Ingin belajar piano otodidak? Coba pakai aplikasi belajar piano berikut ini. Simak terus artikelnya!

Dalam suatu grup musik, peran pemain piano sangatlah penting. Hampir semua lagu-lagu populer top list pasti menggunakan piano / keyboard sebagai salah satu instrumen alat musiknya. Nah, bagi kamu yang ingin belajar piano ataupun meningkatkan skill bermain pianonya, maka satu-satunya cara adalah dengan belajar.

Belajar piano nggak mesti harus mengikuti kursus yang super mahal. Hanya bermodalkan smartphone dan aplikasi piano gratisan saja kita sudah bisa belajar piano. Sekarang banyak sekali aplikasi belajar piano gratis untuk pemula hinggga pro yang bisa membimbing kita untuk belajar piano step demi step.

Rekomendasi 7+ Aplikasi Belajar Piano Terbaik dengan Fitur Lengkap di Android dan iOS/iPhone

Di bawah ini kami sajikan beberapa referensi aplikasi belajar piano free untuk pemula hingga expert :

1. Simply Piano – JoyTunes

Aplikasi Belajar Piano

Rating ★4,3
Editor choices ☑

Simply Piano merupakan salah satu aplikasi belajar piano terbaik yang mendapatkan predikat sebagai aplikasi terbaik dan terpopuler di android pada tahun 2019 lalu. Aplikasi ini pun mendapatkan peringkat ke 4 aplikasi terlaris untuk kategori pendidikan.

Semua materi tentang piano bisa kamu dapatkan di aplikasi ini tanpa perlu mengikuti kursus lagi dan tanpa perlu membeli perangkat piano, cukup menggunakan smartphone.

Memiliki ukuran sebesar 115 MB, aplikasi ini cocok digunakan oleh semua kalangan, mulai dari pemula hingga pro. Semua materi dan fitur dasarnya bisa dinikmati secara gratis. Namun bila ingin mengupgrade status membership menjadi premium, kita akan mendapatkan full akses ke 23 lebih kursus.

Baca :   6+ Aplikasi Arsitek Android Offline Gratis Terbaik untuk Belajar Merancang

2. Guru Piano Nyata – Mobobi LLC

aplikasi belajar piano gratis

Rating ★4,6

Bagi kamu yang nggak punya pengalaman bahkan belum pernah sekalipun menyentuh piano, maka aplikasi belajar piano offline satu ini cocok untukmu.

Berisikan pembelajaran yang penuh akan sarat edukasional dan interaktif menjadikan “guru piano nyata” dijadikan sebagai media pembelajaran bagi para guru piano di seluruh dunia untuk mempelajari lagu-lagu baru.

Hadirnya mode belajar dan mode permainan yang terpisah membuat aplikasi ini bisa difungsikan sesuai dengan tujuannya. Kualitas suara yang dihasilkan pun sesuai dengan kualitas nyata studio. Bila dirasa smartphone kurang nyaman untuk menekan tuts, aplikasi ini mendukung tampilan untuk tablet.

3. Perfect Piano – Revontulet Soft Inc

aplikasi belajar piano untuk pemula

Rating ★4,3
Editor choices ☑

Di gadang-gadang sebagai aplikasi simulasi piano terbaik, aplikasi belajar piano memang bisa membuat siapapun bisa bermain piano walaupun tak memiliki bakat sedikitpun.

Perfect Piano menyediakan mode belajar piano yang dibagi dalam 3 tingkatan level kesulitan pada masing-masing lagu. Ada 70 lebih sampel  lagu yang bisa kita jadikan rujukan belajar melalui aplikasi ini.

 Selain menyediakan model belajar yang bagus, ada juga fitur yang tak kalah keren, yaitu multiplayer online gaming dan multiplayer connect. Dengan fitur tersebut, kita bisa melatih skill piano kita dengan berbagai pemain global.

Dukungan multiplayer connect juga membuat kita bisa bermain bersama dengan teman ataupun strangers secara realtime.

4. Piano Nyata – Gismart

Rating ★4,1

“Piano nyata – lagu dan permainan musik bermain” adalah simulator piano sekaligus aplikasi pembelajaran piano yang menyediakan pilihan keyboard lengkap, mulai dari piano, accordion, organ, harpishcord, hingga grand piano.

Dilengkapi dengan 88 tuts yang lengkap dengan keyboard tunggal dan ganda yang bisa digulir dengan mudah membuat aplikasi nggak hanya bisa dimainkan oleh pemula saja. Kalangan intermediate ataupun lanjutan juga bisa mencobanya.

Baca :   8 Aplikasi Belajar Saham untuk Pemula, Gratis, dan Offline

5. Pianist HD: Piano+ – Rubycell

aplikasi belajar piano android terbaik

Rating ★4,4

Aplikasi belajar piano ini sudah didownload oleh lebih dari 50 juta orang diklaim memiliki fitur super lengkap, kecepatan yang stabil, dan kemudahan penggunaan.

Dengan memiliki 128 lebih instrumen alat musik dan 50 ribu lagu dan musik dari mitra menjadikan aplikasi ini sebagai pilihan para pianist profesional.

Mendukung file eksternal midi (.midi), (.kar) dan soundfront (.sf2) membuat kita bisa berlatih lagu apapun layaknya seperti bermain piano sungguhan.

Fitur lain yang tak kalah menarik meliputi efek visual, rekam dan playback, penyimpanan cloud, musik ediotr, pitch bend, pengaturan tema, jendela animasi, dan akselerashi hardware.

6. Flowkey: Learn Piano – Flowkey

Rating ★4,1

Dari segi fitur dan tampilan memang keren banget, tapi satu kekurangannya dari aplikasi belajar piano satu ini adalah versi gratisnya sangat terbatas. Untuk menjadi member pro, kita bisa berlangganan sektiar $20 per bulan.

Dengan aplikasi ini, kita akan dituntut untuk bisa mengikuti step-step kursus piano yang interaktif. Dimulai dari belajar tentang notes, ritme, chords, belajar menekan tuts dengan 2 tangan hingga belajar memainkan nada untuk lagu-lagu popular.

7. Piano: Bermain & Belajar – Yokee

aplikasi belajar piano terbaik di android

Rating ★4,3

Untuk dapat memainkan aplikasi ini, kamu tidak perlu pengalaman sama sekali. Menyediakan fitur yang memudahkan seorang pemula bisa bermain layaknya profesional dalam waktu singkat.

Aplikasi ini akan melatih kita sesuai level skill mulai dari pemula, menengah dan tingkat lanjut.

Adanya fitur challenge membuat kita bisa menantang teman-teman agar tahu siapa yang terbaik dalam permainan piano. Apalagi irama musiknya sangat lengkap, mulai dari lagu klasik, anak-anak, tradisional, pop, rock dan rap.

Akhir Kata

Dari ketujuh aplikasi belajar piano di atas, manakah yang terbaik menurutmu?.