Kamu seorang pelaku bisnis ? Bingung mencatat administrasi stok barang usahamu? Coba gunakan aplikasi stok barang android berikut ini.

Bagi seorang pelaku bisnis baik bisnis online maupun konvensional, rutinitas pendataan stok barang adalah keharusan yang wajib dilakukan setiap harinya. Begitupun dengan pemilihan desain logo suatu bisnis.

Pengeloaan stok barang yang teratur memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Memastikan ketersediaan barang selalu update
  • Memantau perubahan harga barang yang berfluktuasi
  • Menjaga kestabilan harga dan tren suatu produk
  • Menjaga kestabilan operasional bisnis
  • Menjamin keamanan barang dari expired

Pencataan stok barang secara manual memiliki beberapa kekurangan. Misalnya potensi rusaknya dan hilangnya buku data, sulitnya mengoreksi kesalahan input, lebih ribet dan tidak praktis, membutuhkan tambahan biaya untuk kertas / buku.

Untuk itu, di era yang serba digital ini, banyak sekali aplikasi stok barang android dan ios yang bisa kita gunakan sebagai alat pencataan stok barang secara digital. Berikut daftarnya.

Daftar 5+ Aplikasi Stok Barang Android dan iOS Terbaik dan Gratis yang Mudah Digunakan Penjual

Untuk mencatat stok barang kita tak perlu lagi menggunakan perangkat laptop / PC. Walau hanya punya android, kita bisa menggunakannya dengan berbagai aplikasi stok barang android yang beredar.

Bahkan fiturnya juga tak kalah lengkapnya dengan versi PC. Berikut beberapa aplikasi pendataan barang yang bisa kamu pakai di bisnismu atau hanya sekedar untuk mendata barang yang kamu miliki:

Tanpa perlu berlama-lama lagi, Berikut rekomendasi 5 aplikasi pencatatan stok barang android dan ios gratis dan terbaik :

1. Stok and Inventory Simple – Chester SW

aplikasi stok barang android

Rating ★4,6

Baca :   Daftar Aplikasi Edit Video Android Yang Recommended

Punya warung / toko tapi tidak punya alat kasir? Stock and Inventory Simple adalah aplikasi yang cocok untuk kamu gunakan sebagai pengganti alat kasir.

Selain bisa digunakan untuk mengelola katalog barang, aplikasi stok barang android ini juga bisa dipakai untuk menscan barcode produk seperti layaknya alat kasir yang ada di mini market hanya dengan bantuan kamera smartphone saja loh.

Kita bisa membuat dokumen untuk mengelola perubahan stok barang yang ada di toko. Dokumen masuk (check in) berarti segala produk yang masuk ke gudang kita, sedangkan dokumen outgoing merupakan pengurangan stok karena beberapa hal, seperti produk terjual, produk expired ataupun rusak. Kamu dapat membuat dokumen secara unlimited dan mengeskpornya ke excel.

2. Zoho Inventory – Zoho Corporation

aplikasi pencatatan stok barang android

Rating ★4,6

Dengan aplikasi stok barang android dan ios satu ini, kamu bisa membuat laporan tentang kondisi stok terupdate, transfer antar gudang, riwayat keluar masuk barang, laporang penjualan berdarkan item / waktu, keuntungan dan kerugian dan juga data penjualan harian.

Mulai dari pengaturan produk, pendataan penjualan / pesanan, pengiriman dan pembayaran faktur bisa dilakukan semua dengan aplikasi ini. Menarik bukan?.

Namun sayang disayang aplikasi ini hanya menawarkan 14 hari free trial. Karena targetnya adalah para pelaku bisnis, harga yang ditawarkan pun terbilang nggak murah untuk kita yang punya bisnis kecil seperti warung / toko kelontong karena biayanya kurang lebih 500 ribuan per bulan. Tapi jika kamu punya bisnis yang besar, aplikasi ini sangat worth it untuk kamu gunakan.

3. Qasir: Aplikasi Kasir Digital – PT Solusi Teknologi Niaga

aplikasi stok barang gudang android

Rating ★4,6

Aplikasi lokal tapi sangat keren dengan fitur yang super lengkap pula yang dirancang untuk semua jenis bisnis maupun jasa.

Kelebihan aplikasi stok barang android ini adalah tidak adanya iklan, dan nggak harus upgrade karena fitur basicnya bisa dinikmati selamanya secara unlimited. Namun untuk keperluan bisnis yang lebih besar, tidak rugi juga jika kamu melakukan upgrade ke premium.

Baca :   10 Aplikasi Belajar Kimia SMA Terbaik yang Mudah Dipahami

Karena ini adalah aplikasi lokal, maka pembayaran tunai maupun non tunai lokal seperti dana, ovo dan sejenisnya juga terintegrasi secara langsung. Semua transaksi dan stok barang dapat langsung terupdate ke database penjualan harian kita.

Satu lagi fitur yang tak kalah menarik adalah pengiriman  cetak struk digital via aplikasi chat dan email.

4. Pembukuan & Akuntansi : Stok Barang / Arus Kas – 1C-Rarus Ltd.

aplikasi stok barang berbasis android

Rating ★4,4

Ingin menyimpan arsip barang beserta pelacakan stoknya dengan aplikasi yang clean dan simpel?

Jika ya aplikasi satu ini bisa jadi jawabannya untukmu. Telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna, aplikasi yang berukuran 66 MB memiliki fitur yang lengkap, walau begitu semua fitur dibungkus dengan interface yang rapi.

Beberapa manfaat aplikasi stok barang android ini meliputi pencatatan dan revaluasi stok barang/produk, pemindaian barcode, prediksi profitabilitas, pencetakan dokumen secara langsung, pembuatan daftar harga, pembuatan catatan inventaris dan pendistribusian tabel harga.

5. Simple Stock Manager – Learn24bd

aplikasi stok barang android gratis

Rating ★4,4

Bila kamu sedang mencari aplikasi pencatatan stok barang android dan ios yang ringan dan sederhana, maka aplikasi yang bernama simple stock manager ini bisa kamu pilih.

Dengan hanya berukuran 6,8 MB, aplikasi ini memiliki UI dan UX yang simpel sesuai namanya, penggunaannya pun tidak rumit siapapun dapat menggunakannya.

Walau simpel, fitur-fiturnya dasar yang ada sudah lebih dari cukup. Beberapa fiturnya meliputi pengeloaan inventaris dan stok produk, pemindaian barcode produk, notifikasi saat stok rendah, keamanan data dengan data yang full enkripsi, pencadangan langsung ke file kartu SD, pemulihan cadangan, dan ekspor data ke CSV dan PDF.

Akhir Kata

Bagaimana, mau gunakan aplikasi stok barang android yang mana dari 5 aplikasi di atas?. Karena semuanya keren, mungkin kamu akan kesulitan dalam memilihnya.