Banyak sekali aplikasi belajar bahasa malaysia android yang ada di PlayStore sehingga membuat uckup bingung. Tapi tenang, kali ini TumesKecil memberimu rekomendasi aplikasi belajar bahasa melayu terbaik versi kami. Simak artikelnya.

Melayu merupakan bahasa yang digunakan oleh rumpun Austronesia di semenanjung Melayu. Di negara Malaysia, Brunei, dan Singapura, bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa resmi nasional.

Bahkan di Nusantara sendiri, bahasa yang kita gunakan yakni bahasa Indonesia dulunya berasal dari melayu, maka dari itulah kosa katanya tampak sebelas duabelas, hanya logat atau dialek pengucapannya yang cukup berbeda.

Oleh karena itulah, bentuk standar bahasa Melayu dibagi menjadi 2, yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia.

Beberapa daerah di Indonesia yang termasuk suku Melayu-Indonesia seperti di Riau juga menggunakan bahasa Malaysia sebagai bahasa sehari-hari.

Bahkan dulunya di berbagai daerah seperti di negara Timor Leste, Sri Lanka, Afrika Selatan, Thailand Selatan, Filpina Selatan, Myanmar Selatan, Papua Nugini, sebagian Kamboja, Suriname, Selandia Baru, hingga sebagian Australia (pulau natal & kep. Cocos) para penduduknya menuturkan bahasa Malaysia ini sebagai bahasa sehari-hari mereka.

 

Aplikasi Belajar Bahasa Malaysia Terbaik

Apakah kamu tertarik mempelajari bahasa Malaysia?. Jika ya, saya yakin gak butuh waktu lama untukmu untuk fasih berbahasa satu ini. Karena kita tinggal memperbanyak kosa kata serta menambah pengetahuan mengenai perbedaan penggunaan kalimat.

Sementara dari sisi aturan bahasanya hampir semuanya sama, jadi tidak perlu bingung saat mempelajarinya.

Kita tidak perlu tutor atau guru untuk mempelajari bahasa ini, cukup menggunakan berbagai macam aplikasi belajar bahasa Malaysia yang disediakan di Playstore sudah lebih dari cukup.

Omong-omong, selain aplikasi belajar bahasa Malaysia, ada juga aplikasi belajar bahasa thailand, korea, jepang 

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut beberapa jenis aplikasi belajar bahasa malaysia / melayu yang bisa kamu gunakan untuk menemani kamu belajar bahasa ini :

Catatan : Jika aplikasi tersebut tidak ada di PlayStore, kamu bisa cari di google dengan keyword “download apk (nama aplikasi)”. Download apk-nya dan instal apk-nya.

 

1. Belajar Bahasa Malaysia (Simya Solutions Ltd.)

Aplikasi Belajar Bahasa Melayu

Rating :  ★4,1 dari 728 orang

Aplikasi belajar bahasa Malaysia satu ini merupakan aplikasi yang populer, sudah lebih 100 ribu unduhan sejak peluncurannya pada tahun 2016.

Baca :   5 Aplikasi Muslim Android Terbaik 2020 yang Wajib Ada di Android Milik Kamu

Ukurannya yang ringan hanya 6 MB cocok dipakai di HP low spek. Materi yang diberikan berupa ungkapan ungkapan yang telah terbagi dalam beberapa 10 kategori.

Ada juga sistem levelnya yang terdiri atas 4 level yakni pemula, pelajar tingkat dasar, pelajar tingkat lanjutan, dan ahli. Fitur kuis yang ada didalamnya juga sangat membantu kita dalam mengevaluasi pemahaman berbahasa Malaysia.

Aplikasi ini dapat digunakan secara offline dan gratis. Sementara untuk versi pro, terdapat sekitar 30 kategori dengan lebih dari 1000 macam ungkapan.

 

2. Belajar Bahasa Malaysia (Language Course S.L.)

Rating :  ★4,5 dari 1.826 orang

Keunggulan aplikasi belajar bahasa Malaysia satu ini dibandingkan yang sebelumnya adalah 100% gratis. Walaupun tidak ada versi berbayar, fitur yang ditawarkan sangat lengkap, mulai dari kamus yang berisi 10 ribu kata dan frasa bahasa Malaysia, pembelajaran yang disertai audio dan gambar berkualitas tinggi serta fitur offline.

Menurut data dari pengembang aplikasinya, ada 500 ribu pengguna baru tiap bulannya yang mengakses aplikasi ini. Materi yang ada disusun oleh para pakar bahasa dan guru berpengalaman membuatnya cocok dipejari untuk anak-anak maupun dewasa.

Kamu hanya perlu meluangkan waktu 10 menit per hari agar fasih berbahasa Malaysia dengan aplikasi belajar bahasa Malaysia karya Language Course S.L ini.

