Memang asik melakukan livestreaming dari segi streamer atau penonton. Di sisi streamer, ia mendapatkan uang, dan penonton dapat hiburan. Tapi sadar ga sih di balik itu semua, ada beberapa dampak negatif livestreaming serta bahaya livestreaming.

Sekarang ini, live streaming adalah gaya hidup baru bagi seseorang yang cukup tren di kalangan anak muda. Berbagai platform livestreaming diantaranya Bigo Live, Instagram, Tiktok Live, Cliponyu, Twitch, Youtube, Nonolive, dan berbagai platform livestreaming lainnya.

Menjadi host live streaming merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan bagi seseorang. Dengan live streaming, ia dapat berkomunikasi dengan temannya atau fans nya secara langsung tanpa mengenal batasan waktu dan tempat . Sehingga, tak mustahil live streaming sangat ramai penggunanya.

Live Streaming juga bisa menjadi wadah bagi kita untuk mencari ilmu namun ketika live streaming dimanfaatkan secara benar tentunya. Host bisa  saja menampilkan berbagai informasi mengenai topik tertentu yang dapat menambah pengetahuan kamu, atau bisa juga dijadikan sebagai forum belajar.

Selain itu semua, live streaming di salah satu aplikasi bernama Bigo Live, bisa mendatangkan pundi – pundi uang. Uang tersebut dapat didapatkan dengan menukarkan virtual gift yang didapat dengan cara mendapatkan beans atau diamond yang nantiya bisa ditukar menjadi uang.

Inilah 7+ Dampak Negatif Livestreaming, Nomor 5 Parah 4
source image : GamingCentral

Sebenarnya, menurut developer aplikasi/fitur live streaming, tujuannya memang seperti itu. Mengingat banyak masyarakat yang kurang minat bacanya sehingga video secara live lah solusinya. Namun, fitur ini malahan seringkali disalahgunakan oleh host live streaming.

Live Streaming juga dapat menjadi pemasukan ‘besar’ bagi provider internet. Dengan adanya live straming, seorang host ataupun viewer akan lebih mudah menghabiskan kuota internet. Fitur seperti inilah yang mampu menjawab tantangan kebutuhan di era infrastruktur kecepatan internet yang tinggi untuk melakukan streaming media.

Baca :   Fitur, Harga, dan Keunggulan Spots Sebagai Mesin EDC Terbaik

Ternyata, di balik semua hal positif dari live streaming, ada beberapa dampak negatif untuk kamu yang suka live streaming maupun nonton lho. Berikut paparannya :

1. Kurang Komunikasi dan Rasa Sosial

dampak negatif livestreaming

Dampak negatif livestreaming yang pertama adalah kurangnya komunikasi dan rasa sosial. Jelas sekali bahwa live streaming menjadikan pengunanya kurang komunikasi dan rasa sosial. Ini adalah bahaya livestreaming yang tak boleh dilupakan karena komunikasi sangat diperlukan. Ia lebih mempedulikan dan berbicara sendiri kepada layar handphone nya ketimbang bertemu teman atau orang terdekat secara langsung.

Livestreaming dapat menjadikan usernya lebih tertutup ketika ada orang yang ingin berkomunikasi denganmu dan membuat dirimu menjadi seseorang yang socially awkward. Hal ini pasti membuatnya kesusahan dalam berkomunikasi kedepannya. Padahal, ilmu komunikasi diperlukan dalam hidup, baik kehidupan sehari-hari, hingga dalam bisnis.

2. Kuota Cepat Habis

dampak negatif livestreaming

Kuota untuk melakukan live streaming jelas sangat kontras perbedaannya ketimbang bermain game online, chatting, atau browsing. Sehingga hal ini memungkinkan kamu untuk membeli kuota internet banyak dan membuat kamu hidup boros. Padahal uang yang kamu gunakan untuk membeli kuota internet bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.Untuk setiap menit, live streaming membutuhkan kuota internet setidaknya 4 Mb dalam setiap menit.

Ingat, setiap menit. Bayangkan jika kalian melakukan live streaming 2 jam, kalkulasinya berarti 480 Mb. Banyak bukan?Antisipasilah dengan melakukan live streaming ketika Anda berada di jaringan Wifi, sehingga Anda dapat menghemat kuota yang jika digunakan live streaming membutuhkan biaya yang tidak murah. Untuk platform yang menyediakan fitur live straming online, gunakanlah sebaik mungkin.

