Selamat untuk Ibu yang sudah resmi menyandang status ibu hamil.

Ibu hamil pastinya bahagia banget karena dalam rentang waktu sembilan bulan ke depan, akan ada seseorang yang menemani Ibu tiap hari. Walaupun calon bayi sekarang ini masih berukuran kecil, belum ada pergerakan tapi hal ini tentunya memberikan selusup perasaan hangat bagi Ibu dan suami.

Menyambut kehadiran calon bayi, tentunya Ibu akan melakukan berbagai persiapan. Yang paling utama adalah tetap sehat selama sembilan bulan sehingga proses persalinan pun bisa berjalan dengan lancar.

Agar tetap sehat saat Ibu hamil muda, lakukan 7 tips mudah ini tiap hari.

1. Minum vitamin pre-natal

Saat Ibu dinyatakan hamil oleh dokter, biasanya Ibu akan diberi resep vitamin pre-natal yang mesti dikonsumsi tiap hari.

Vitamin ini biasanya mengandung asam folat dan kalsium yang berguna untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin juga kesehatan Ibu sendiri.

2. Santap makanan bergizi

Asupan makanan sangat berefek pada kesehatan Ibu dan juga janin dalam kandungan. Baiknya Ibu mengonsumsi menu piring seimbang dengan variasi makanan (karbohidrat, protein, vitamin) agar tumbuh kembang calon bayi bisa optimal dan Ibu pun tetap sehat.

Dengan mengonsumsi makanan bergizi, bagi calon bayi bisa mendukung porses tumbuh janin khususnya pembentukkan organ tubuh. Dan juga menjaga berat badan janin agar sesuai.

Bagi Ibu sendiri, dengan makan yang bernutrisi bisa mengontrol berat badan, menambah stamina, mengurangi risiko komplikasi saat hamil

3. Tetap terhidrasi dengan baik

Selama hamil, Ibu perlu terhidrasi dengan baik. Oleh karena itu, Ibu wajib minum air putih delapan hingga sepuluh gelas per hari agar tercukupi asupan cairan tubuh.

Baca :   Manfaat Game Lego untuk Anak

Apabila Ibu terhidrasi dengan baik, maka aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh bisa lancar, pun ke rahim tempat janin.

Tak hanya itu, dengan mencukupi asupan cairan tubuh bisa mengatasi masalah seperti sembelit, infeksi saluran kencing, wasir, anemia, dehidrasi.

4. Hindari merokok dan minum alkohol

Sudah menjadi hal umum yang diketahui bahwa merokok dan minum alkohol selama dan sesudah kehamilan bisa mengganggu kesehatan Ibu dan calon bayi.

Efek dari merokok bisa meningkatkan risiko SIDS (sudden infant death syndrome), kehamilan prematur, keguguran, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Efek dari alkohol bisa meningkatkan risiko FASD (fetal alcohol spectrum disorder) di mana bisa menyebabkan calon bayi lahir dengan wajah yang abnormal, gangguan perilaku.

5. Rutin berolahraga

Siapa bilang Ibu hamil tidak boleh berolahraga? Justru dengan olahraga membuat stamina Ibu hamil lebih sehat, pikiran pun tenang.

Namun, Ibu pun harus memilih olahraga apa yang akan dilakukan, hindari melakukan olahraga berat tapi lakukan olahraga ringan. Misalnya, yoga, jalan sehat atau berenang.

6. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup penting banget untuk Ibu hamil.

Kurang tidur saat hamil bisa menyebabkan komplikasi kehamilan seperti pre-eklampsia. Oleh karena itu, saat Ibu merasa capek dan ngantuk, segeralah tidur jangan ditunda nonton drakor dulu.

7. Positive thinking

Berusahalah untuk terus berpikiran positif ya, Bu. Apa yang terjadi sudah digariskan olehNya. Dan terus beri afirmasi positif, bahwa kehamilan ini akan lancar hingga proses persalinan.

Semoga tips sehat ibu hamil muda ini membantu, ya. Sehat selalu, Bu. Makasih sudah baca artikel dari TumesKecil.com !