Pengen belajar menjahit tanpa pengajar atau otodidak? Coba pakai aplikasi belajar menjahit di android berikut ini untuk membantumu mempelajari cara menjahit yang benar tanpa guru sekalipun.

Saat mengisi waktu luang, tentu kita tidak ingin terus-terusan melakukan hal yang sama seperti membaca novel inggris terus-terusan. Awalnya sih memang seru, tapi pasti lama kelamaan bosan juga kan. Salah satu kegiatan baru yang dapat kamu coba menjahit misalnya.

Menjahit bukan hanya ketrampilan yang sederhana, untuk bisa menguasai sepenuhnya selain butuh bakat kita juga harus punya kreativitas yang tingi serta paham akan perkembangan dunia fashion.

Apalagi saat ini, era dimana dunia fashion tumbuh dengan begitu cepat, jika kita tidak mengupgrade  ilmu baru seputar menjahit, maka pakaian yang kita hasilkan sudah ketinggalan jaman.

Belajar menjahit memang butuh kesabaran, ketekunan, dan modal yang lumayan banyak. Karena tiap praktiknya harus mengorbankan berlembar-lembar kain, waktu, dan tenaga.

Apalagi biaya untuk guru privat menjahit juga tidaklah murah. Nah disini TumesKecil akan merekomendasikan untukmu beberapa aplikasi untuk belajar menjahit yang gratis di android dan tanpa biaya sepeserpun.

Rekomendasi 7+ Aplikasi Belajar Menjahit Terbaik dan Gratis untuk Pemula hingga Pro di Android

Catatan : Jika suatu saat salah satu aplikasi belajar menjahit di bawah tidak tersedia lagi di PlayStore, carilah di google dengan keyword “(nama aplikasi) apk”. Persiskan (nama aplikasi) dengan nama aplikasi yang kami tuliskan di bawah agar sesuai dengan aplikasi yang kami tuliskan.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kita pakai untuk latihan menjahit secara teori maupun praktik:

1. Cara Jahit Mudah dan Bikin Pola Offline – JagatApp

aplikasi belajar menjahit

Rating ★4,0

Bagi kamu yang belum memiliki pengalaman menjahit sama sekali, aplikasi belajar menjahit ini sangat cocok untuk kamu pelajari. Memang isinya sangat simpel hanya seputar materi teknik menjahit beserta pola-polanya saja.

Namun, bila step by stepnya diikuti dengan baik, maka dijamin kamu bisa membuat stel pakaian sederhana seperti seragam sekolah, blouse, bandbag, rok, gaun pesta dan dress kekinian.

Baca :   10+ Aplikasi Belajar Bahasa Prancis Gratis Terbaik di Android dan iPhone

Dengan ukuran aplikasi yang super ringan hanya 9,2 MB, aplikasi android belajar menjahit ini dapat digunakan untuk smartphone dengan spek rendah. Hadirnya fitur offline memudahkan kita untuk mengakses aplikasi walaupun sedang tidak ada koneksi internet.

2. Moslem Dress Pattern – Kamilafarzana

aplikasi belajar menjahit untuk pemula

Rating ★4,1

Jika app sebelumnya terbilang sudah begitu simpel, “Moslem Dress Pattern” jauh lebih simpel lagi. Berukuran 4 MB, aplikasi ini berfokus pada rangkaian gambar pola-pola koleksi gamis. Berbagai pola gamis terkenal ada disini, mulai dari kaftan, long dress, dan muslim dress modern.

Karena hanya berisikan gambar dan keterangan pola tanpa ada penjelasan detailnya, maka aplikasi belajar menjahit offline ini kurang cocok digunakan oleh pemula.

Lebih sesuai jika app ini digunakan oleh mereka para penjahit berpengalaman yang sedang mencari ide tambahan untuk membuat dress muslim.

3. Curso de Costura – J.M.C.O.R.P

download aplikasi belajar menjahit

Curso de Costura adalah nama yang berasal dari bahasa Spanyol yang artinya kursus menjahit. Isi aplikasi ini benar-benar bagus, yakni tentang materi kursus jahit, mulai dari pengenalan seputar alat jahir, cara melakukan pengukuran, pembuatan pola, hingga perancangan pola menjadi kesatuan pakaian.

Sayangnya, isinya semuanya menggunakan bahasa Spanyol, bahkan tidak ada pilihan Bahasa Inggris. Namun kamu jangan khawatir, berbagai video yang ada didalamnya ditampilkan dengan begitu jelas sehingga akan mudah dipahami walaupun dengan bahasa asing sekalipun.