 

3. Belajar Bahasa Melayu (MetaLanguage)

Aplikasi Belajar Bahasa Malaysia

Rating :  ★4,5 dari 286 orang

Aplikasi belajar bahasa melayu selanjutnya adalah Belajar Bahasa Melayu.

MetaLanguage merupakan pengembang aplikasi belajar bahasa yang sudah berpengalaman. Ada puluhan aplikasi yang telah dibuatnya, masing-masing aplikasi hanya memuat pembelajaran 1 bahasa sehingga lebih efektif. Contohnya seperti aplikasi belajar bahasa Melayu ini yang memiliki materi super lengkap.

Jika dilhat secara sekilas, kamu pasti akan mengira aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 50 ribu pengguna ini memiliki tampilan yang begitu sederhana.

Namun jika sudah mencoba semua fitur yang ada, akan terlihat begitu eksklusif dengan berbagai gambar dan tulisan yang mudah dipahami oleh pemula maupun oleh pengguna ahli. Adanya fitur latihan membuat aplikasi ini lebih terlihat berkelas.

 

4. BM Senang Jek! (SAN)

Aplikasi Belajar Bahasa Malay

Rating :  ★4,5 dari 854 orang

Konsep yang ditawarkan aplikasi ini berbeda, yakni antara aplikasi learning dan game dibuat menjadi 1 sehingga membuatnya sangat interaktif dan menyenangkan untuk dipelajari oleh anak-anak maupun orang dewasa sekalipun.

Aplikasi ini pun sangat populer, sudah ada 100 ribu lebih yang mengunduhnya.

Topik yang terdapat didalamnya antara lain penyusunan kalimat, mengenal makna suatu kata, peribahasa, dan sinonim antonim.

Baca :   7 Aplikasi Go yang Wajib Kamu Coba! Dijamin Hemat Data dan Memori Kamu

Semua materi disusun layaknya game, ada batasan waktu menjawabnya, ada pula hint nya. Dijamin tidak akan membuatmu merasa bosan, malahan bisa menjadi adiktif dan terus-terusan ingin memainkannya.

Itulah beberapa aplikasi belajar bahasa Malaysia untuk kamu yang ingin lancar berbahasa Malaysia. Jadi misal suatu saat kamu berkunjung atau wisata ke Malaysia, kamu tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan masyarakat sana.

 

5. Belajar bahasa Malaysia dengan cepat dan gratis (GlobalLang)

aplikasi belajar percakapan melayu

Rating :  ★4,4 dari 37 orang

Aplikasi belajar bahasa Melayu terbaik di Android selanjutnya adalah Belajar bahasa Malaysia dengan cepat dan gratis oleh GlobalLang.

Aplikasi ini dikembangkan oleh para profesional bahasa Malaysia sehingga kredibilitas bahasanya dapat dipercaya.

Kamu bisa mempelajari ungkapan-ungkapan di aplikasi ini sehingga sangat cocok buat kamu yang ingin menggunakan bahasa Malaysia sebagai percakapan sehari-hari.

Ada lebih dari 6000+ kata dan frasa umum dan sudah dikategorikan sebanyak 20 kategori.

Kamu bisa menterjemahkan ungkapan-ungkapan bahasa melayu yang ada ke 39 bahasa lainnya.

Dan yang paling penting, aplikasi ini bisa digunakan tanpa koneksi internet dan gratis

 

6. Kamus Terbaik Melayu (Best dictionary creater)

kamus bahaya malaysia

Rating :  ★4,4 dari 2909 orang

Sudah cukup dengan aplikasi berbasis pembelajaran. Kali ini aplikasi buat belajar bahasa malaysia yang kami sarankan adalah kamus.

Karena untuk orang yang tidak hidup di lingkungan yang bukan berbahasa Melayu, kemungkinan kosakata bahasa Melayu nya masih kurang. Sehingga kamus bisa jadi penolong kosakata kamu.

Kamus Terbaik Melayu adalah aplikasi kamus bahasa Melayu yang kami sarankan untuk kamu gunakan. Kenapa kami sarankan aplikasi ini ketimbang lainnya? Ini karena aplikasi ini memiliki banyak rating positif di playstore dan tampilannya tidak terlalu lawas. Fitur-fiturnya juga cukup banyak.

Fitur yang ada di aplikasi Kamus Terbaik Melayu antara lain :

  • Terjemahan bahasa Melayu
  • Full Offline
  • Ada Menu pencarian
  • lebih dari 10.000 kata dalam bahasa melayu
  • Disusun berdasarkan abjad
  • Dapat disalin

Gunakan aplikasi ini untuk menghafalkan kosakata bahasa Melayu tiap harinya. Kamu bisa menentukan target harian dan ditulis di note agar tidak kelupaan. Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai, semakin gampang kamu bercakap dengan bahasa Malaysia/Melayu.

 

Akhir Kata

Terimakasih telah membaca artikel 4 Aplikasi Belajar Bahasa Malaysia di Android Terbaik . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik.