6 Cara Melihat Password Gmail yang Lupa Tanpa Reset Password –  ingin tau bagaimana cara mengetahui password gmail yang lupa ? Sebenarnya cara mencari password gmail yang lupa cukup mudah. berikut TumesKecil bagikan cara melihat kata sandi gmail yang lupa .

Lupa. Penyakit yang sering banget menjadi momok manusia. Pasalnya, penyakit ini membuat kita panik terutama di dalam keadaan terburu-buru.

Salah satu penyakit lupa yang bisa kamu alami adalah lupa password gmail. Apa jadinya jika kamu lupa password email dan apesnya lagi, kamu belum menghubungkan email kamu dengan nomor HP. Tentu bakal bikin runyam.

Soalnya, sekarang ini, Gmail menetapkan jika ingin merubah password, harus tau password yang sedang kamu gunakan. Jika tidak, bisa pilih opsi ‘Lupa sandi’ dan menggunakan bantuan nomor telepon untuk reset sandi.

Kalau Gmail kamu belum terhubung nomor hp dan lupa password-nya, tentu kamu bakal bingung gimana caranya biar kamu bisa tau password Gmail kamu. Lalau bagaimana cara mencari password gmail yang lupa banget tanpa nomor telepon ?

Tenang, kali ini TumesKecil bagikan solusi lupa sandi gmail tanpa reset sandi tanpa no hp baik di PC/Laptop, MacBook, Android, dan iPhone.

 

Cara Melihat Password Gmail yang Lupa di PC/Laptop

 

Pastikan : Akun gmail kamu sudah pernah login di browser yang sedang digunakan dan dulu memencet ‘simpan password’

Jika Gmail kamu tidak pernah login di browser yang kamu gunakan tentu password tidak akan tersimpan. Selain itu, jika kamu dulu tidak memencet opsi ‘simpan password’ saat login Gmail, maka jelas password kamu tidak akan tersimpan.

Sebenarnya, kamu tidak perlu kok Gmail kamu dalam kondisi login. Meskipun dalam kondisi logout, namun dulu kamu sudah memencet ‘simpan password’, maka password sudah ‘diamankan’ oleh browser kamu.

Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Chrome

1. Buka dahulu browser Chrome dari PC/Laptop yang sedang kamu gunakan.

2. Klik ikon tiga titik hitam di pojok kanan atas (bawah tanda X/Exit)

3. Pilih Settings/Setelan

4. Kemudian akan muncul jendela baru. Klik saja Passwords.cara melihat password gmail yang lupa

5. Nah, di jendela ini akan muncul beberapa login berikut dengan email dan password yang sudah disimpan. Berikut contohnya. Klik saja ikon mata dan masukkan password windows jika diminta. Lalu klik mata lagi, dan password akan terlihat.

Baca :   Cara Mengunci Aplikasi di Asus Tanpa Aplikasi Tambahan

cara melihat password gmail yang lupa

Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Mozilla Firefox

1. Buka browser Mozilla Firefox kamu

2. Klik Pengaturan/Settings

3. Pada sisi kirim, klik Privasi dan Keamanan. Lalu, pilih Info Masuk Tersimpan

cara mengetahui password gmail yang lupa

4. Nah, di sini kamu bisa melihat akun-akun yang login di sisi kiri, dan di sisi kanan ada data yang kamu butuhkan termasuk password nya. Untuk melihatnya, klik ikon mata

 

cara mengetahui password gmail yang lupa di android

Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Microsoft Edge

1. Pertama, buka browser Microsoft Edge kamu

2. Pilih Setelan/Settings

3. Pada bilah kiri, pilih Passwords & autofill > Klik Manage passwords

cara melihat kata sandi gmail yang lupa

 

4. Nah, di sini kamu bisa melihat passwords yang sudah kamu simpan melalui browser ini

Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Safari (Macbook)

1. Buka browser safari kamu

2. Pilih menu Preferences

3. Pilih pada tab Passwords

4. Masukkan password MacBook jika diminta

5. Untuk melihat password, pilih website yang ingin kamu lihat passwordnya. Jika ingin lihat password Gmail, pilih Gmail .