4. Patrones de Costura – J.M.C.O.R.P

aplikasi untuk belajar menjahit

Masih sama-sama besutan J.M.C.O.R.P, aplikasi ini juga sepenuhnya menggunakan bahasa Spanyol. Patroned de Costura memiliki makna pola jahitan. Sehingga Patrones de Costura akan lebih fokus pada berbagai tahapan dan teknik menjahit yang dibentuk disusun dalam bentuk video.

Dengan aplikasi belajar menjahit di android satu ini, kamu akan dapat membuat pola berbagai jenis pakaian. Mulai dari berbagai model kaos seperti shirt & polo shirt, kemeja pria, gaun pesta, dress kekinian, dan berbagai model celana.

Setelah membuat pola ini, kita juga diajari bagaimana cara menjahitnya sampai jadi sebuah pakaian.

5. Sewing Workshop – Fabrigas

aplikasi android belajar menjahit

Sewing Workshop (How to cut and sew) merupakan aplikasi karya Fabrigas yang diluncurkan tahun 2019 lalu. Berisikan materi super lengkap dan penjelasan yang mudah dipahami, aplikasi ini menjanjikan kepada siapapun yang mengikuti kursusnya akan paham tentang dunia perjahitan hanya dalam waktu seminggu.

Baca :   6+ Aplikasi Belajar Nyanyi Terpopuler yang Wajib Kamu Coba

Sejatinya aplikasi ini adalah komunitas online yang berisikan para penjahit yang fokus secara mendalam hanya pada latihan memotong dan menjahit. Semua materi dibuat dalam video 4K yang super jernih.

Untuk mengikuti kursusnya, ada 5 kelas yang bisa kita pilih. Diantaranya kelas free, beginners, advanced, intermediate, dan pro.

Saat ini (Agustus 2020), kamu tidak bisa download aplikasi belajar menjahit ini di PlayStore karena memang tidak tersedia. Jadi soluisnya, downloadlah apk nya lewat google. Mungkin kedepannya app ini bakal tersedia lagi di PlayStore

6. Jahit – Menjahit dan Pola – Craftlog

aplikasi belajar menjahit terbaik

Rating ★3,7

App karya Craftlog ini merupakan salah satu rujukan para penjahit di seluruh dunia. Dengan lebih dari 50 ribu instalan secara global, aplikasi ini menyediakan layanan berupa komunitas jahit.

Jadi kamu bisa berbagi ide mengenai model pakaian sekaligus mempelajari ide orang lain. Berbagai proyek yang telah kita buat juga bisa didokumentasikan dengan aplikasi ini.

Beberapa fitur yang disediakan di aplikasi belajar menjahit terbaik ini meliputi fitur posting proyek (rajutan, jahitan, model / pola, sulaman, bordiran, crochet, quilting), mencari proyek orang lain dari berbagai dunia, kolaborasi dengan teman untuk saling melengkapi proyek yang dikerjakan dan saling support antar anggota komunitas.

7. Buku Pola Pakaian (Pemula) – fahrudin

aplikasi belajar menjahit gratis

Rating ★4,0

Aplikasi belajar menjahit yang terakhir adalah Buku Pola Pakaian (Pemula) garapan dari fahrudi. Aplikasi ini berisi tentang bagaimana cara membuat dan menjahit pola pakaian mulai dari celana, baju, rok, dan masih banyak lagi.

Dengan total unduhan lebih dari 5000, dan rating 4,0 membuat aplikasi ini cukup kami rekomendasikan bagi kamu yang sedang belajar menjahit.

DI dalam aplikasinya, kamu bakal langsung diberi berbagai menu yang berisi cara mebuat setiap pola jenis pakaian. Disana bakal ada tulisan untuk deskripsi pola, gambar pola, alat yang dibutuhkan, hingga ukuran-ukurannya.

Akhir Kata

Memang menjahit tidaklah mudah, kita perlu bekerja keras untuk sampai pada tahap profesional. Jika sudah menguasainya dengan baik, keahlian ini bisa jadi profesi yang sangat menguntungkan, bahkan bisa dilakukan hanya dari rumah saja.

Itulah beberapa macam aplikasi belajar menjahit terbaik dan gratis untuk pemula hingga expert di android yang akan membantu kita menemukan ilmu dan inspirasi dalam meningkatakan keahlian menjahit. Selamat belajar menjahit!