Mencari di mana sumber mata air terdekat ? Coba gunakan aplikasi android deteksi air tanah berikut ini. Mungkin aplikasi android pendeteksi air bawah tanah berikut tidak seakurat yang kamu bayangkan, tapi bisa kamu coba. Simak terus artikelnya.

Tahun demi tahun sumber air di berbagai belahan dunia semakin menipis, salah satu penyebabnya adalah berkurangnya pepohonan dan semakin maraknya pembangunan. Karena tidak ada yang bisa menahan air, maka semuanya terbuang ke laut.

Untuk itulah, saat kita mau menggali sumur atau mencari sumber mata air, perlu dilakukan deteksi mata air terlebih dahulu guna memastikan tempat tersebut memiliki air yang cukup.

Beruntung kita hidup di era modern, karena dengan bantuan aplikasi android deteksi air tanah kita bisa menemukan sumber air dengan tepat dan akurat. Cara kerja aplikasi ini sebenarnya bukan dengan sensor ataupun pendeteksian langsung dari HP android itu sendiri, karena HP tidak memiliki hardware yang berfungsi untuk itu. Melainkan dari data yang dikumpulkan oleh tim riset lapangan.

Rekomendasi 5+ Aplikasi Android Deteksi Air Tanah Terbaik dan Gratis untuk Menemukan Sumber Air di Sekitarmu

Berikut ini beberapa aplikasi android pendeteksi sumber mata air bawah tanah yang bisa kamu gunakan :

1. Water Live – WaterNSW

Rating ★3,6

Water Live memuat informasi secara realtime tentang ketersediaan air tanah yang terhubung secara langsung dengan data dari pusat pemantauan air NSW.

Berisikan data yang lengkap tentang suatu wilayah terkait ketersediaan air, flow rate, water level, water volume, dan daily rainfall. Sudah lebih dari 50 ribu pengguna yang mendapatkan manfaat dari aplikasi android deteksi air tanah satu ini.

Baca :   5 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Offline dan Online Terbaik

Kamu juga bisa melihat di peta tentang ketersediaan air tanah pada suatu wilayah. Disana akan terpampang simbol berupa segita kecil yang berisikan warna merah untuk daerah yang kurang sumber air, hitam menunjukan tempat yang langka air, orange untuk tempat yang memiliki cukup air, dan hijau untuk daerah yang kaya sumber air.

2. EarthEcho Water Challenge – mWater

aplikasi android deteksi air tanah gratis

Rating ★4,0

Aplikasi deteksi air tanah ini dalam pengembangannya dikoordinasikan secara langsung oleh EartEcho International.

EarthEcho Water Challenge bisa dikatakan sebagai wadah komunitas yang memungkinkan anggotanya untuk berkolaborasi secara aktif terkait keterlibatannya dalam pemantauan sumber daya air yang ada di daerahnya masing-masing. Nantinya data ini bisa dilihat dan dimanfaatkan oleh seluruh anggota komunitasnya.

Pemetaan dan monitoring sumber daya air tanah yang dilakukan aplikasi android deteksi air tanah ini bisa mencantumkan info lain yang telah diobservasi.

Misalnya tingkat polusi, organisme yang hidup di sekitarnya, dan deksripsi seputar tempat sumber mata air tersebut. Bila kamu tertarik untuk ikut berpartisipasi, langsung saja untuk mendownloadnya.

3. Tap – Find Water Anywhere – Tap Projects Inc.

aplikasi android deteksi air tanah terbaik

Rating ★3,4

Salah satu aplikasi android deteksi air tanah terbaik yang bisa kamu temui di Playstore. Sebenarnya fungsi tap sendiri adalah untuk menemukan tempat isi ulang air yang bisa diminum yang diambil langsung dari kran. Biasanya hal semacam ini kita sering temui di luar negeri.

Tap memiliki data terkait 35 ribu sumber air di lebih dari 30 negara dan lebih dari 7 ribu kota besar di dunia. Dengan ukuran aplikasi hanya sebesar 3.6 MB, aplikasi ini telah diunduh dengan lebih dari 100 ribu pengguna di berbagai dunia.

Bila kamu sedang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri, aplikasi ini akan sangat membantu saat mau mencari sumber air yang bisa diminum.

Baca :   Rekomendasi 12+ Aplikasi HP VIVO yang Wajib Kamu Install

4. H2O Finder – Trial Pits Ltd

aplikasi android pendeteksi air bawah tanah

Rating ★3,3

Secara fungsi dan fitur, aplikasi android pendeteksi air bawah tanah ini mirip dengan aplikasi Tap, hanya saja memiliki tampilan yang jauh lebih simpel dan rapi serta lebih sedikit fitur.

Seperti namanya, aplikasi ini berguna untuk menemukan sumber air publik yang bisa kita manfaatkan secara gratis. Aplikasi ini mencangkup hampir semua lokasi di dunia. Asalkan memiliki sumber air publik, maka akan tercantum di aplikasi ini.

Fitur filternya juga sangat berguna. Dengannya kita bisa mencari beberpa kategori air yang berbeda, misalnya stasiun pusat air, sumber air yang dapat diminum, sumber air yang tidak dapat diminum, dan sumber air yang butuh treatment lebih lanjut sebelum dipakai.

Sehingga kita bisa mendapatkan air yang betul-betul aman untuk dikonsumsi.

5. mWater Explorer – mWater

aplikasi android pendeteksi air tanah

Rating ★3,3

Mengeksplor sumber air tanah jauh lebih mudah dengan bantuan aplikasi android deteksi air tanah yang bernama mWater Explorer ini.

Sebagai pengguna aplikasi, kita juga bisa menjalankan survey dengan cara mengeksplor sumber air yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Hasil survey tadi bisa kita isi di aplikasi ini dan bisa dilihat oleh pengguna lain.

Selain ada map yang menunjukan sumber mata air, aplikasi ini pun memiliki fitur task. Fitur ini adalah tugas terkait 2 hal, yaitu merekam kualitas air dan menginspeksi kebersihan sumber mata air di sekitar kita.

Dengan menjalankan tugas yang ada, berarti kita ikut berpartisipasi dalam menjaga kesehatan dan kebersihan sumber mata air global.

Akhir Kata

Itulah 5 jenis aplikasi android deteksi air tanah terbaik yang sangat berguna untuk menemukan sumber mata air di sekitar tempat tinggal kita.