3. Keamanan Privasi Terancam

Seiring kamu melakukan live streaming, bisa saja ada orang yang berniat jahat kepadamu. Pengguna sering kali tidak menyadari bahwa tindakan mereka dapat disaksikan oleh orang yang tidak dikenal dan dapat menimbulkan ancaman bagi keselamatan mereka. Ia bisa mengetahui rahasia kamu dan kegiatan yang biasa kamu lakukan. Selain itu, informasi pribadi pengguna dapat mudah diambil oleh pelaku kejahatan online selama sesi livestreaming. Tentu ini membuat orang jahat semakin mudah melancarkan aksinya.

Baca :   Mix and Match Outfit Pria Buat ke Kampus, Simple Namun Tetap Kece!

4. Membahayakan Kesehatanmu

bahaya livestreaming

Secara khusus, memang belum ada penelitian jika livestreaming dapat mengganggu kesehatan pengguna dan penontonnya. Namun, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of California, Irvive Reasearch (UCI) menyebutkan jika orang yang terlalu sering memandang layar handphone dapat terkena radiasi handphone tersebut. Ini dapat mempengaruhi emosi Anda di kemudian hari.

Pengguna sering merasa terpaksa untuk melakukan livestreaming, terutama jika mereka memiliki pengikut yang banyak. Mereka mungkin merasa perlu untuk terus memperbarui konten mereka agar tetap menarik bagi pengikut mereka, yang pada akhirnya dapat menguras energi mereka dan menimbulkan stres.

Livestreaming dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan pengguna, terutama jika mereka terus menerus melakukan sesi livestreaming tanpa henti. Hal ini dapat mengganggu tidur dan pola makan, serta menimbulkan masalah kesehatan lain seperti sakit kepala. Terlalu sering menatap layar handphone kamu, pasti tidak baik untuk kesehatan mata. Ini dikarenakan paparan cahaya yang masuk ke pupil matamu terlalu tingi. Mata bisa kering, otot mata bisa melemah, dan akhirnya tidak menutup kemungkinan mata kamu bisa minus.

5. Bisa Mendekati Hal Berbau P*rnografi

Hal ini sudah sangat marak dilakukan. Alih-alih tujuan platform live streaming untuk kegiatan bermanfaat, sekarang live streaming telah dianggap sebagai platform pronografi. Sedikit sekali host yang menggunakan fitur ini untuk hal bermanfaat. Malah sebaliknya, banyak sekali host yang mengumbar kemolekan tubuhnya di Iive streaming.Ia melakukan hal ini demi mendapatkan gift tertentu alias virtual gift yang diberikan oleh platform live streaming dan juga viewers banyak tentunya.

Saya tidak habis pikir kenapa konten vulgar lebih diminati banyak orang. Tentu juga sangat berbahaya jika yang menonton adalah anak yang masih di bawah umur. Mereka bisa saja terperangkap ke dalam dunia ‘itu’ dan mereka bisa meniru perilaku host live streaming yang melakukan tindakan tak pantas itu.

Baca :   Ramainya Ayam Goreng Berkah Bikin Penasaran

6. Mengganggu Orang di Sekitarmu

Melakukan live streaming terutama di tempat ramai seperti di mall, halte, restoran, dsb pasti sangat mengganggu orang di sekitarmu. Mereka bisa saja terganggu akibat wajahnya terekam dan merasa privasi mereka diumbar-umbar. Kebanyakan host dari live streaming ini tidak meminta izin dahulu untuk merekam orang-orang di sekitarnya.

7. Membuang Waktu

bahaya bigo live

Hal negatif live straming yang terakhir adalah membuang waktu yang sangat berhargamu.
Bayangkan saja jika waktu kamu melakukan live streaming. Berapa banyak menit yang telah terlewati hanya untuk menampilkan wajahmu di suatu platform.

Waktu untuk melakukan live streaming tersebut bisa saja kamu gunakan untuk membaca artikel yang bermanfaat, atau meningkatkan skillmu dengan melakukan hobi yang dapat dilakukan dimanapun, seperti menulis cerpen, puisi, atau hal positif lainnya.

Akhir Kata

Kesimpulannya, livestreaming di platform apapun serrpeti Bigo Live, Instagram, Tiktok Live, Cliponyu, Twitch, Youtube, Nonolive, dapat menimbulkan bahaya dan dampak negatif pada pengguna, seperti tekanan mental, menjadi korban kejahatan online, meningkatkan risiko ketergantungan media sosial, menimbulkan dampak negatif pada kesehatan, dan menyebarkan konten yang tidak pantas. Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati dan menyadari risiko-risiko tersebut sebelum melakukan sesi livestreaming. Selalu ingat untuk memperhatikan keamanan.

Kamu boleh-boleh saja melakukan live streaming namun lakukan dengan wajar saja. Jangan sampai kamu terlarut menatap layar handphone kamu berjam-jam hanya untuk eksis di dunia maya yang dirasa itu sangat over. Jadilah orang yang selalu bijak dalam melakukan sesuatu.