gambar background transparan png di Paint tersebut masih terus gagal dan tidak menemukan solusinya maka gunakanlah aplikasi lain. Banyak aplikasi open source yang sepenuhnya gratis dengan fitur membuat transparan background secara otomatis maupun manual seperti halnya GIMP. Walau tidak seringan Paint, setidaknya GIMP bisa membantu berbagai hal terkait dengan desain digital.

Baca :   3+ Cara Mengunci Aplikasi di Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Nah itulah beberapa cara membuat gambar background transparan png di Paint yang bisa kamu coba. Silakan lakukan dengan cermat langkah demi langkah agar berhasil!