Memiliki anak/saudara yang masih SD? Isi smartphone mereka dengan aplikasi belajar sekolah dasar . Jangan cuma game dan Youtube saja.

Belajar adalah kewajiban yang harus dijalani tiap orang, termasuk juga seorang anak yang masih anak SD sekalipun. Di sekolah tentu anak mengenal berbagai hal dan pengetahuan baru yang sama sekali belum pernah diketahui sebelumnya.

Namun seringkali proses pembelajaran disekolah kurang efektif, baik itu karena waktunya yang terbatas atau proses mengajar guru yang kurang tepat.

Untuk itu, anak bisa mendapatkan berbagai pelajaran tambahan via les privat atau bimbel. Akan tetapi mengikuti les tentu butuh dana yang tidak sedikit. Untuk itu, cara terbaik adalah belajar melalui aplikasi belajar sekolah dasar.

Banyak sekali aplikasi belajar sd yang ada di internet. Ada yang umum untuk semua pelajaran, dan ada yang khusus untuk satu pelajaran saja seperti aplikasi belajar matematika sd.

Tapi, kali ini, kami akan membagikan aplikasi belajar untuk anak sd yang memiliki semua pelajaran mulai dari ipa, ips, matematika, pkn, bahasa indonesia, hingga bahasa inggris.

Rekomendasi 6 Aplikasi Belajar Sekolah Dasar Terbaik Online dan Offline di Android dan iPhone

Berikut adalah beberapa macam aplikasi belajar anak sd yang bisa dijadikan panduan belajar untuk kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, dan kelas 6.

1. Ruangguru – Bimbel Online

aplikasi pembelajaran sekolah dasar

Rating :  ★4,5 dari 541.088 orang

Ruangguru adalah aplikasi belajar sekolah dasar berbasis bimbel online yang paling banyak digunakan di Indonesia karena punya materi yang sangat lengkap.

Diantaranya ada latihan soal beserta pembahasannya, video belajar beranimasi, test privat, berbagi catatan, rangkuman infografis, konsultasi pertanyaan dengan live chat serta ratusan ribu konten pembelajaran atraktif yang dibuat oleh para master teacher SD terbaik dan berpengalaman.

Baca :   6+ Aplikasi Arsitek Android Offline Gratis Terbaik untuk Belajar Merancang

Karena aplikasi ini memerlukan biaya langganan bulanan, maka untuk menggunakannya, anak wajib mendiskusikan kepada orang tua terlebih dahulu.

Apalagi anak yang masih di bawah 13 tahun, tentu semua penggunaan handphone serta aplikasinya wajib di bawah bimbingan orang tua.

2. Soal Ujian SD – Solite Kids

aplikasi belajar sekolah dasar terbaik

Rating :  ★4,4 dari 62.319 orang

Anak mau menghadapi ulangan semester atau bahkan ujian nasional? Aplikasi ini akan sangat membantu dalam belajar memahami berbagai macam soal-soal yang dimungkinkan keluar dalam ujian atau ulangan.

Semua soal yanga da di aplikasi pembelajaran sekolah dasar ini, dibuat oleh tim guru yang sudah disesuaikan dengan kurikulum BSE dari Kemendikbud. Fitur utamanya meliputi soal kuis, soal ujian, paket soal try out dan ujian / UN, serta cetak sertifikat dan rapor ujian.

Ada pula fitur tambahan berupa game seperti flappy bee, crazy football, lembar bola basket, dan squirrel jump yang bisa anak mainkan saat jenuh belajar.

3. Cerdasnasional – Paket Belajar Lengkap SD SMP SMA – Cerdasnasional

aplikasi belajar sekolah dasar offline

Rating :  ★4,4 dari 5.691 orang

Dengan aplikasi ini, anak akan lebih mudah belajar berbagai pelajaran SD. Fiturnya cukup lengkap meliputi berbagai materi pembelajaran (tokoh pahlawan, kamus, doa harian, surat pendek, asmaul husna, kata mutiara, cerita rakyat, lagu wajib, panduan pramuka, nama negara dan sebagainya),

Selain itu, aplikasi belajar anak sekolah dasar juga memiliki macam-macam soal mapel (matematika, B. Indonesia, PKn, PAI, IPA, IPS, dan lainnya), kalkulator (konversi suhu panjang dan berat, kalkulator BMI, perhitungan diskon, rumus ruang bangun) dan juga ada game (tebak gambar, psikotes, TTS, tebak lagu, dan cerdas cermat).

4. Soal Ujian SD (Sekolah Dasar) – Studio Edukasi

aplikasi belajar sekolah dasar offline

Rating :  ★4,3 dari 17.199 orang

Baca :   7 Aplikasi Belajar Tajwid Lengkap Terbaik di Android

Aplikasi belajar sekolah dasar satu ini hanya berukuran 3,7 MB, tapi isi didalamnya sangat bagus dan kaya konten. Aplikasi yang tergolong permainan edukasi ini menyajikan berbagai soal ujian dan test mulai dari kelas 1 sampai 6.

Sehingga sangat cocok sebagai sarana ngegame sambil belajar dengan menyenangkan tanpa bikin jenuh dan bosan. Di tiap tiap level game memiliki 20 soal pilihan ganda, dan masing-masing soal disesuaikan untuk kelasnya masing-masing. Selain itu, ada pula fitur duel, anak bisa melakukan duel dengan teman lain melalui cerdas cermat.

5. Brainly Indonesia – Brainly, Inc

aplikasi belajar anak sd

Rating :  ★4,6 dari 720.283 orang

Suka bingung saat dapat PR tapi gak tau harus tanya ke siapa? Tenang, dengan aplikasi brainly pengguna bisa bertanya tentang soal mata pelajaran apapun dan nanti akan ada teman atau guru yang menjawabnya.

Bila belum kunjung dapat jawaban, anak bisa menggunakan fitur pencarian dan fitur scan soal, siapa tahu pertanyaan itu sudah pernah ditanyakan oleh orang lain.

Aplikasi ini sepenuhnya gratis, namun untuk mengajukan lebih banyak pertanyaan, anak wajib mengumpulkan poin dengan melakuan berbagai tugas terlebih dahulu, misalnya menjawab berbagai pertanyaan teman lain.

6. Rumah Belajar – Kemendikbud

Rating :  ★3,7 dari 18.590 orang

Aplikasi belajar sd yang dikembangkan oleh Kemendikbud ini merupakan sebuah portal pembelajaran online untuk jenjang PAUD hingga SLTA. Materi pembelaran yang ada didalamnya tersedia dalam bentuk video animasi, audio, infografis dan juga gambar.

Semua kontennya dibuat secara interaktif yang sangat mudah dipahami oleh anak anak, termasuk anak PAUD sekalipun. Aplikasi ini 100% gratis, tanpa embel embel member premium, biaya bulanan ataupun iklan, jadi kita benar-benar bisa bebas dalam belajar.

Akhir Kata

Demikianlah berbagai macam aplikasi belajar sekolah dasar/SD gratis offline di android dan iphone. Semoga bisa membantu adik-adik SD agar lebih mudah belajar di bangku SD sehingga mendapat prestasi yang gemilang di sekolah.