Catatan : jika kamu tidak memencet ‘simpan password’ dulu saat awal login Gmail kamu, maka Gmail akan yang muncul akan ada di ‘Never saved’. Jika sebaliknya, maka akan muncul di ‘Saved passwords’

 

Cara Melihat Password Gmail yang Lupa di Smartphone

Untuk cara melihat password gmail yang lupa di smartphone ini ada 2, di android (chrome) dan melalui iphone (Safari). berikut paparannya :

Cara Melihat Password Gmail yang Lupa di Android (Browser Chrome)

1. Buka browser Chrome di android kamu

2. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas

cara mengetahui password gmail yang lupa sandi

3. Jika sudah klik Setelan/Settings

cara mengetahui password gmail yang lupa di laptop

4. Selanjutnya, di menu ini pilihlah Kata sandi/Passwords

5. Klik dan pilih akun yang ingin kamu lihat passwordnya. Sebelumnya, pastikan sudah menambahkan sandi/pola pada HP mu

Cara Melihat Password Gmail yang Lupa di iPhone (Safari)

1. Buka Setelan/Settings

2. Scroll ke bawah dan cari opsi Safari

3. Pilih Password/Sandi

4. Jika diminta, masukkan passcode atau Touch ID. Ini diperlukan karena kamu akan mengakses data sensitif

5. Nah, di halaman ini, kamu bisa melihat daftar password yang tersimpan pada safari beserta nama situs yang disimpan. Tinggal klik aja,maka data yang kamu butuhkan ada di sana

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan data login ini secara manual. Caranya, tap Add Password di bagian bawah, lalu masukkan link website, user, email, dan password. Jika selesai, klik Done untuk menyimpannya.

 

Solusi Jika Sandi Lupa dan Tidak Tersimpan di Browser

1. Pertama, masukkan email dulu tanpa password > Login

2. Jika diminta mengisi password, pilih ‘Lupa sandi’

Selanjutnya, lakukan opsi-opsi berikut

  • opsi pertama, masukkan sandi terakhir yang kamu inga
  • opsi kedua, verifikasi menggunakan ponsel dengan catatan email sudah login di HP android kamu
  • opsi ketiga, pemulihan nomor telepon
  • opsi keempat, isi bulan dan tahun pembuatan akun Gmail
  • opsi kelima, masukkan alamat email pemulihan jika kamu mengisi email
  • opsi keenam, isikan email yang dapat dihubungi google
Baca :   Cara Melanjutkan Download di IDM yang Error, Rusak, Expired, dan Terputus

Jika masih tidak bisa, ya jangan berharap banyak dah.

 

4 Tips Agar Tidak Lupa Password Gmail

Agar tidak email dan password tidak kelupaan lagi, berikut beberapa tips yang kami sarankan kamu lakukan :

1. Buatlah password yang unik, tapi tidak sulit diingat

Jangan buat password yang bikin kamu gampang lupa password tersebut. Buatlah password yang berkesan dan familiar sehingga password bakal gampang diingat. Cukup tambahkan sedikit kombinasi karakter unik, dan angka agar lebih aman lagi.

2. Buat password yang sama untuk setiap akun

Jika akunmu banyak banget, misal Gmail ada 10, Tokopedia, Bukalapak, lazada, Facebook, Instagram, dll, maka buatlah password yang sama. Namun, untuk lebih aman, password Gmail agak dibedakan dikit.

Contoh, password Gmail : !Tumeskecil135, password situs lain : !Tumeskecil123 . Nah, dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengingat password

3. Jangan terlalu sering mengganti password

Memang, pergantian password yang rutin perlu dilakukan terlebih jika password akunmu sudah diketahui orang lain. Jadi, rutin mengganti password juga diperlukan.

Jika ingin mengganti password, pakailah password yang tidak jauh-jauh dari password utama. Atau jika pembobol tau, lebih baik ganti total dan catat Password.

4. Perkuat email

Apa saja cara memperkuat email kita? Sebenarnya ada banyak cara karena Gmail sudah memfasilitasi penggunanya untuk memperkuat akun Gmail mereka.

Caranya antara lain dengan menambahkan nomor telepon (kami sarankan min 2 nomor), menambahkan email pemulihan, menghubungkan ke android, menambahkan pola ke aplikasi ‘Setelan’ di android, mengaktifkan verifikasi 2 langkah, dan masih banyak lagi.

4. Simpan Password

Simpanlah password di aplikasi notepad. Jangan lupa juga kunci aplikasi notepad nya. Kalau bisa, gunakan lebih dari satu app lock di aplikasi notepad tersebut agar lebih aman.

Sebuah notepad menurut saya penting sekali untuk menyimpan berbagai data login di berbagai situs. Ini karena, mungkin sudah ratusan website yang saya daftar, dan tentu email dan password nya agak berbeda-beda.

Untuk lebih aman lagi, sensor password di notepad, contoh password !Tumeskecil123 diubah jadi !biasa123. Nah, dengan begini, meskipun ada yang membobol notepad, maka dia tidak akan bisa membuka akun kita.

Selain itu, backup data notepad yang berisi akun-akun kamu ini ke email utama yang benar-benar sudah diamankan penuh. Ini berguna agar ketika tiba-tiba HP kamu hang atau sudah tidak bisa diaktifkan, maka data-data akunmu akan terselamatkan. Backup secara rutin ya.

 

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel 6 cara melihat password gmail yang lupa di android , iphone, dan laptop . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Beri komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya.