Sedang belajar mengenai arsitek? Coba pakai aplikasi arsitek android berikut ini. Lumayan buat ngisi waktu gabut sambil mengasah skill merancang bangunan dan rumah. Apa saja aplikasi belajar arsitektur tersebut? Baca terus artikelnya.

Merancang sebuah bangunan rumah adalah tugas seorang arsitek. Mendesain suatu arsitektur rumah ataupun gedung butuh pengukuran, perencanaan dan penataan tiap bagian dengan detail. Begitupun mengenai pembangunan bangungan untuk sumber mata air di bawah tanah.

Bagi orang yang tidak memiliki pemahaman sama sekali tentang dunia arsitektur atau desain, tentu akan kesulitan untuk melakukannya. Namun sekarang kamu tak perlu berpikir demikian lagi.

Dengan kecanggihan teknologi di era modern ini, kita akan dimudahkan dalam setiap aspek kehidupan. Seperti halnya mendesain arsitek bangunan.

Hanya dengan bantuan app dan smartphone, kamu bisa menggambar rancangan bangunan bak seorang arsitek loh. Bahkan tanpa perlu ilmu rancang dan desain bangunan sama sekali.

Omong-omong, kalau kamu seorang yang sedang belajar akuntansi, kamu bisa cek aplikasi belajar akuntansi

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut artikelnya.

Rekomendasi 6+ Aplikasi Arsitek Android Offline Gratis Terbaik yang Layak Kamu Coba

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi arsitektur android terbaik yang dapat kamu gunakan untuk belajar merancang rumah impianmu:

1. Room Planner – IcanDesignLLC

aplikasi arsitek android

Rating ★4,5

Dua fungsi yang bisa dapatkan dari app ini adalah sebagai desain rumah dan dekorasi interior. Dengan lebih dari 5 juta unduhan dan rating 4.4, menunjukan bahwa Room Planner ini sangat bagus untuk digunakan sebagai aplikasi belajar arsitek android.

Karena memiliki ukuran 421 MB maka Room Planner harus digunakan diperangkat yang memadai dengan spek menengah ke atas.

Baca :   8 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Gratis di Android dan iPhone

Beberapa fitur lain yang tak kalah menarik di aplikasi 3d arsitektur android ini adalah katalog produk dan hiasan ikea dengan lebih dari 5000 produk, desain interior siap pakai, penempatan ruangan tanpa batas, peralatan dekor profesional, dan juga fitur penggunaan secara offline.

2. Home Design 3D – Anuman

aplikasi 3d arsitektur android

Rating ★3,6

Ukurannya memang tak sebesar Room Planner, yaitu hanya 134 MB tapi fitur-fitur yang ada didalamnya begitu kompleks.

Interface nya yang simple membuat aplikasi arsitek di hp ini bisa dipakai oleh siapa  saja, termasuk kamu yang belum punya gambaran sedikitpun tentang merancang bangunan. Proses rendering desainnya pun cepat, powerfull dan memiliki hasil realistis.

Sejak awal rilis di tahun 2014, Home Design 3D sudah didownload oleh lebih dari 35 juta orang secara global.

Bila kamu berencana membangun rumah atau gedung bertingkat, app ini bisa menambah jumlah lantai secara tak terbatas (disesuaikan dengan spek perangkat) dan sama sekali tidak berbayar untuk menggunakannya.

3. Planner 5D – Planner 5D

aplikasi arsitek android gratis

Rating ★4,4

Salah satu aplikasi arsitek android gratis terbaik yang harus kamu coba. Selain desain interior, kamu juga bisa membuat desain eksterior loh, bahkan memfurnish sekaligus menghiasnya juga.

Tersedia pilihan 2D maupun 3D yang akan memberikan tampilan visualisasi secara menyeluruh pada desain arsitektur yang dibuat.

Dalam katalog yang disediakan sudah ada berbagai item interior maupun eksterior yang melimpah. Sehingga kamu bisa mengatur letak perabot rumah, dan menyusunnya berdasarkan kreativitas yang dimiliki.

Sayangnya pengguna gratis aplikasi belajar arsitektur ini hanya dapat menikmati 150 item, sedangkan katalog versi premium tedapat lebih dari 5000 item. Biaya berlangganan bulanannya pun cukup mahal, karena targetnya adalah para arsitek profesional.

4. Floor Plan Creator – Marcin Lewondski

aplikasi arsitektur rumah android

Rating ★4,1

Dibandingkan ketiga aplikasi arsitek android sebelumnya, floor plan creator memiliki ukuran yang jauh lebih ringan hanya 3,4 MB.

Fungsinya pun sangat sederhana, yaitu hanya untuk membangun desain interior rumah, tanpa atap dan item pendukung yang memadai. Sehingga bagi pemula dan pemilik perangkat spek rendah app ini sangat berguna.

Baca :   7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2020

Walau simpel, kamu tetap bisa menikmati fitur 3D tour mode. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat tiap sudut ruangan dengan jelas apakah sudah presisi atau belum.

Hasilnya pun bisa ekspor ke file gambar seperti jpg dan dokumen seperti pdf. Bila ingin dalam bentuk lain seperti SVG dan DXF, maka harus melakukan pembayaran terlebih dahulu.

5. Kalkulator Arsitek – Triple Bits

aplikasi arsitek android

Rating ★4,7

Aplikasi arsitek rumah untuk android satu ini memiliki fungsi yang berbeda sendiri dengan beberapa apl di atas. Yaitu sebagai alat untuk membantu pengukuran struktur bangunan secara keseluruhan.

Karena tahapan ini sangat penting dilakukan oleh seorang arsitek dalam memetakan dimensi desain bangunan yang akan dibuatnya.

Beberapa fitur yang sangat membantu antara lain perhitungan balok dan demensi kolom sesuai grid struktur, menentukan dimensi pile cap sesuai tiang pondasi, mengukur beban hidup, beban mati, serta beban tetap dalam grid struktur, dan yang tak kalah penting adalah mengukur spesifikasi total dari tiang pondasi yang didasarkan pada beban tetap.

6. Magicplan – Sensopia Inc

aplikasi arsitektur android

Rating ★4,4

Magicplan berisikan paket komplit yang dibutuhkan dalam dunia arsitektur. Dengan aplikasi ini, seorang arsitek bisa membuat taksiran perencanaan pembangunan, pembuatan denah lantai, perancangan desain interior dalam bentuk 2D maupun 3D, dan menjadikan hasilnya sebagai bahan laporan lapangan yang lengkap (meliputi foto, catatan, formulir, gambar 360, dan markup).

Semua fitur dan item dapat kamu nikmati secara gratis tanpa limit. Hanya bagi pengguna premium akan ada benefit lain seperti membuat 2 proyek desain, kolaborasi tim, dan dapat akses ke magicplan API. Yang mana beberapa manfaat tersebut lebih cocok untuk keperluan bisnis.

Akhir Kata

Diantara ke enam aplikasi arsitek android di atas, masing-masing tentu punya kelebihan dan kekurangannya. Kamu bisa saling melengkapinya dengan apl satu dan yang lainnya.