Kemajuan teknologi kini sudah semakin pesat, banyak pekerjaan yang tadinya hanya bisa dilakukan secara offline kini tersedia menjadi online. Seperti halnya ojek online, profesi fotografer pun sekarang menjadi salah satu bisnis online yang menguntungkan. Karena sebenarnya usaha ini bisa dilakukan modal hp saja.

Sebenarnya menjual foto lewat internet sudah lama ada, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kita bisa menjual foto secara online. Kebanyakan orang masih mengenal fotografer hanya melakukan pekerjaan melalui jasanya. Seperti fotografer pernikahan dan fotografer freelancer.

Dibandingkan dengan membuka jasa fotografer secara offline, menjadi fotografer online lebih bisa menyalurkan hobi kamu. Karena kamu tidak dituntut untuk memfoto objek apa dan dimana, dengan menjadi fotografer online kamu bisa menjual foto apapun yang terlihat menarik.

Jika kamu ingin menjual foto di internet, kamu harus memilki kemampuan fotografi yang baik dan mampu menghasilkan foto yang berkualitas. Bila kamu adalah seorang pemula, atau orang yang baru ingin memulai karir sebagai fotografer, saya akan memberikan tips untuk kamu.

Cara Menjual Hasil Foto Lewat Internet

Tips belajar menjadi fotografer untuk pemula

Berikut beberapa tips beljar menjadi fotografer untuk pemula :

Membeli kamera sesuai kemampuan


Jika kamu adalah seorang pemula, carilah kamera yang sesuai dengan kemampuan kamu. Tidak harus menggunakan kamera berkualitas dan berharga tinggi, utamakan sesuaikan dengan kemampuan. Untuk seorang pemula, lebih baik menggunakan kamera entry level yang memang ditujukan untuk pemula.

Mengenali fitur dan fungsi pada kamera


Sebelum menjadi fotografer professional, kamu perlu menguasai kamera kamu sendiri. Setiap kamera memiliki tombol tertentu dan fungsi yang berbeda. Penggunaan mode juga perlu diperhatikan untuk menyesuaikan keadaan sekitar dan menghasilkan foto yang bagus.

Memulai latihan mengambil gambar


Tidak perlu mencari objek latihan yang ribet, mulailah dari objek yang ada di sekitar kamu. Seperti botol minum, cangkir kopi, dan lain – lain. Latihlah juga penggunaan mode, komposisi,  dan pencahayaan agar hasil gambar menjadi lebih baik.

Menjadi fotografer tingkat lanjut


Setelah menguasai dan menjalani semua latihan diatas, kamu bisa mencoba berlatih menggunakan spot meter, membaca histogram, menggunakan manual mode dan lain sebagainya.

Cara menjual foto secara online



Berikut ini beberapa cara menjual foto secara online :

 

Menjual foto di shutterstock


Shutterstock merupakan situs penjualan gambar yang menerima siapa saja untuk menjadi kontributor. Menerima siapa saja bukan berarti semua gambar bisa diterima, mereka memiliki kriteria tertentu bagi setiap kontributor yang ingin ikut serta.

Shutterstock akan membayar kontributor apabila ia mengupload gambar dan menjualnya melalui agensinya, saat seorang pembeli membeli gambar yang kamu upload maka shutterstock akan memberikan kamu uang. Untuk menjadi kontributor shutterstock, kamu bisa mengunjungi laman resmi shutterstock.

Menjual foto di Stockfresh


Jika kamu menjual foto di stockfresh, kamu akan mendapatkan komisi lebih dari 50% dalam setiap foto yang diunduh pengunjung. Jika pengunjung sudah berlangganan, komisi yang kamu dapatkan sebesar $0.35 per unduhan.

Selain itu, apabila pengunjung memasuki situs stockfresh melalui link kamu tetapi membeli foto di orang lain, kamu akan mendapatkan komisi 10%. Untuk menjadi kontributor stockfresh, kamu bisa mengunjungi laman resmi stockfresh.

Menjual foto di Fotolia


Fotolia adalah salah satu situs penjualan foto yang bagus untuk dijadikan tempat penjualan foto. Jika menjadi kontributor fotolia, komisi yang kamu dapatkan dari situs ini berkisar 20 – 60% dalam setiap penjualan. Kamu bisa menjadi fotografer online yang berpenghasilan besar dengan fotolia. Untuk menjadi kontributor fotolia, kamu bisa mengunjungi laman resmi fotolia.

Tempat jual foto online indonesia

Cara menjual foto online di setiap situs kurang lebih sama, kamu perlu melakukan register pada situs tersebut dan mengisi formulir yang disediakan. Jika sudah kamu perlu mengkonfirmasi email dan mengirimkan gambar untuk dijual.

Apabila hasil jepretan kamu diterima, kamu akan menjadi kontributor situs tersebut dan hasil foto akan dipajang. Jika kurang puas dengan 3 situs diatas, kamu bisa mencoba situs jual beli foto dibawah ini.

Semua situs yang menyediakan layanan penjualan foto memiliki persyaratan, dan ketentuan tertentu, pastikan kamu siap untuk mematuhinya. Apabila hasil foto yang ingin kamu jual ditolak, cobalah untuk melatih kemampuan fotografer kamu untuk mendapatkan hasil jepret yang lebih baik.