Pengguna ponsel bisa menghabiskan waktu untuk on dan off layar sebanyak lebih dari 20 kali setiap harinya untuk melakukan aktifitas di ponselnya maupun sekedar melihat notifikasi. Dan kebiasaan ini yang menyebabkan tombol power hanya bertahan 1-2 tahun.

Bagaimana jika tombol power di hp xiaomi sudah tidak bisa digunakan ? Pasti kamu bakal bingung gimana caranya buat ngebuka HP kamu.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan ketuk layar dua kali yang ada di MIUI. Karena semua ponsel xiaomi  sudah tersedia fitur ini.

Mengaktifkan ketuk layar 2x xiaomi tidak akan terlalu memengaruhi penggunaan baterai ponsel.

Selain itu, beberapa ponsel xiaomi hanya bisa mengaktifkan ketuk layar untuk menghidupkan layar saja dan untuk mematikan layar bisa menggunakan toggle di bar notifikasi. (Contoh : fitur bawaan xiaomi, atau aplikasi Assitive Touch for Android)

 

Manfaat Mengaktifkan Ketuk Layar 2x

  1. Sebagai pengganti tombol power untuk menghindari kerusakan akibat penggunaan yang berlebihan. Eperti yang kita tahu, tombol power memiliki umur. Jika digunakan terus menerus, tentu umurnya juga akan semakin berkurang. Maka dari itu, untuk mencegah umur tombol power yang berkurang, maka menggunakan fitur ketuk layer 2x ini solusinya.
  2. Untuk memudahkan pengguna yang memiliki ponsel lebar dan tangan yang cukup sulit menjangkau tombol power dengan satu tangan.
  3. Lebih praktis untuk mengaktifkan layar daripada menggunakan tombol power. Kamu hanya perlu mengetuk layer yang besar sebanyak dua kali. Sedangkan untuk memencet tombol power, perlu usaha lebih karena tidak sebesar layer smartphone (ya iyalah, yakali tombol power segede layar)
Baca :   4+ Cara Mengatasi Xiaomi Mi Band Tidak Bisa Dicharge (Semua Versi)

 

Cara Mengaktfikan Ketuk Layar 2x di Xiaomi

Berikut cara mengaktifkan ketuk layar 2x di xiaomi untuk menghidupkan hp :

1. Pertama buka pengaturan kemudian pilih tampilan/display

mengaktifkan ketuk layar 2x xiaomi

2. Silahkan aktifkan pada ketuk layar 2x untuk bangunkan

mengaktifkan ketuk layar 2x untuk membuka kunci layar xiaomi

Dah gitu doang :p

Setelah mengaktifkan fitur ini, coba matikan HP kamu dengan tombol power. Lalu ketuk layar 2x. Jika berhasil, maka HP kau akan aktif. Lalu gimana untuk mematikan layar tanpa tombol power ? baca terus artikelnya

 

Cara Mengaktifkan Toggle untuk Menonaktifkan Layar

Nah, biar artikelnya makin panjang, ini saya kasih kamu cara mengaktifkan toggle untuk matiin layar tanpa mencet tombol power di hp xiaomi.

Cara 1:

1. Buka pengaturan/settings , pilih notifikasi & bar status (notification and status bar)

2. Kemudian pilih posisi toggle / toggle position.

mengaktifkan ketuk layar 2x xiaomi

3. Scroll kebawah dan geser menu kunci ke posisi atas.

cara mengaktifkan ketuk layar 2x xiaomi

4. Setelah digeser maka shorcut kunci tersebut sudah muncul di bar notifikasi.

5. Untuk menonaktifkan layar cukup swipe layar kebawah dan tekan shorcut kunci.

 

Cara 2:

1. Buka pengaturan/settings dan pilih setelan tambahan/additional settings

2. Pilih pintasan tombol dan gerakan lalu ketuk pada matikan layar.

3. Silahkan kamu pilih opsi untuk mematikan layar. Terdapat 3 pilihan yaitu tekan lama tombol beranda, tekan lama tombol menu dan tekan lama tombol kembali.

mengaktifkan ketuk layar 2x untuk membuka kunci layar xiaomi

 

Dengan menggunakan toggle untuk mematikan HP Xiaomi tentu bisa mengurangi penggunaan tombol power. Jadi, umur tombol power bakal lebih panjang deh.

 

Gagal ?

Jika kamu gagal mengaktifkan fitur ini setelah melakukan langkah-langkah di atas dengan persis, faktor yang bisa menyebabkan kegagalan tersebut adalah bisa jadi device Xiaomi kamu tidak support menggunakan fitur ini.

Baca :   Cara Mematikan Lagu Otomatis di Spotify , JOOX, Youtube atau Pemutar Musik Lainnya Sebelum Tidur

Solusi dari kamu adalah denga menggunakan aplikasi pihak etiga yang fungsinya ‘ketuk 2x untuk menghidupkanlayar’ dan untuk mematikan layar, kamu juga bisa menggunakan aplikasi toggle yang ada banyak sekali di Play Store. Tapi saran kami adalah Assistive Touch untuk Android karena fiturnya cukup lengkap.

 

Akhir Kata

Dengan mengaktifkan fitur ketuk 2x di xiaomi, setidaknya penggunaan tombol power hanya pada saat mengaktfikan atau menonaktifkan ponsel saja sehingga usia dari ponsel terutama tombol powernya akan bertahan lebih lama.  Jika ponsel kamu memiliki sensor sidik jari pada layar, mungkin kamu tidak terlalu membutuhkan fitur ketuk 2x ini.

Selain itu semua, terkadang fitur ketuk layar 2x ini agak merugikan karena terkadang bisa jadi layar kepencet di dalam saku yang membuat bisa membuka apikasi kemana-mana. Tapi tenang, karena hal ini jarang terjadi.

Terima kasih telah membaca artikel cara mengaktifkan fitur ketuk 2x hidupkan layar di xiaomi . Jika menurutmu artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke orang lain agar mereka mendapat manfaat juga dari artikel ini.