Sekarang scan dokumen tak perlu pakai scanner. Pakai HP bisa lho dengan menggunakan aplikasi scanner android gratis terbaik paling bagus berikut ini. Simak terus artikelnya.

Scanner adalah alat yang digunakan untuk menscan berbagai dokumen penting seperti surat resmi, ijazah, kartu keluarga, kwitansi kartu nama, akta kelahiran, dokumen kantor, sertifikat tanah dan sebagainya. Lantas bagaimana cara mencscan dokumen terebut bila kita tidak punya alatnya?

Harga scanner memang mahal, jika kita beli hanya untuk menscan satu atau dua dokumen saja tentu tidak worth it.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan smartphone android untuk menscan berbagai dokumen seperti tugah kuliah, sekolah, kantor tanpa perlu pakai alat scanner lagi. Karena hanya dengan tambahan aplikasi, smartphonemu bisa jadi scanner yang powerfull loh.

Rekemendasi 6+ Aplikasi Scanner Android Terbaik dan Gratis yang Memilliki Fitur Unggulan

Berikut adalah beberapa aplikasi scanner android terbaik yang dapat kamu coba:

1. Adobe Scan: PDF Scanner with OCR – Adobe

aplikasi scanner android terbaik

Rating :  ★4,6

Semua aplikasi garapan developer Adobe baik versi PC maupun smartphonenya memang tidak perlu diragukan lagi.

Seperti halnya aplikasi scanner android terbaik Adobe Scan , dengan mengusung teknologi OCR (Automated Text Recognition) dan advance scan technology menjadikannya mampu memahami teks secara otomatis dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga kita bisa menggunakan teks tersebut menjadi dokumen lain yang terpisah.

Aplikasi ini tidak hanya mampu mengubah file ke bentuk PDF saja, tapi juga mempertajam kualitas dokumen yang kita scan.

Baca :   5 Aplikasi Belajar Matematika SD Lengkap dan Gratis Android

Beberapa fitur editing yang sangat bermanfaat juga dimilikinya, seperti crop, scan preview, reorder, rotate, penghapus, tambah teks, dan penyesuaian warna. Sehingga kita bisa mengedit hasil scan secara total, termasuk data .

2. CamScanner – INTSIG Information Co, Ltd

aplikasi scanner android yang bagus

Rating :  ★4,3
Editor choices ☑

Sama seperti Adobe, CamScanner juga termasuk aplikasi editor choice. Memiliki fitur yang lebih lengkap dengan ukuran yang tidak terlalu besar hanya 36 MB menjadikan CamScanner sebagai aplikasi scanner android terbaik yang telah dipilih oleh 400 juta lebih pengguna android secara global dengan penambahan 500 ribu pengguna baru tiap harinya.

CamScanner memiliki beberapa fitur penting seperti PDF reader, power point / doc / excel editor, translate image, PDF convertion, file manager, image editor dan ekspor / share dokumen.

Hadirnya fitur penyimpanan cloud gratis sebesar 10 GB memudahkan kita untuk menyimpan data hasil scan tanpa takut kehabisan memori lagi.

3. Simple Scan – Free PDF Scanner App – Easy Inc.

aplikasi scanner android tanpa watermark

Rating :  ★4,8

Ingin memilih aplikasi scanner android terbaik yang simple tapi punya fitur profesional?

Jika ya maka Simple Scan adalah jawabannya. Memiliki ukuran yang lumayan ringan yaitu 29 MB menjadikannya bisa dipasang disemua spek perangkat. Sama seperti adove scan, aplikasi ini juga mendukung teknologi OCR serta import pdf ke jpg.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan mendapat rating 4.8 di Playstore. Tentu hal ini membuktikan bahwa Simple Scan sangat layak untuk kita pilih.

Salah satu fitur yang menarik untuk dicoba dan tidak dimiliki app lain adalah auto upload. Setelah hasil scan jadi, maka aplikasi akan langsung menguploadnya ke beberapa layanan penyimpanan file seperti box, onedrive, dropbox, dan google drive.

4. Clear Scan: Free Documen Scanner App – Indy Mobile App

aplikasi scanner android gratis

Rating :  ★4,7

Aplikasi scanner android tanpa watermark ini cukup banyak digunakan untuk kebutuhan scan dokumen dan hasil tulisan.

Baca :   6 Game Smartphone Asah Otak yang Wajib Kamu Coba

Jadi bagi kamu yang sedang belajar online dirumah, daripada memfoto catatan / laporan belajarnya dengan aplikasi kamera maka lebih baik dengan aplikasi ini. Prosesnya jauh lebih cepat, simple, akurat dan hasil scannya jernih dan berkualitas tinggi.

Banyak tipe dokumen yang dapat kita scan dengan aplikasi Clear Scan. Diantaranya ada resep, bills, buku, majalah, dokumen penting, gambar, dan catatan.

Hasilnya bisa kita ekspor ke dalam file JPEG maupun PDF dan mendukung fitur share ke google drive, evernote, gmail, dropbox, onedrive, bluetooth, freelancer messenger, dan line keep.

5. Tiny Scanner – Beesoft Apps

aplikasi scanner android tanpa watermark

Rating :  ★4,8

Dirancang secara sederhana untuk dengan mengedapankan fitur-fitur yang benar-benar diperlukan. Misalnya pemindaian dokumen berskala warna, pendeteksian tepi halaman secara otomatis, memiliki 5 level kontras monokrom agar hasil lebih tajam, pengaturan ukuran halaman PDF (A4, Letter, Legal dll) dan juga fitur sandi untuk memproteksi hasil dokumen yang telah dibuat.

Satu hal yang disayangkan adalah fitur share yang dimiliki salah satu aplikasi scanner android paling bagus ini hanya tersedia untuk versi premiumnya saja. Bila menggunakan versi premium, maka kita bisa membagikan hasil dokumennya ke dropbox, onedrive, evernote, google drive, dan boc.

6. Office Lens – Microsoft Corp.

aplikasi scanner android paling bagus

Rating :  ★4,7

Microsoft juga punya aplikasi scanner android free ini andalan yang bernama Office Lens. Cara kerja aplikasi ini terbagi menjadi 2 mode, yaitu mode papan tulis (mampu membersihkan bayangan) dan mode dokumen (mampu memotong dan mewarnai gambar sesuai kriteria dokumen).

Tak hanya fitur konversi ke file .pdf saja, kamu juga bisa mengubahnya ke file .doc dan .pptx. Apabila yang di scan adalah kartu nama, maka aplikasi secara otomatis akan mengenali nama dan nomor kontak lalu menyimpannya ke dalam kontak. Canggih bukan?.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa aplikasi scanner android terbaik yang kami pilikan untukmu. Silakan gunakan salah satu saja sesuai dengan kebutuhanmu.