Untuk industri di pasar smartphone, nama Samsung memang sudah tidak bisa diragukan lagi baik untuk smartphone yang berada di kelas menengah ke atasnya atau untuk smartphone entry level.

Antara Samsung J2 Prime dan Samsung Galaxy J2 Pro misalnya, kedua smartphone besutan Samsung ini memang smartphone yang dikhususkan untuk entry level. Namun jangan salah, kedua smartphone ini juga tidak kalah menarik dari smartphone entry level lainnya dan tetap menjadi pilihan para pecinta Samsung.

samsung j2 pro vs j2 prime bagus mana
Image : Google

Menurut informasi dari situs resmi Samsung Indonesia kedua smartphone ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan menawarkan spesifikasi menarik untuk pengguna. Walaupun Samsung J2 Prime dan Samsung J2 Pro memiliki nama yang hampir mirip, namun keduanya dijual dengan harga yang berbeda dan identitas yang berbeda pula.

Lalu kira – kira apa saja sih bedanya Samsung J2 Prime dan J2 Pro ini? Dan samsung j2 pro vs j2 prime bagus mana ? Untuk itu, yuk lihat berikut ini perbedaan kedua smartphone besutan Samsung ini!

1. Layar 

Dari segi layarnya, kedua perangkat Samsung ini memiliki layar yang berukuran 5 inci dengan rasio 16:9 dengan dilengkapi 66% screen to body ratio serta kerapatan dengan 220 piksel per inci dan resolusi layarnya 540 x 960. Meskipun terlihat serupa namun untuk tipe layarnya berbeda.

Jika Samsung Galaxy J2 Prime masih menggunakan tipe layar PLS TFT, dimana TFT merupakan tipe layar yang umum dipakai untuk perangkat smartphone yang menggunakan teknologi LCD yang berfungsi untuk menghadirkan kedalaman warna dan resolusinya.

Baca :   DSP : Bagian Chipset yang Tak Kalah Penting dari CPU dan GPU

Sedangkan untuk J2 Pro sudah dibekali dengan layar tipe super AMOLED yang memiliki kecerahan tinggi dan membuat hasil video dan foto tampak stabil karena adanya pengaturan dari warna RGB. Meskipun layar dengan tipe TFT kurang kekinian namun kelebihan dari layar tipe ini adalah respon sentuh yang cepat, tidak boros dalam konsumsi daya baterai dan tampilannya yang tajam.

2. Dapur Pacu 

Untuk masalah dapur pacunya, kedua smartphone ini telah dipersenjatai dengan prosesor yang berbeda. Samsung Galaxy J2 Pro sendiri mengusung penggunaan prosesor dari Qualcomm yaitu snapdragon 425 quad-core dengan kecepatan 1,4Ghz serta dilengkapi dengan unit pemrosesan grafis Adreno 308.

Sedangkan untuk J2 Prime telah menggunakan prosesor dari Mediatek dengan chipset MT6737T quad-core dengan kecepatan 1,5 Ghz yang dilengkapi dengan pemrosesan grafis dari Mali-T20MP2.

Untuk perbedaan lebih detail mengenai spesifikasi processor yang digunakan j2 prime dan j2 pro bisa dilihat lebih lengkap di sini.

3. Media Penyimpanan 

Beralih kepada ruang penyimpanannya J2 Prime memang kalah dengan saudaranya J2 Pro, sebab ponsel ini hanya dilengkapi dengan memori internal yang berkapasitas 8GB dan RAM 1,5GB. Dan sepertinya pengguna harus memilih jika ingin menambahkan memori internal atau SIM 2 karena Slot Micro SD yang ada pada ponsel ini hanya tersedia untuk eksternal atau SIM 2 saja.

Berbeda dengan J2 Prime, Samsung J2 Pro memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar dengan kapasitas memori berukuran 16 GB dan RAM 1,5 GB. Namun untuk media penyimpanan eksternalnya, smartphone ini dapat diisi sampai 256 GB. Kabar baiknya lagi, ia memakai slot Dedicated, tidak seperti J2 Prime yang hybrid. Jadi , J2 Pro memiliki slot SIM 1 + SIM 2 + Slot MicroSD.

Baca :   Fungsi Lembaga Multifinance Yang Wajib Anda Ketahui

4. Sistem Operasi Dan Ketersediaan Warna 

Sementara itu untuk sistem operasi dari Samsung Galaxy J2 Prime masih menggunakan sistem operasi Android 6.0  Marshmallow. Sedangkan sistem operasi yang digunakan oleh Samsung J2 Pro sudah mendapat pembaruan dengan menggunakan sistem operasi dari Android 7.1 atau Nougat. Namun sayangnya masih belum diketahui kedua smartphone ini akan mendapat pembaruan dari versi OS.

Kemudian untuk ketersedian warnanya, Samsung Galaxy J2 Prime menawarkan 3 varian warna yang cukup menarik yaitu warna klasik seperti hitam, emas dan perak. Berbeda dengan J2 Prime, Samsung Galaxy J2 Pro hadir dengan warna 3 warna yang klasik dan elegan yakni, hitam, biru, dan emas.

Setelah tadi kita bahas perbedaan kedua ponsel ini dan dilihat dari segi keseluruhannya, sepertinya pihak Samsung memang menghadirkan smartphone dengan entry level yang memiliki tujuan berbeda. Jika J2 Prime dihadirkan pada lini utama di J2, sedangkan untuk peningkatannya berbagai komponen dan dapur pacunya telah diwakili oleh J2 Pro ini.

Akhir Kata

Lalu untuk j2 prime vs j2 pro siapa pemenangnya? samsung j2 pro vs j2 prime bagus mana ? Kalau admin pribadi sih lebih memilih J2 Pro karena beberapa keunggulan yang dimilikinya. Namun, ia memiliki harga lebih mahal dari J2 prime.

Pilihlah smartphone yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu. Jika tak ingin spesifikasi yang terlalu besar dan ingin penghematan kantong maka J2 Prime bisa jadi pilihan kamu. Jika ingin spesifikasi yang lebih mumpuni, ya mau tak mau kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi.